Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli dan Unsur-Unsurnya

√ 12 Pengertian Kebudayaan Menurut KBBI, Kamus Ilmu Sosial dan Para Ahli
codegue.com

Pengertian kebudayaan – Indonesia terkenal dengan negara yang memiliki banyak pulau, dan karenanya Indonesia memiliki kebudayaan yang sangat banyak dan beragam, yang mana kekayaan tersebut menjadi kebanggan tersendiri bagi Indonesia.

Tersebab itu pula tak heran jika di banyak kesempatan, kebudayaan menjadi topik yang sering dibicarakan, bahkan persoalan mengenai kebudayaan ini dikelola oleh negara melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Artinya kami yakin teman-teman sangat familiar dengan istilah kebudayaan, meskipun beberapa orang mungkin juga belum mengerti apa yang dimaksud dengan istilah tersebut.

Mengingat betapa dekatnya kita dengan kebudayaan, alangkah lebih baiknya kalau kita turut mempelajarinya.

Dan di bawah ini telah kami sajikan beberapa materi dasar tentang kebudayaan yang semoga saja bisa menambah pengetahuan para pembaca sekalian.


Pengertian Kebudayaan Menurut Ahli


Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli dan Unsur-Unsurnya
sosiologi.com

Teman-teman mungkin pernah mendengar bahwa budaya adalah hasil dari cipta, karya, dan karsa manusia. Ya secara sederhana kebudayaan memang bisa diartikan seperti itu.

Tetapi untuk memperkaya khazanah pengetahuan kita mengenai definisi kebudayaan, di bawah ini kami juga menuliskan definisi kebudayaan menurut pendapat beberapa ahli, di antaranya yaitu:

Pengertian Kebudayaan Menurut Ki Hadjar Dewantara

Tokoh Indonesia yang dikenal sebagai Bapak Pendidikan Indonesia ini turut menyumbangkan pemikirannya mengenai definisi kebudayaan. Menurutnya kebudayaan adalah hasil atau buah dari budi manusia yang berasal dari dua pengaruh besar yakni kodrat masyarakat dan alam.

Selain itu menurutnya kebudayaan adalah bukti kemenangan manusia dalam mengatasi di hidupnya dan mencapai kebahagiaan.

Menurut Mohammad Hatta

Kemudian tokoh besar Indonesia lainnya yang turut menyumbangkan buah pikirannya mengenai kebudayaan adalah Mohammad Hatta. Baginya kebudayaan adalah hasil ciptaan hidup dari suatu bangsa.

Pengertian Kebudayaan Haji Agus Salim

Berbeda dengan Hatta, Agus Salim mengemukakan bahwa kebudayaan merupakan gabungan dari kata budi dan daya sehingga menciptakan makna satu jiwa yang tidak bisa dipisahkan.

Parsudi Suparlan

Kemudian lebih lanjut Parsudi Suparlan menguraikan pendapatnya menganai kebudayaan yaitu pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang digunakan untuk mengintrepretasikan dan memahami lingkungan serta pengalamannya. Kebudayaan ini juga yang nantinya digunakan untuk landasan ketika berperilaku.

Pengertian Kebudayaan Menurut Koentjaraningrat

Definisi kebudayaan menurut Koentjaraningrat adalah semua perilaku manusia yang merupakan hasil dari proses belajar dalam kehidupan bermasyarakat.

Berdasarkan pengertian para ahli di atas kita bisa menyimpulkan bahwa kebudayaan adalah hasil cipta manusia yang dijadikan cara hidup bersama oleh kelompok masyarakat tertentu.


Unsur-Unsur Kebudayaan


Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli dan Unsur-Unsurnya
indonesiastudents.com

Setelah memahami definisi tentang kebudayaan, di bawah ini kami sertakan juga unsur-unsur kebudayaan. Menurut C. Kluckhohn secara umum unsur-unsur kebudayaan terdiri dari beberapa hal di antaranya adalah:

Sistem Kepercayaan

Menurut teori ini sistem kepercayaan merupakan salah satu unsur kebudayaan. Sistem kepercayaan ini dijadikan sebagai pegangan atau pedoman hidup, baik dalam hubungannya terhadap manusia lainnya atau juga hubungannya terhadap Tuhannya.

Kesenian

Lalu hal yang tidak bisa kita pisahkan jika berbicara mengenai kebudayaan adalah keseninan. Kesenian merupakan salah satu bagian kebudayaan yang saat ini bisa kita nikmati.

Kesenian memberikan warna yang indah dalam kehidupan manusia. Ia adalah ekspresi keindahan, karenanya tak heran jika di bangku sekolah, kesenian menjadi salah satu materi yang harus dipelajari.

Bahasa

Ini jelas bahwa bahasa adalah unsur dari kebudayaan, ia diciptakan oleh manusia melalui proses belajar yang panjang. Ia turun temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya sehingga kemudian menjadi sesuatu yang dipatenkan. Sehingga manusia bisa berkomunikasi dengan mudah.

Negara Indonesia termasuk wilayah yang sangat kaya akan bahasa, setiap daerahnya memiliki kekhasan bahasa yang berbeda-beda.

Teknologi

Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli dan Unsur-Unsurnya
pelajaran.co.id

Selanjutnya adalah teknologi. Teknologi merupakan sistem peralatan yang diciptakan manusia untuk menudahkan kehidupannya.

Teknologi ini berkembang sesuai dengan pengetahuan manusia. Sejak dahulu teknologi sudah ada hanya saja masih sangat sederhana.

Ilmu Pengetahuan

Ilmu pengetahuan yang hari ini kita pelajari juga merupakan salah satu unsur dari kebudayaan. Ilmu pengetahuan adalah hasil pemikiran manusia yang diperoleh dari proses belajar mengenai kehidupan ini termasuk juga melalui pengalamannya.

Sistem Kemasyarakatan

Manusia disebut dengan makhluk sosial karenanya wajar saja jika selama hidupnya manusia menciptakan sistem kemasyarakatan atau kekerabatan. Dengan sistem ini manusia bisa hidup dengan saling memenuhi kebutuhannya.

Keyword: Pengertian Kebudayaan

Sara Apriana
About Sara Apriana 455 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.