Pengertian Seni Tari | Berikut Pendapat dari Para Ahli dan Penjelasannya

Pengertian Seni Tari
blogkulo.com

Pengertian Seni Tari – Indonesia terkenal dengan negara yang kaya akan keberagaman budaya dan hayati. Terdiri dari jejeran pulau-pulau, Indonesia menjadi negara yang memiliki beragam budaya adat istiadat, ras/suku, dan kepercayaan.

Keberagaman budaya ini menciptakan karya seni yang sangat beragam pula, salah satunya adalah karya seni tari yang dimiliki setiap daerah di Indonesia. Misalnya daerah Bali dengan Tari Kecak-nya, Jambi dengan Tari Sekapur Sirih-nya, dan Gorontalo dengan Tari Polopalo.

Berbicara tentang seni tari, dalam Ensiklopedia Indonesia kata seni diartikan sebagai sebuah ciptaan atau hasil karya dari tangan seseorang yang memiliki nilai keindahan. Sehingga akan menimbulkan perasaan emosional yang positif bagi para penikmatnya.


Pengertian Seni Tari dan Penjelasannya


silontong.com

Seni menurut Willian A. Haviland adalah keseluruhan sistem yang melibatkan proses penggunaan suatu imajinasi manusia secara kreatif di dalam sebuah kelompok masyarakat dengan kebudayaan tertentu.

Selain itu, menurut Drs. Sudarmaji yang seorang pelukis sekaligus kritikus seni rupa, seni adalah segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan media bidang, garis, warna, tekstur, volume dan gelap terang.

Tari sendiri adalah gerak tubuh yang secara berirama senada dengan alunan musik. Menurut Soedarsono, tari adalah perwujudan ekspresi jiwa manusia yang disajikan dalam bentuk pergerakan badan yang ritmis dan menawan.

Maksud dari gerakan ritmis yang indah yaitu gerakan tubuh yang sesuai oleh irama pengiringnya sehingga menimbulkan daya pesona bagi yang melihatnya.

Aristoteles berpendapat tari adalah sebuah gerakan ritmis yang bertujuan untuk memberikan visualisasi karakter dan kehidupan yang dijalani oleh manusia sebagaimana mereka bertingkah laku.

Berdasarkan penjabaran pengertian seni dan tari di atas, kita dapat menyimpulkan seni tari sebagai hasil karya suatu masyarakat dengan budaya tertentu berupa gerakan tubuh yang ritmis dan menawan.


Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli


ayobandung.com

Secara umum, seni tari merupakan gerak tubuh secara berirama yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu untuk keperluan pergaulan, mengungkapkan perasaan, maksud dan pikiran. Berikut ini pengertian seni tari menurut para ahli:

1. Susan K. Lenger

Seni tari merupakan suatu gerak-gerak tubuh yang dibentuk secara ekspresif yang diciptakan manusia untuk bisa dinikmati

2. John Weaver

Weaver adalah seorang berkebangsaan Inggris dan dikenal sebagai master dalam tari balet, koreografer, dan bapak pantomim dalam sejarah Inggris. Menurut beliau, seni tari adalah gerak-gerak teratur yang elegan, dibentuk secara harmonis dari sikap yang elok, dan melawan postur tubuh yang anggun.

3. Judith Mackrell

Seorang kritikus tari, Judith Mackrell, menulis banyak artikel berkaitan dengan seni gerak tubuh ini. Dalam artikel media online britannica.com dengan judul Dance (2017), seni tari adalah gerak-gerak tubuh yang ritmis. Seiring dengan musik dan dilakukan dalam sebuah ruang, dengan tujuan mengekspresikan ide atau emosi, melepaskan energi, atau hanya untuk kesenangan semata.

4. Drs. Wisnoe Wardhana

Beliau berpendapat seni tari merupakan ekspresi estetis dalam gerak dengan media tubuh manusia.

5. Drs. I Gede Ardika

Menteri Kebudayaan dan Pariwisata pada masa Kabinet Gotong Royong (2000-2011) ini mengartikan seni tari sebagai sesuatu yang dapat menyatukan banyak hal. Sehingga semua orang bisa menyesuaikan diri atau menyelaraskan geraknya menurut caranya masing-masing.

Berdasarkan pendapat para ahli di atas kita dapat menyimpulkan seni tari sebagai sebuah kesenian yang digunakan atau dilakukan sebagai wujud ungkapan pikiran dan perasaan seseorang. Itu artinya, tari selain sebagai hiburan juga bermanfaat sebagai sarana komunikasi.

Gerakan pada tarian memiiiki nilai komunikatif baik antara sesama penari dan juga bagi para penontonnya. Gerakan demi gerakan mengandung pesan untuk disampaikan kepada orang lain atau kepada para penikmat tarian tersebut sehingga terjalin komunikasi.


Demikianlah ulasan pengertian seni tari yang kumpulan ilmu bahas kali ini. Terimakasih untuk kamu yang sudah berkunjung dan membaca tulisan ini. Sampai jumpa di artikel berikutnya. 😊

Nisalutfi
About Nisalutfi 144 Articles
"home is where the heart is"

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.