Pakaian Adat Lampung Lengkap Gambar dan Penjelasannya

Pakaian adat Lampung juga banyak dipengaruhi oleh kebudayaan masyarakat Melayu seperti halnya baju adat tradisional untuk daerah Riau. Bahkan baju yang dikenakan sehari-hari oleh para pria mirip dengan baju adat pria Lampung. Mereka memakai baju teluk belanga, kain, serta ikat kepala.


Pakaian Adat Lampung


Sebenarnya tidak ada sebutan khusus untuk pakaian adat Lampung, tetapi modelnya benar-benar bernuansa Melayu. Kainyang umum digunakan untuk membuat pakaian adat Lampung adalah kain tapis. Tapis sendiri merupakan kain tenun khas Lampung yang masih tradisional dengan menggunakan benang emas dan motif-motifnya berupa motif geometris.

Hingga kini keberadaan kain tapis masih dilestarikan oleh masyarakat Lampung. Penggunaaanya lebih banyak untuk acara-acara penting, seperti pernikahan, upacara adat, maupun pertunjukan seni. Agar lebih cantik dan mewah, biasanya pakaian adat Lampung juga dihiasi dengan berbagai aksesoris berbahan dasar logam kuningan.

Baju  Adat  Pria Lampung 

Meskipun ada kemiripan antara baju adat pria Lampung dengan baju adat pria Riau, tapi tetap ada sedikit perbedaan. Sama-sama memakai baju teluk belanga, sarung, dan ikat kepala, nyatanya ikat kepala kedua daerah ini berbeda.

Ikat kepala untuk daerah Lampung disebut dengan kikat. Bahan kikat biasanya terbuat dari kain tenun atau kain tapis Lampung. Kain tersebut diberi ornamen yang berupa simbol atau sulaman dari benang emas. Sementara untuk pakaian pengantin pria tentu lebih mewah dari baju biasa dengan berbagai kelengkapan dan aksesoris.

pakaian adat lampung

Bajunya berbentuk baju teluk belanga dengan warna yang terang. Bawahannya berupa senjang, yakni semacam kain yang terbuat dari kain Samarinda, Bugis, maupun batik Jawa. Namun, saat ini penggunaan kain sudah digantikan dengan celana karena alasan kepraktisan. Pengantin pria juga biasanya mengenakan selendang yang dinamakan selikap.

Baju Adat Wanita Lampung

Para wanita Lampung mengenakan baju yang disebut dengan lawai kurung atau baju kurung. Bahan untuk membuat baju ini terbilang tipis dan mirip sutra. Pada bagian tepi muka serta lengan baju, dihiasi dengan rajutan renda halus.

Saat berpakaian sehari-hari, para wanita Lampung tidak menggelung rambutnya, tapi digantikan dengan kanduk atau kakambut sebagai kudung penutup kepala. Kanduk atau kakambut inicara memakainya dengan dililitkan di kepala. Bahannya juga halus dan tipis.

Saat menghadiri upacara adat atau pernikahan, para wanita akan menyanggul rambutnya. Sanggul ini biasa disebut sebagai belatung buwok dan dibuat dengan menggunakan rambut tambahan atau konde palsu.

Cara membuat tatanan rambutnya adalah dengan melilitkan rambut ke atas, kemudian dirapikan dengan rajutan benang hitam halus. Untuk menghias sekaligus mempererat sanggul, digunakan bunga kawat yang dapat bergotyang-goyang. Berhubung hiasan tersebut bisa bergoyang ketika kepala pemakai berberak, maka hiasan ini sering disebut juga kembang goyang.

pakaian adat lampung

Perhiasan yang dikenakan pengantin wanita biasanya terbuat dari emas atau dilapis emas. Namu, untuk saat ini penggunaan emas sudah digantikan dengan kuningan maupun tembaga. Mahkota untuk pengantin wanita disebut dengan siger. Kalungnya disebut dengan selambok atau rattai galah.

Kaluang yang digunakan pengantin wanita juga dilengkapi dengan liontin dari batu permata. Batu permata tersebut diikatkan pada kalung dengan menggunakan emas juga. Gelang yang dipakai pengantin wanita disebut dengan kelai pungew dan dipakai di lengan kanan maupun lengan kiri.

Pakaian Adat Lampung untuk Tarian Daerah

Busana adat atau baju tradisional khas Lampung banyak digunakan untuk acara pernikahan. Selain acara pernikahan, biasanya saat ada pertunjukan seni yang menampilkan tarian Lampung para penari akan menggunakan pakaian adat ini. Tarian khas Lampung yang biasa ditampilkan adalah tari Sambah dan Tari Bedana.

pakaian adat lampung
image source: daerahlampungku.blogspot.com

Kedua tari tersebut merupakan tarian adat Khas dari daerah Lampung. Dimana para penampilnya tidak hanya memamerkan gerakan tari mereka, tapi juga busana atau pakaian adat khas Lampung. Itulah sedikit penjelsan mengenai baju adat tradisional dari daerah Lampung.

 

 

 

Keyword: Pakaian Adat Lampung

Sara Apriana
About Sara Apriana 455 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.