Pengertian Merajut Beserta Contoh Hasil Karyanya

√ Pengertian Merajut Beserta Contoh Hasil Karyanya
ninamore.com.br

Pengertian Merajut – Istilah merajut pasti sudah sangat familiar di telinga orang-orang yang belajar tentang kesenian atau orang-orang yang bergerak di usaha kerajinan tangan.

Begitu juga dengan istilah merenda, kedua istilah tersebut memang tidak akan lepas dari bidang kesenian. Tapi tahukah Anda apa pengertian dari merajut dan merenda?

Oke, dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai apa itu merajut dan merenda beserta contoh hasil karyanya.


Pengertian Merajut


Image Source: santaisaja.net

Merajut atau dalam istilah bahasa Inggrisnya disebut knitting merupakan salah satu metode membuat kain, pakaian, tas rajut atau perlengkapan busana lainnya dengan menggunakan benang rajut.

Dalam metode merajut hanya menggunakan sehelai benang. Sebaris tusukan yang telah selesai dipegang di salah satu jarum rajut hingga dimulainya tusukan yang baru.

Merajut bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu bisa mneggunakan tangan dan juga bisa menggunakan mesin. Dalam merajut, ada berbagaimacam bentuk gaya dan teknik. Teknik dasarnya ialah tusuk atas dan tusuk bawah.

Tusuk atas ialah mengait benang dari arah depan, sedangkan tusuk bawah ialah mengait benang dari arah belakang. Hasil dari rajutan ialah mempunyai pola seperti huruf v yang saling bersambungan.

Perajutan datar yang dilakukan dengan menggunakan dua jarum rajut atau jarum melingkar. Hasilnya adalah berupa kain yang lurus dan mendatar (persegi panjang).

Sedangkan perajutan melingkar yang dilakukan dengan menggunakan jarum rajut berujung dua atau jarum melingkar. Hasilnya adalah berupa kain yang memiliki bentuk silinder, seperti kaos kaki dan lengan baju hangat.

Untuk menghasilkan sebuah karya rajutan yang berbeda-beda, ada banyak sekali jenis jarum raut dan juga ukuran benang rajut yang bisa dipakai.

Produk garmen yang terbuat dari hasil rajutan ada banyak, diantaranya adalah selimut, syal, baju hangat, topi, tas, kaos kaki, gaun, tunik dan blus.


Contoh Hasil Karya Rajutan


Salah satu hasil karya seni dari rajutan ialah Yarn Bombing. Yarn Bombing juga biasa disebut dengan guerilla knitting, urban knitting, yam storming ataupun graffiti knitting merupakan sebuah karya graffiti, namun menggunakan benang sebagai bahan utamanya, bukan cat atau tinta pada umumnya.

Karya yarn bombing biasanya berbentuk rajutan menggunakan benang berwarna-warni yang membungkus objek-objek di ruang public.

Objek yang digunakan atau dibungkus bisa bermacam-macam, seperti tiang listrik, pohon, box telepon umum, mobil, tiang lampu dan lain-lain.

Tidak seperti graffiti yang menggunakan tinta atau cat, graffiti rajutan ini mudah dilepas dan dipasang kembali.

Menurut berbagai sumber, yam bombing dipopulerkan pertama kali oleh seorang perempuan asal texas yang bernama Magda Sayeg pada tahun 2005.

Magda juga mendirikan Knitta Please, yakni sebuah grup graffiti rajutan yang akhirnya menjadi virus yam bombing di seluruh dunia.

Image Source: daysoftheyear.com
Image Source: minutemedia.com
Image Source: pinterest.com
Image Source: pinterest.com
Image Source: handylittleme.com
Image Source: pinterest.com
Image Source: pinterest.com
Image Source: theconversation.com
Image Source: minutemedia.com
Image Source: pinterest.com
Image Source: stuff.co.nz

Pengertian Merenda


Image Source: wikipedia.org

Merenda dalam istilah bahasa Inggrisnya disebut crochet merupakan salah satu teknik dalam merajut. Dalam merenda hanya menggunakan sebatang jarum rajut.

Merajut dan merenda, pada dasarnya sama-sama bertujuan untuk mengait benang lewat lubang tusukan yang ada, bedanya adalah menggunakan teknik rajutan dan jarum yang berbeda.

Jarum yang digunakan untuk merenda biasa disebut jarum renda atau hakpen. Hakpen berasal dari bahasa Belanda “haakpen” yang mempunyai pengait pada ujungnya.

Jujur saja, selama ini jika Anda mendengar istilah rajutan, maka yang terlitas pertama kali dibenak Anda adalah barang-barang seperti rompi, sweater, topi, taplak, syal, baju dan lain-ain.

Tidak salah sih, karena rajutan memang sudah identik dengan produk-produk aksesoris, wearable, aaupun prouk perlengkapan rumah tangga.

Akan tetapi, ternyata saat ini, rajutan telah berkembang hingga sedemikian rupa. Bukan hanya menjadi produk-produk tersebut, namun bisa menjadi berbagai macam barang lain yang tentunya bernilai seni dan ekonomis, seperti boneka dan lain-lain.

Demikian penjelasan mengenai apa itu merajut dan merenda serta contoh hasil karya rajutan. Semoga bermanfaat.

Keyword: Pengertian Merajut

Sara Apriana
About Sara Apriana 454 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.