Tari Yapong – Seni Kontemporer dari Jakarta Sejak Tahun 1977

tintapendidikanindonesia.com

Tari Yapong – Teman kumpulan ilmu, sebagai warga negara kita harus bersyukur karena Indonesia kaya akan budaya yang sangat beraneka ragam. Indonesia terdiri dari suku, bangsa dan agama yang majemuk atau beraneka ragam. Keanekaragaman ini berpengaruh akan banyaknya variasi budaya.

Salah satu versi budaya di Indonesia yang kali ini akan kumpulan ilmu bahas adalah Tari Yapong. Kalian yang berasal dari Jakarta pasti sudah tidak asing lagi dengan tari ini.

Ya, Tari Yapong adalah tarian hiburan masyarakat Betawi di Jakarta. Tarian ini sering dipentaskan di berbagai acara atau pesta rakyat di kota Jakarta. Karena namanya yang hampir mirip, tidak sedikit orang yang mengaitkan Tari Yapong ini dengan Tari Jaipong. Kira-kira ada hubungan apa antara dua tarian ini?

Nama tarian ini juga lahir dari lagunya “ya, ya.., ya..” yang dinyanyikan oleh artis pengiring dan suara musik yang berkesan pong-,pong-, pong.

Tidak seperti Tari Gambuh dari Bali yang merupakan warisan kebudayaan yang sudah turun-temurun ada selama ratusan tahun, Tari Yapong ini baru diciptakan pada tahun 1977.

Tarian yang berasal dari Jakarta ini sengaja diciptakan untuk sebuah pertunjukan. Tari Yapong diciptakan di era modern namun tetap menunjukkan adat budaya masyarakat Betawi. Tarian ini merupakan wujud akulturasi budaya antara budaya modern dengan adat budaya masyarakat Betawi.


Asal Usul Tari Yapong


travel.tempo.co

Awalnya Tari Yapong adalah bagian dari sendratari. Sendratari adalah pertunjukkan kesenian yang menggabungkan antara tarian dan drama yang tidak memiliki dialog dalam satu kesatuan pementasan.

Ide pertunjukkan kesenian ini berasal dari Dinas Kebudayaan DKI dan realisasinya dipercayakan kepada seorang seniman ternama pada saat itu, Bagong Kussudiarjo. Hal ini dalam rangka mempersiapkan acara ulang tahun Jakarta ke-450 pada tahun 1977.

Dalam pertunjukkan Sendratari saat itu, Bagong Kussudiarjo mengangkat cerita tentang perjuangan Pangeran Jayakarta. Bahan tarian diperoleh setelah melakukan penelitian dan observasi terhadap kebudayaan masyarakat Betawi.

Kemudian pada bagian saat penari perempuan bersuka cita menyambut kedatangan Pangeran Jayakarta, banyak penonton yang memberikan respon positif. Karenanya, bagian gerakan yang mendapat respon positif tersebut dilepas sendratari dan dipentaskan dalam bentuk pertunjukkan tarian yang berdiri sendiri.

Untuk itu, Bagong Kussudiarjo sebagai sutradara pementasan kembali diamanatkan untuk menjadikan gerakan bagian tersebut layak dipentaskan secara mandiri. Berawal dari tarian kontemporer yang tidak terikat oleh pakem-pakem gerak sebagaimana pada tarian tradisional.


Teknik Gerakan Tarian


Gerakan yang mengandung unsur kontemporer, penari menari dengan ekspresi wajah gembira untuk menunjukkan rasa suka cita sebagai ungkapan kegembiraan rakyat yang menyambut kedatangan Pangeran Jayakarta, sosok pahlawan yang melekat di hati masyarakat Betawi pada masa penjajahan.

Gerakan tarian dinamis dan sering mengalami perkembangan dan banyak variasi dalam setiap pertunjukannya. Setiap pertunjukkan memiliki perbedaan dalam bentuk tarian, meski cerita yang diangkat tetaplah sama.

Tarian ini juga merupakan hasil retas ide dari Tarian Tradisional Betawi dan Tarian Tradisional Sumatera. Ada beberapa unsur jenis tarian tradisional seperti tarian rakyat Betawi dan Sumatera dalam Tarian Yapong ini. Terlihat dari gerakan tarian yang sederhana namun memiliki dinamika yang cukup tinggi.

Pada sendratari musik gamelan menjadi latar suara dalam pertunjukkan, yaitu perpaduan antara Gamelan Betawi, Gamelan Jawa Tengah, serta Gamelan Jawa Barat. Setelah dilepaskan dari sendratari, alat musik yang digunakan adalah ragam alat musik Betawi sebagai upaya untuk mempopulerkan alat musik tradisional Betawi.

Alat musik yang bisa digunakan dalam pementasan tarian ini adalah alat musik tabuh seperti rebana biang, rebana hadroh, dan rebana ketimpring.

Tarian Yapong masih bisa kita temukan di berbagai acara adat Betawi atau acara pesta rakyat Jakarta. Agar terlihat lebih menarik tarian ini masih terus berkembang dengan berbagai kreasi dalam setiap pertunjukkan.


Itu dia penjelasan tentang Tari Yapong. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kesenian tradisional di Indonesia. 😊

Nisalutfi
About Nisalutfi 144 Articles
"home is where the heart is"

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.