Tarian Adat Sumatera Barat | Kesenian Daerah yang Perlu Dipertahankan

Tarian Adat Sumatera Barat
perpustakaan.id

Tarian adat Sumatera Barat – Indonesia terkenal akan kebudayaannya yang beraneka ragam. Mulai dari bahasa, makanan, serta tarian-tariannya adat yang khas. Salah satu daerah yang memiliki tarian adat yang beragam adalah Sumatera Barat.

Selain terkenal dengan makanan khasnya rendang, Sumatera Barat juga terkenal akan tari-tarian tradisionalnya. Siapa yang tak kenal tari piring? Salah satu tarian legendaris yang kerap kali diajarkan dari tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai dengan Sekolah Menengah Atas (SMA) di mata pelajaran Muatan Lokal (Mulok).


4 Jenis Tarian Adat Sumatera Barat Paling Populer


Tahukah kalian guys, sebenarnya tari-tarian tradisional dari Sumatera Barat nggak cuma tari piring saja loh, ada beberapa tari-tarian tradisional lain yang perlu kamu ketahui.

Barangkali bisa menjadi referensi untukmu jika mendapatkan tugas menari di sekolah. Yuk, disimak beberapa jenis tarian adat Sumatera Barat berikut ini :

1. Tari Piring

Tarian Adat Sumatera Barat
beritagar.id

Siapa yang tak kenal dengan tari piring? Tarian paling legendaris ini seringkali ditampilkan dalam berbagai acara baik formal maupun informal.

Tari piring sejatinya berasal dari Minangkabau tepatnya dari Kota Solok, Sumatera Barat. Tarian ini merupakan perwujudan rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa atas berbagai nikmat yang diberikan, biasanya dilakukan saat musim panen raya tiba.

Seperti nama tariannya, piring kecil merupakan properti utama yang digunakan dalam tarian ini. Piring ditaruh di telapak tangan kemudian diputar-putar dengan cepat dan dinamis. Selain itu, gerakan-gerakan pada tarian ini juga menggunakan gerakan dasar dari bela diri lokal yaitu silat atau lebih dikenal dengan sebutan silek.

2. Tari Lilin

negerikuindonesia.com

Tahukah teman-teman bahwa asal-usul diciptakannya tari lilin terinspirasi dari kisah seorang wanita yang sedih karena ditinggal oleh kekasihnya?

Wanita tersebut kehilangan cincin tunangannya dan mencarinya dengan menggunakan lilin yang diletakkan di atas piring kecil. Gerakan gemulai pada tarian ini juga terinspirasi dari gerakan wanita tersebut ketika mencari cincin tunangannya.

3. Tari Adat Pasambahan Minang

padek.co

Sesuai dengan nama tariannya, tari pasembahan minang yang berasal dari daerah Minangkabau ini memang khusus ditampilkan untuk menyambut para tamu undangan pada acara-acara formal maupun acara semi-formal.

Tarian ini bertujuan untuk menyambut tamu kehormatan seperti pejabat serta tokoh-tokoh yang dihormati di masyarakat setempat. Selain ditampilkan pada acara-acara formal, tarian pasembahan ini juga sering digunakan dalam acara pesta pernikahan guna untuk menyambut pengantin pria yang datang ke rumah pengantin wanita.

Adapun gerakan dasar dari tarian pasembahan ini terdiri dari sesi utama yaitu gerakan pembuka yang ditandai dengan masuknya penari pria dengan gerakan yang terinspirasi dari gerakan pencak silat khas Sumatera Barat.

Selanjutnya, penari wanita akan bergabung dengan penari pria namun dengan gerakan yang lebih lembut dan anggun.

Kemudian sesi berikutnya adalah tari pasembahan yang ditandai dengan para penari wanita membawa perlengkapan persembahan yang digunakan untuk menyambut tamu sambil diiringi dengan gerakan tarian yang lemah gemulai.

Setelah itu adalah sesi penutup dimana penari pria dan wanita menari secara bersama-sama hingga tarian selesai.

4. Tari Payung

Tarian Adat Sumatera Barat
antarafoto.com

Coba tebak, tari payung ini terinspirasi dari kegiatan apa? Yup, tarian ini memang terinspirasi dari para muda-mudi yang sedang bertamasya. Layaknya orang yang sedang bertamasya, tarian ini menggunakan payung sebagai properti utamanya. Ternyata, tari payung memiliki makna yang bagus dibaliknya.

Payung yang digunakan sebagai properti utama melambangkan perlindungan yang diberikan kepada muda-mudi dari berbagai mara bahaya yang dapat merugikan muda-mudi tersebut. Tari payung sendiri biasanya dibawakan pada acara-acara pesta, even kebudayaan, dan perlombaan.


Nah, itulah beberapa tarian tradisional yang berasal dari Provinsi Sumatera Barat, semoga bisa menjadi tambahan informasi dan bermanfaat untuk kita semua ya.

Nisalutfi
About Nisalutfi 176 Articles
"home is where the heart is"

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.