Tarian Adat Kalimantan Barat – Akulturasi Budaya Suku Dayak dan Melayu

Tarian Adat Kalimantan Barat
kamerabudaya.com

Tarian Adat Kalimantan Barat – Kalimantan Barat merupakan (Kalbar) salah satu provinsi negara Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, Malaysia. Suku mayoritas Kalimantan Barat adalah suku Dayak dan dan suku Melayu.

Dua mayoritas suku utama inilah yang mempengaruhi nilai-nilai budaya yang ada di Kalimantan Barat termasuk tari-tarian tradisional yang berkembang di masyarakat Kalimantan Barat.


5 Jenis Tarian Adat yang Berasal Kalimantan Barat


Nah, berikut ini merupakan ulasan singkat mengenai beberapa tarian tradisional yang berasal dari Kalimantan Barat.

1. Tari Pinggan Mualang

Tarian Adat Kalimantan Barat
kamerabudaya.com

Tari Pinggan Mualang merupakan tarian yang tradisional yang banyak ditampilkan pada acara-acara adat seperti acara kelulusan beladiri tradisional Suku Dayak. Namun, saat ini tarian pinggan banyak ditampilkan sebagai hiburan masyarakat.

Properti utama yang digunakan pada tari pinggan adalah piring kecil yang terbuat dari tanah liat atau batu yang mana dalam bahasa Dayak piring kecil ini disebut dengan pinggan.

Pada zaman dahulu, tari pinggan khusus ditampilkan pada acara kelulusan beladiri tradisional suku dayak. Oleh sebab itu, gerakan-gerakan dasar tari pinggan terinspirasi dari gerakan silat tradisional suku Dayak.

2. Tari Monong

backpackerjakarta.com

Tari Monong merupakan salah satu tarian sakral yang digunakan oleh suku Dayak untuk proses penyembuhan orang sakit. Adapun tujuan dari tarian ini adalah untuk menghilangkan pengaruh roh jahat yang dapat menyebabkan seseorang terkena sial, sakit hingga meninggal.

Pada zaman dahulu tarian ini digunakan untuk mengobati orang yang sakit. Tarian ini dipimpin oleh seorang dukun dan diikuti oleh beberapa anggota keluarga yang sedang sakit.

Seiring dengan perkembangan zaman, saat ini tarian monong tidak hanya digunakan sebagai tarian sakral proses penyembuhan, akan tetapi juga digunakan sebagai hiburan bagi masyarakat sekaligus untuk melestarikan budaya lokal masyarakat suku Dayak, Kalimantan Barat.

Properti utama yang digunakan dalam tari monong adalah baju khas suku dayak dan beberapa alat yang digunakan untuk ritual penyembuhan. Adapun gerakan-gerakan utama tarian ini terinspirasi dari gerak-gerik sang dukun saat melakukan prosesi penyembuhan seperti proses pembacaan mantra-mantra untuk mengusir roh jahat.

3. Tari Kinyah Uut Danum

Tarian Adat Kalimantan Barat
kamerabudaya.com

Tari Kinyah Uut Danum merupakan salah satu jenis tarian perang. Tarian ini terinspirasi dari upaya pertahanan diri suku Dayak dari pendatang yang memasuki pulau Kalimantan.

Kuatnya arus pendatang luar Kalimantan ke pulau ini memaksa suku pribumi menarik diri masuk ke dalam hutan-hutan dan terpecah menjadi beberapa suku kecil sehingga menyebabkan terjadinya peperangan antar suku.

Tarian Kinyah Uut Danum hanya dapat dilakukan oleh orang yang benar-benar ahli. Hal ini karena properti yang digunakan pada tarian ini cukup sulit yaitu Mandau (Ahpang) asli yang sangat tajam.

4. Tari Japin

merahputih.com

Suku utama di Kalimantan Barat tidak hanya suku Dayak, ada beberapa suku besar lainnya termasuk suku Melayu. Layaknya budaya Melayu yang islami, tari japin selain digunakan untuk menghibur, tarian ini juga sarat akan nilai-nilai islami dalam setiap gerakannya.

Tarian ini terdiri atas penari wanita dan penari pria. Penari wanita menggunakan selendang dan pakaian yang tertutup, dan penari pria menggunakan kopiah atau peci sebagai penutup kepala.

5. Tari Adat Bopureh

Tarian Adat Kalimantan Barat
infobudaya.net

Siapa sangka, ternyata dibalik tarian adat bopureh ini terdapat sebuah kisah percintaan yang terhalang karena perbedaan suku. Ya, tarian ini menceritakan kisah seorang wanita dari suku Dayak Kanayan jatuh hati kepada seorang pemuda dari suku Dayak Djongkang.

Namun, karena perbedaan suku tersebut, kedua muda-mudi ini tidak bisa berbuat apa-apa untuk memperjuangkan cinta mereka. Hal ini disebabkan oleh adanya aturan adat yang melarang suku Dayak tertentu untuk menikah dengan seseorang yang bukan dari suku atau kelompoknya.

Dalam pertunjukannya, tarian ini dibawakan oleh 10 orang penari dimana dua orang penari akan menjadi tokoh utama yang berperan sebagai sepasang kekasih.


Nah, itulah beberapa tarian dari Propinsi Kalimantan Barat, semoga informasi ini bermanfaat ya!

Nisalutfi
About Nisalutfi 113 Articles
"home is where the heart is"

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.