Tari Sekapur Sirih | “Sebuah Persembahan Khusus Bagi Tamu Agung”

Tari Sekapur Sirih
pinterest.com

Mendengar nama Tari Sekapur Sirih, hampir semua orang pasti tahu kalau tarian ini biasa dipertunjukkan pada acara penyambutan. Tapi, ternyata masih banyak yang belum tahu darimana tarian ini berasal. Apakah teman-teman kumpulanilmu sudah tahu?

Tari Sekapur Sirih berasal dari provinsi Jambi. Selain itu, tari ini juga terkenal sebagai tari penyambut tamu dalam lingkup budaya masyarakat Melayu yang ada di Provinsi Riau, Sumatera Selatan, hingga Malaysia.

Tari Sekapur Sirih biasanya dilakukan untuk penyambutan tamu kehormatan yang datang berkunjung. Tari ini diartikan sebagai sikap keterbukaan masyarakat Jambi dalam menyambut orang-orang yang datang kesana. Selain itu, lewat tarian ini terekspresikan perasaan bahagia dan rasa syukur dalam setiap penyambutan yang ada.

Menurut sejarah, Tari Sekapur Sirih diciptakan oleh seorang seniman Jambi bernama Firdaus Chatab pada tahun 1962. Tarian ini kemudian dikembangkan oleh beberapa seniman lainnya dengan tambahan iringan musik dan lagu. Salah satu seniman yang ikut mengembangkan Tarian Sekapur Sirih adalah seniman OK Hendri pada tahun 1967.


Pertunjukkan Tari Sekapur Sirih


Ada banyak gerakan dalam tarian ini. Namun, ditemukan 5 bagian atau ragam gerakan yang dipentaskan penari dari awal hingga akhir pementasan. Berikut ini gerakannya:

Pertama yakni gerakan melenggang sebagai gerakan pembuka awal tarian.

Kedua, disebut gerak sembah tinggi. Gerakan ini dilakukan penari dengan duduk bersimpuh di lantai sebagai ungkapan rasa merendahkan hati.

Ketiga, gerak merentang kepak. Gerakan ini dilakukan setelah gerakan sembah tinggi. Para penari terlihat piawai dan penuh kelembutan saat memainkan jari lentik dan tangannya.

Keempat, gerak bersolek. Gerakan seorang wanita bersolek dan berhias diri seperti memakai pupur, bercermin, memakai gincu menggambarkan bagaimana persiapan masyarakat Jambi dalam menyambut kedatangan tamunya.

Kelima, berputar. Pada gerakan ini penari mulai berdiri dan melakukan gerakan berirama secara serentak dan terlihat kompak antara satu pemain dengan yang lain.

Makna Kelima Gerakan

antarafoto.com

Dari gerakan yang lembut dan halus diiringi musik serta syair, Tari Sekapur Sirih mengandung makna keagungan. Gerakan tariannya mengungkapkan penyambutan dengan hati yang putih tulus serta muka yang jernih menunjukkan keramahtamahan bagi tetamu yang dihormati.

Selain gerakan tari, ada hal lain yang menarik dari tarian ini loh teman-teman!

Sesuai dengan nama tariannya, dalam pertunjukkannya para penari akan menyuguhkan cerano atau wadah yang berisi sekapur sirih kepada tamu dan meminta mereka untuk mencicipinya. Cerano atau wadah berisi sekapur sirih merupakan tanda penerimaan dari masyarakat kepada tamu yang datang.

Tari Sekapur Sirih biasanya ditampilkan secara berkelompok oleh 9 orang penari wanita dan 3 orang penari pria. Khusus untuk penari pria, mereka dibagi dengan 2 tugas, yaitu 1 orang bertugas membawa payung dan 2 orang lainnya bertugas sebagai pengawal penari.

Trian ini diiringi dengan tabuhan alat musik tradisional khas Melayu Jambi, yang didominasi oleh gambus dan rebana. Alat musik lain seperti gendang, akordion, biola, serta gong juga kerap mengiringi tarian sini sebagai pelengkap.

Kostum Penari

hot.detik.com

Penari sekapur sirih memakai properti kostum baju kurung dan kain songket khas Jambi. Dibagian kepala penari memakai sanggul lipat pandan, sunting beringin, dan kembang goyang. Sedangkan aksesorisnya berupa teratai, pending, gelang, dan selendang.

Saat ini, Tari Sekapur Sirih kembali popular karena dinilai sarat dengan nilai-nilai kehidupan masyarakat Melayu. Setiap gerakan dalam pementasan tarian ini juga dianggap dapat menggambarkan kekhasan budaya masyarakat Melayu, khususnya Melayu Jambi yang terbuka pada setiap pendatang.


Nah! Itu dia info singkat tentang Tarian Sekapur Sirih. Apa kalian tertarik untuk mempelajari tari ini?

Nisalutfi
About Nisalutfi 144 Articles
"home is where the heart is"

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.