Tarian Daerah Betawi | Perpaduan Budaya Tradisional dari Banyak Daerah

Tarian Daerah Betawi
indonesiainside.id

“Nyak-babe, abang-none tarian daerah Betawi apa nih yang menjadi favorit sekalian”? Kira-kira begitulah ciri khas bahasa Betawi yang akhiran katanya kebanyakan menggunakan huruf vokal ‘e’.

Budaya Betawi merupakan akulturasi dari campuran Melayu, Arab, China, dan beberapa rumpun lainnya. Hal ini karena dahulunya Betawi yang dulu dikenal dengan nama Batavia merupakan pusat lalu lalangnya perdagangan antar negara.

Sehingga jangan kaget jika beberapa jenis pakaian adat hingga tarian khas Betawi ada unsur-unsur budaya Arab atau China nya.


5 Tarian Daerah Dari Betawi yang Banyak Disorot


Nah, untuk mengetahui lebih lanjut berikut ulasan singkat mengenai jenis tarian daerah Betawi beserta unsur budaya yang terdapat di dalamnya:

1. Tari Zapin Betawi

kamerabudaya.com

Zapin merupakan sebuah kesenian tradisional asli dari Melayu. Kesenian ini masuk ke Batavia dibawa oleh bangsa Arab lewat jalur perdagangan sekitar abad ke-16. Kala itu Zapin yang diiringi musik dijadikan sebagai media untuk menyampaikan dakwah Islam kepada masyarakat.

Seiring berjalannya waktu beberapa negara rumpun Melayu lainnya juga mengembangkan kesenian Zapin nya sendiri. Sehingga kesenian ini juga menjadi tradisi di Malaysia, Brunei, dan beberapa negara serumpun lainnya.

Zapin khas Betawi adalah tarian yang gerakan dan musiknya berupa gabungan dari budaya Melayu dan Arab. Beradaptasi dengan budaya lokal, tarian Zapin di Betawi dibawakan dengan iringan musik gambus atau marawis.

2. Tari Yapong

Tarian Daerah Betawi
romadecade.org

Awal disusun oleh Bagong Kusudiardjo tarian ini diperuntukkan untuk meramaikan acara ulang tahun kota Jakarta ke-450, tepatnya pada tahun 1977. Nama Yapong sendiri adalah gabungan dari lirik lagu “ya, ya, ya” serta suara musik yang mengiringinya berbunyi “pong, pong, pong”.

Yapong adalah tarian daerah yang modern, karena mengikuti alur perkembangan zaman dan menggabungkan beberapa budaya yang ada di Betawi. Di dalam gerakan dan musiknya terdapat unsur tari pop dan tarian Sumatera.

Selain itu dalam hal busana menggabungkan budaya Betawi dan Tionghoa. Dimana busana tari terdiri dari kembang topeng dan terdapat corak bermotif naga merah pada pakaiannya. Alat musik pengiring berupa rebana ketimpring, rebana biang, dan hadroh adalah akulturasi dari budaya Betawi, Jawa Tengah, dan Jawa Barat.

3. Tari Topeng Betawi

pinterest.com

Tari topeng menjadi salah satu kesenian yang mendunia dari Betawi. Ditampilkan dalam kombinasi seni tari, musik, dan nyanyian.

Tarian ini pertama kali diciptakan oleh Mak Kinang dan Kong Djioen pada tahun 1930. Mereka terinspirasi dari Tarian Topeng Kecil dari Cirebon, sehingga terdapat banyak kemiripan dalam gerakan dan filosofi gerakan tarinya.

Tarian ini dapat juga digolongkan ke dalam pertunjukkan teater, gabungan seni tari dan drama. Terdapat jalan cerita yang diperankan oleh beberapa lakon diiringi oleh instrumen gamelan, kempul, rebab, gong, dan beberapa alat musik lainnya.

4. Tari Lenggang Nyai

Tarian Daerah Betawi
antarafoto.com

Sebuah ekspresi kisah cinta dalam bentuk tarian ini diciptakan oleh seniman Wiwiek Widiastuti. Terinspirasi dari kisah Nyai Dasimah, gadis Betawi yang harus memilih diantara dua cinta, laki-laki Belanda atau laki-laki Indonesia.

Keputusannya memilih pinangan lelaki Belanda membawanya kepada kehidupan yang penuh aturan. Merasa haknya sebagai perempuan dibelenggu akhirnya Nyai Dasimah pun memberontak.

Tarian ini merupakan salah satu dari kisah perjuangan emansipasi wanita. Dimana Nyai Dasimah ingin menunjukkan bahwa wanita juga memiliki kebebasan untuk bermimpi dan menggapai hal yang diinginkannya.

5. Tari Cokek

budayajawa.id

Tarian tradisional kelima ini hampir mirip dengan tarian budaya China. Diiringi oleh instrumen gamban kromong tarik cokek biasa ditampilkan dalam acara-acara besar dan beberapa festival. Yang menjadi ciri khas dari tarian ini adalah para pemain mengenakan kostum khusus yang yaitu kebaya cokek.

Sebagai fungsinya tarian yang dibawakan oleh wanita ini juga sering digunakan untuk menyambut tamu. Saat menyaksikannya jangan terkejut jika tiba-tiba kamu didekati oleh salah satu penari dan dipakaikan selendang. Itu artinya kamu harus ikut menari bersama dan tidak diperbolehkan menolak.


Itulah lima tarian daerah Betawi yang paling populer di kalangan masyarakat. Tarian favoritmu yang nomor berapa?

Nisalutfi
About Nisalutfi 113 Articles
"home is where the heart is"

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.