Tari Bali | Kesenian dan Budaya yang Paling Tersohor dari Nusantara

Tari Bali
tribunnews.com

Tari Bali – Hidup sebagai masyarakat yang majemuk dan terbagi menjadi beberapa provinsi yang setiap daerah memiliki ciri khas nya masing-masing menciptakan Indonesia menjadi negara yang memiliki banyak sekali macam budaya.

Baik dari segi karya seninya maupun kebiasaan masyarakatnya. Salah satu budaya atau seni yang menjadi ciri khas setiap daerah atau suku adalah seni tari.

Nah! Kali ini kita akan membahas tentang Tari Bali. Apa itu Tari Bali? Seperti apa gerakannya? Apa makna dibalik di setiap gerakannya? Yuk kita simak sama-sama!


Macam-Macam Tari Bali


Seperti yang kita tahu, Bali yang dikenal dengan sebutan Pulau Dewata ini sungguh luar biasa pesona keindahannya, juga kekayaan budayanya yang masih sangat kental dan melekat pada penduduknya. Salah satu kekayaan budaya Bali adalah seni tarinya.

Seni Tari sendiri merupakan ungkapan jiwa manusia yang diekspresikan lewat gerakan ritmis yang indah atau dalam bahasa asingnya estetis. Maka dari itu setiap tarian memiliki pesan tersendiri pada gerakannya.

Tahukah kamu ternyata Tari Bali ada 3 jenis loh. Wali (tarian suci), bebali (tarian semi-sakral), dan balih-balihan (hiburan). Selain itu, setiap jenis tari dipentaskan di tempat yang berbeda.

Jika tari wali dipentaskan di halaman bagian dalam Pura, tari bebali di halaman tengah (jaba tengah), sebaliknya tari balih-balihan dipentaskan di halaman luar pura (jaba sisi) dalam acara yang bersifat hiburan.

Tari Wali (Tarian Suci)

dream.co.id

Salah satu jenis tari termasuk ke dalam Tari Wali adalah Tari Barong.

Tari Barong merupakan salah satu tarian asal Bali yang sangat terkenal. Ciri Khas tarian ini adalah penggunaan topengnya yang cukup besar sebagai perwujudan dari makhluk-makhluk yang dipercaya masyarakat Bali dan kostum yang dikenakannya.

Meski sudah ditampilkan di publik sebagai salah satu pertunjukkan hiburan, ternyata Tari Barong ini dianggap sebagai tari kesenian yang sakral. Sehingga terdapat kesan mistis juga di dalamnya.

Beberapa masyarakat Bali menyebutkan Tari Barong awalnya merupakan perwujudan penguasa alam gaib yang ada di Bali. Pada saat itu masyarakat Bali melakukan tarian Barong ini untuk mengusir gangguan makhluk gaib.

Tari Bebali (Tari Semi-Sakral)

Tari Bali
m.medcom.id

Salah satu jenis tari bebali adalah Tari Gambuh (Klungkung).

Setelah membaca beberapa sumber informasi, dijelaskan bahwa Tari Gambuh ini merupakan tarian tertua yang berasal dari Bali. Sampai saat ini tidak ada yang tahu kapan pertama kali kesenian ini dimulai. Tari ini dianggap sebagai ibu dari segala jenis tari klasik yang berasal dari Bali.

Tarian gambuh biasanya dipentaskan pada pura yang sedang melaksanakan pujawali agung. Bukan pada piodalan biasanya sebagai pelengkap yang menandakan pujawali itu berlangsung.

Tarian Balih-Balihan (Tari Hiburan)

bali.idntimes.com

Tentu kalian semua tahu kan, kalau pertunjukan Tari Kecak sudah menjadi salah satu objek wisata para wisatawan terutama wisatawan asing yang berkunjung ke Bali. Tarian yang terkenal dengan kata “cak cak cak” dan ditarikan oleh belasan laki-laki ini merupakan jenis Tari Balih-Balihan yang sering dipertunjukkan sebagai hiburan.

Tari Kecak adalah sebuah tari yang berdasarkan cerita Kitab Ramayana yang mengisahkan bala tentara monyet Hanoman dan Sugriwa. Tari ini ditampilkan secara beramai-ramai pada malam hari mengelilingi api unggun oleh seratus atau lebih pria sembari duduk, dipimpin oleh pendeta di tengah-tengah.

Tarian ini tidak memakai iringan musik, melainkan hanya tepukan telapak tangan pada bagian tubuh agar menghasilkan suara. Penari mengucapkan kata “cak cak cak” untuk menghasilkan satu paduan suara yang unik.


Nah! Itu dia beberapa Tari Bali yang terkenal dan menjadi daya tarik di pulau yang sering dikenal dengan sebutan Pulau Dewata ini. So, apa kamu tertarik untuk melihat pertunjukan tari di Bali?

Yuk, siap-siap nabung untuk perjalanan liburan ke Bali!

Nisalutfi
About Nisalutfi 144 Articles
"home is where the heart is"

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.