Pakaian Adat Jambi Lengkap Gambar dan Penjelasannya

pakaian adat jambi

Pakaian adat Jambi – Salah satu daerah di Indonesia yang masih menjaga nilai-nilai budaya dan tradisinya adalah Jambi.

Provinsi yang terletak di Pulau Sumatera ini memiliki budaya yang unik, salah satunya yakni pada pakaian adat yang dikenakan oleh penduduk Jambi.

Pada dasarnya kebudayaan Jambi hampir sama dengan kebudayaan Melayu, sebab banyak penduduk di Pulau Sumatera yang bersuku Melayu.

Begitu juga dengan pakaian adatnya, terdapat beberapa yang memiliki kemiripan, meskipun tentu tetap ada keunikan yang khas dan berbeda dari daerah Sumatera lainnya.

Terdapat dua jenis pakaian adat Jambi yakni pakaian adat yang dipakai untuk kegiatan sehari-hari, dan juga pakaian adat untuk acara resmi.

Perbedaan kedua jenis tersebut hanya terletak pada warna dan aksesorisnya. Misalnya pakaian adat untuk wanita dalam keseharian adalah baju tanpa lengan dengan warna tidak mencolok, tetapi untuk acara resmi mereka menggunakan baju yang lebih mencolok dan dihiasi dengan beragam aksesoris.

Penjelasan lebih lanjut mengenai pakaian adat tersebut dapat disimak di bawah ini, jadi baca terus sampai habis ya.


Pakaian Adat Jambi


Pakaian untuk Laki-Laki

pakaian adat jambi

Pakaian adat yang dikenakan laki-laki Jambi berupa baju kurung yang bentuknya sama dengan pakaian adat untuk perempuannya yakni memiliki panjang lengan yang tanggung.

Baju kurung tanggung bagi pria ini menyimbolkan harapan kepada pria supaya menjadi seorang yang tangkas dalam mengerjakan sesuatu.

Penutup Kepala Pria

Penutup kepala ini sering disebut dengan lacak, terbuat dari bahan beludru berwarna merah dilengkapi dengan tali runci dan bungo runci yang berwarna putih serta dirangkai dengan menggunakan benang. Agar lacak ini bisa tegak, maka di dalamnya akan diberi karton sebagai penyangga.

Jenis Celana

Pakaian Adat Jambi Lengkap Gambar dan Penjelasannya
bukalapak.com

Jika atasan dalam pakaian adat tersebut berupa baju kurung, maka bawahan yang dikenakan berupa celana yang terbuat dari bahan beludru berwarna merah.

Lalu pemakaiannya akan dibarengi dengan kain songket yang dililitkan pada bagian pinggulnya. Supaya kain tidak longgar maka dipasangkan juga sabuk kuningan. Sabuk tersebut juga bisa digunakan untuk menyelipkan keris khas Jambi.

Aksesoris Pria

Terdapat beberapa aksesoris pada pria di antaranya yaitu tutup dada berbentuk bunga teratai yang dipasangkan di leher seperti kerah.

Selain itu mereka juga mengenakan gelang yang terbuat dari logam celupan pada kedua tangannya. Ada juga selempang dari kain songket berwarna merah keunguan yang dipasangkan menyilang pada badan.

Sedangkan di bagian pinggulnya diberi selendang berwarna merah jambu dengan ujungnya berwarna kuning berumbai.

Pakaian Adat Jambi Untuk Wanita

pakaian adat jambi

Perempuan di Bengkulu akan memakai pakaian adat yang terdiri dari baju kurung yang panjang lengannya hanya sampai bawah siku atau tanggung sehingga pakaian adat wanita dikenal dengan sebutan kurung tanggung.

Selain baju kurung wanita juga memakai kain dan selendang songket yang berwarna merah dan memiliki hiasan berupa sulaman benang emas dengan motif bunga melati, bunga tagapo, dan pucuk rebung.

Tutup Kepala Wanita

Selain baju dan kain selendang yang telah disebutkan di atas, terdapat juga tutup kepala yang dikenakan oleh perempuan Bengkulu.

Tutup kepala tersebut terbuat dari kain beludru berwarna merah, yang di dalamnya diberi karton agar bisa beridir tegak.

Tak lupa pula dihiasi dengan sulaman benang emas yang memiliki motif bunga melati pecah. Biasanya orang menyebut tutup kepala wanita ini dengan sebutan pesangkon atau duri pandan.

Aksesoris Wanita

Terdapat banyak sekali aksesoris yang dipakain oleh perempuan dibanding laki-laki. Adapun aksesoris yang dikenakan oleh wanita ketika memakai pakaian adat adalah:

Kalung

Ada tiga jenis kalung yang akan dipakai oleh wanita di bagian leher, di antaranya yaitu kalung tapak, kalung jayo atau bertingkat, dan kalung rantai Sembilan. Sedangkan untuk cincin terdapat dua jenis yaitu cincin pacat kenyang dan kijang atau capung.

Gelang

Tak hanya kalung yang dipakai, tetapi juga gelang. Gelang ini pun banyak sekali jumlahnya, ada dua buah gelang kilat bahu, lalu gelang ceper, gelang buku beban, dan gelang kano yang dipakai di bagian lengan. Dan di bagian kaki terdapat gelang nago betapo dan ular melingkar.

Ikat pinggang

Terakhir untuk melengkapi penampilan tersebut, wanita harus mengenakan tutup data atau teratai dada, pending, selendang, ikat pinggang, dan juga selop.

Keyword: Pakaian Adat Jambi Lengkap

Sara Apriana
About Sara Apriana 444 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.