7 Tarian Daerah Tradisional Indonesia Populer dan Terkenal

Mengenal 9 Tarian Daerah Paling Populer di Indonesia
masbidin.net

Sebagai negara yang memiliki kekayaan alam, budaya dan juga tradisi, tentunya membuat Indonesia menjadi negara yang mengagumkan dan mempesona, karena memiliki berbagai macam ragam budaya daerah yang ada namun disamping perbedaan tersebut tetap menjadi satu kesatuan.

Banyaknya berbagai macam ragam budaya yang ada di Indonesia tentunya membuat Indonesia juga memiliki banyak produk budaya, salah satunya adalah seni tari. Seni tari daerah Indonesia sendiri bisa dibilang sangat banyak dan bermacam-macam sesuai daerah dari mana seni tari tersebut berasal.

Tidak hanya banyak dan beragam saja seni tari daerah yang ada di Indonesia ini. Keberagaman ini membuat setiap seni tari daerah yang ada memiliki ciri khasnya masing-masing, makna filosofis gerakan, dan latar belakang dari kenapa tarian daerah tersebut bisa ada.


Tarian Daerah


Sebenarnya sangat banyak tarian daerah yang ada di Indonesia, namun terdapat beberapa tarian daerah yang sangat populer, yang diketahui secara umum bahkan oleh seluruh masyarakat Indonesia atau diketahui secara Internasional. Berikut merupakan diantaranya:

1. Tari Saman, Aceh

√7 Tarian Daerah Tradisional Indonesia Populer dan Terkenal
indonesiakaya.com

Tari saman merupakan tarian daerah yang berasal dari suku gayo dan biasa ditampilkan dengan tujuan untuk merayakan peristiwa besar yang ada dalam adat. Syair dalam tari saman sendiri menggunakan bahasa gayo.

Sebagai tarian daerah yang menjadi salah satu media penyampaian pesan (dakwah), tari saman mencerminkan pendidikan, sopan santun, kekompakan, keagamaan dan juga kebersamaan.

2. Tari TorTor, Sumatera Utara

√7 Tarian Daerah Tradisional Indonesia Populer dan Terkenal
id wikipedia.org

Taro tortor merupakan tarian daerah yang juga sekaligus sebagai tarian seremonial yang disajikan bersama musik gondang. Makna yang terdapat pada tari tortor sebenarnya lebih dari sekadar gerakan, namun juga menunjukkan sebagai salah satu media komunikasi.

Tari tortor dan musik gondang merupakanhal yang tidak bisa dipisahakan. Biasanya sebelum acara dilaksanakan, tuan rumah terlebih dahulu melakukan acara khusus bernama Tu ani Gondang.

3. Tari Piring, Sumatera Barat

√7 Tarian Daerah Tradisional Indonesia Populer dan Terkenal
id wikipedia.org

Tari piring merupakan tarian daerah atau tarian tradisional Minangkabau yang memperlihatkan gerakan tari dengan menggunakan piring. Penari yang melakukan tari piring menggerakkan piring dengan gerakan cepat yang teratur dan tidak ada piring yang terlepas dari tangan.

4. Tari Kecak, Bali

√7 Tarian Daerah Tradisional Indonesia Populer dan Terkenal
pegipegi.com

Tari kecak merupakan tarian dearah berupa pertunjukan drama seni khas dari Bali. Tari kecak sendiri utamanya menceritakan tentang Ramayana dan juga dimainkan oleh laki-laki.

Lagu yang digunakan pada tari kecak diambil dari ritual tarian sanghyang dan tidak menggunakan alat musik, melainkan hanya menggunakan kincringan yang di pasang pada kaki penari.

5. Tari Jaipong, Jawa Barat

√7 Tarian Daerah Tradisional Indonesia Populer dan Terkenal
id.wikipedia.org

Tari jaipong merupakan tarian daerah sekaligus kesenian tradisional khas Jawa Barat dan sangan populer di Indonesia. Tari jaipong ini sebenarnya adalah gabungan dari beberapa seni tradisional seperti ketuk tilu, wayang golek, topeng banje, silat dan yang lainnya.

Tari jaipong mungkin banyak dikenal berasal dari Bandung, namun sebenarnya tari jaipong sendiri aslinya berasal dari Karawang, lalu kemudian di bawa ke Bandung oleh seniman Gugum Gumilar.

6. Tari Topeng, Betawi

√7 Tarian Daerah Tradisional Indonesia Populer dan Terkenal
encyclopedia.jakarta-tourism.go.id

Tari topeng Betawi merupakan tarian daerah masyarakat Betawi di Jakarta. Tari topeng sendiri dapat dikatakan sebagai penggabungan dari seni tari, nyanyian dan juga musik. Selayaknya pertunjukkan teater, tarian ini diiringi oleh music dan juga nyanyian.

Oleh karena itu tari topeng Betawi umumnya lebih terlihat bersifat teatrikal dan juga komkunikatif melalui gerakan. Pada awalnya tari ini dipentaskan secar berkeliling oleh para senimannya.

7. Tari Reog Ponorogo, Ponorogo

√7 Tarian Daerah Tradisional Indonesia Populer dan Terkenal
id.wikipedia.org

Tari reog ponorogo merupakan tarian daerah atau yang dipentaskan di ruang terbuka dan berfungsi sebagai hiburan rakyat. Tarian ini dapat dikatakan mengandung unsur magis dan penari utama yang memainkan tari ini menggunakan topeng berkepala singa dengan ukuran yang besar.

Keyword: Tarian Daerah

Sara Apriana
About Sara Apriana 444 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.