Pengertian Tari Menurut Para Ahli dan Jenis Tari Berdasarkan Genrenya

Pengertian Tari
elizato.com

Pengertian Tari – Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan kebudayaan dan kesenian. Mulai dari Sabang hingga Merauke memiliki beragam budaya adat istiadat, ras/suku, dan kepercayaan yang berbeda. Meski berbebda namun kita tetap satu jua, seperti semboyan “Bhineka Tunggal Ika”.

Soedarsono, ahli seni tari mendefinisikan tari sebagai perwujudan ekspresi jiwa manusia yang disajikan dalam bentuk ritme gerak yang memiliki pesona menawan.

Secara harfiah pengertian tari adalah sebuah proses dalam membentuk gerak tubuh lewat iringan irama dari alunan musik tertentu. Kegiatan menggerakkan badan mengikuti irama musik inilah yang menghasilkan sebuah seni, yang kita sebut sebagai seni tari.


Pengertian Tari Menurut Beberapa Ahli


wajibbaca.com

Beberapa ahli berikut ini menjelaskan pengertian tari dalam bahasa dan pemikirannya masing-masing:

Susan K. Lenger

Seni tari merupakan suatu gerak-gerak tubuh yang dibentuk secara ekspresif yang diciptakan manusia untuk bisa dinikmati

John Weaver

Weaver adalah seorang berkebangsaan Inggris dan dikenal sebagai master dalam tari balet, koreografer, dan bapak pantomim dalam sejarah Inggris. Menurut beliau, seni tari adalah gerak-gerak teratur yang elegan, dibentuk secara harmonis dari sikap yang elok, dan melawan postur tubuh yang anggun.

Judith Mackrell

Seorang kritikus tari, Judith Mackrell menulis banyak artikel berkaitan dengan seni gerak tubuh ini. Dalam artikel media online Britannica.com dengan judul Dance(2017) ia menyampaikan:

“Seni tari adalah gerak-gerak tubuh yang ritmis, seiring dengan musik dan dilakukan dalam sebuah ruang, dengan tujuan mengekspresikan ide atau emosi, melepaskan energi, atau hanya untuk kesenangan semata”.

Drs. Wisnoe Wardhana

Beliau berpendapat seni tari merupakan ekspresi estetis dalam gerak dengan media tubuh manusia.

Drs. I Gede Ardika

Menteri Kebudayaan dan Pariwisata pada masa Kabinet Gotong Royong (2000-2011) ini mengartikan seni tari sebagai sesuatu yang dapat menyatukan banyak hal sehingga semua orang bisa menyesuaikan diri atau menyelaraskan geraknya menurut caranya masing-masing.


Macam-Macam Tari Berdasarkan Genrenya


informazone.com

Pernahkah kamu menyaksikan tarian adat di daerahmu masing-masing? Meski berasal dari daerah, namun bukan berarti tarian tersebut ketinggalan zaman lho. Tarian tradisional juga ada yang tergolong ke dalam tari kreasi baru.
Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan mengenai jenis-jenis tari berdasarkan genrenya:

Tari Tradisional

Kata tradisional berasal dari kata tradisi yang menurut KBBI adalah adat kebiasaan turun temurun (dari nenek moyang) yang masih dijalankan oleh masyarakat, penilaian oleh masyarakat, penilaian atau anggapan bahwa cara-cara yang telah ada merupakan yang paling baik dan benar.

Tradisional dalam M. Abed Al-Jabiri (2000) adalah segala sesuatu yang diwarisi manusia dari orang tuanya, baik itu yang jabatan, harta pusaka maupun keningratan.

Sebagai warisan dari zaman ke zaman, berbeda dengan tarian lainnya tari tradisional memiliki nilai, filosofi, simbol dan unsur religius. Hal ini tercermin dalam gerakan yang tidak mengalami perubahan. Selain itu kostum yang dikenakan pun juga memiliki filosofi tertentu.

Tari Tradisional Klasik

Tari klasik adalah tari tradisional yang lahir di lingkungan keraton, tumbuh dan berkembang sejak zaman feodalisme, dan diwariskan secara turun temurun pada kalangan bangsawan. Tarian ini berpedoman pada aturan tertentu dan memiliki nilai estetis yang tinggi dan makna yang dalam.

Tumbuh dan berkembang di lingkungan keraton, tarian ini disajikan dalam penampilan yang serba mewah mulai dari gerak, riasan, hingga kostum yang dipakai.

Tari Tradisional Kerakyatan

Bedanya dengan tari tradisional klasik, tarian ini dikembangkan di lingkungan masyarakat golongan bawah, atau oleh rakyat biasa. Gerakannya tidak terlalu kaku dan memiliki ritme lebih menari dibandingkan dengan tari tradisional klasik.

Tari Kreasi Baru

Sesuai dengan namanya, tari kreasi baru merupakan tari klasik yang diaransemen dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan zaman, tapi tetap mempertahankan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Tari Kontemporer

Sebuah tarian yang memiliki pesan unik di dalam nya, biasanya lewat gerakan-gerakan simbolik tertentu. Lebih uniknya lagi tari kreasi baru memiliki irama musik yang beragam. Mulai dari orkestra, musik sederhana, hingga musik dari teknologi digital.

Dapat dikatakan salah satu contoh tari kontemporer adalah tarian modern masa kini. So, kamu sendiri sudah pernah menyaksikan tarian yang mana nih?

Nisalutfi
About Nisalutfi 112 Articles
"home is where the heart is"

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.