Pakaian Adat Betawi Lengkap Gambar dan Penjelasannya

Pakaian adat Betawi – Betawi adalah suku yang penduduknya banyak tinggal di daerah Bogor, Jakarta, dan sekitarnya.

Kita tahu suku Betawi memiliki keunikan budaya yang khas. Suku Betawi memiliki bahasa daerah, makanan khas, kesenian tradisional, dan juga pakaian adat yang berbeda dengan suku-suku di daerah lain.

Tetapi pada kesempatan yang terbatas ini kami tidak akan membahas tentang semua keunikan suku Betawi tersebut, melainkan hanya pakaian adat Betawi saja.

Pakaian adat ini biasa digunakan untuk acara-acara penting seperti pernikahan, acara kesenian serta kebudayaan, dan lain sebagainya.

Semoga dengan mengetahui pakaian adat ini teman-teman menjadi semakin mengenal suku Betawi dengan segala keunikannya.

Kalau begitu yuk langsung saja kita simak bersama apa saja nama-nama pakaian tradisional Betawi yang biasa dikenakan:


Pakaian Adat Betawi Untuk Perempuan


Kita bisa melihat pakaian adat ini dalam beberapa acara penting dan bahkan juga dalam keseharian. Adapun pakaian adat yang biasa dikenakan oleh perempuan Betawi adalah sebagai berikut:

Baju Kurung

Penggunaan baju kurung dalam pakaian adat tidak hanya di Aceh saja, melainkan juga di beberapa daerah lainnya termasuk Betawi.

Meskipun baju kurung pada setiap daerah tentu berbeda-beda. Pada pakaian adat Betawi sendiri, baju kurung tersebut biasanya memiliki lengan yang pendek dan warna yang mencolok.

Kain Sarung Batik

pakaian adat betawi

Penggunaan dan fungsi dari kain sarung batik ini seperti halnya kain jarit yang dipasangkan dengan kebaya jawa, yakni untuk penutup tubuh bagian bawah.

Biasanya kain yang dipakai adalah yang bermotif geometri dan memiliki warna yang terang sesuai dengan baju kurungnya.

Kerudung

Keunikan lain dari pakaian adat Betawi untuk perempuannya adalah adanya penutup kepala atau yang biasa disebut dengan kerudung.

Kerudung ini biasanya berbentuk seperti selendang. Pemilihan warnanya juga disesuaikan dengan warna baju kurung yang dikenakan.

Secara keseluruhan pakaian adat yang telah disebutkan di atas bisa teman-teman lihat secara langsung pada kontes-kontes abang dan none Jakarta.


Pakaian Pengantin Perempuan


goodnewsfromindonesia.id

Sedangkan pada acara pernikahan, para perempuan Betawi tidak bisa memakai pakaian adat yang telah disebutkan di atas, melainkan mengenakan pakaian adat Rias Besar Dandanan Cara None Pengantin Cine.

Dari penyebutannya tentu bisa diketahui kalau pakaian tersebut memiliki khas cina. Tepatnya yakni blus bergaya china, berbahan satin, dan berwarna merah atau hitam.

Untuk melengkapinya blus akan dipadukan dengan rok panjang bergaya duyung atau Kun. Selain itu, pada bagian kepala akan dihias dengan kembang goyang lengkap dengan penutup wajah.


Pakaian Adat Betawi Untuk Laki-Laki


Sedangkan pakaian adat untuk laki-laki Betawi berbeda penyebutannya dengan pakaian untuk perempuan. Berikut ini adalah nama-nama pakaian adat yang dikenakan laki-laki:

Baju koko / Sadariah

pakaian adat betawi

Sebenarnya bentuk dari baju koko yang dikenakan oleh laki-laki betawi hampir sama dengan yang beredar di pasaran. Hanya saja baju koko Betawi ini biasanya hanya terdiri dari satu warna saja alias polos.

Celana batik betawi

pakaian adat betawi

Sedangkan untuk bagian bawahnya, baju koko tersebut akan dipasangkan dengan celana batik. Celana ini berbentuk longgar dan memiliki panjang di bawah lutut, serta terdapat karet pada bagian pinggangnya seperti celana kolor.

Untuk motif batiknya juga tidak terlalu ramai dan warna kainnya pun cenderung netral seperti warna putih, cokelat, dan hitam.

Sorban / Selendang betawi

pakaian adat betawi

Tentu selendang yang dikenakan oleh laki-laki berbeda dengan selendang yang dikenakan perempuan. Selendang yang digunakan pria Betawi ini lebih dikenal dengan sebutan sorban, meskipun pemakaiannya tidak untuk menutupi kepala, melainkan dikalungkan di leher.

Kopiah atau peci

pakaian adat betawi

Kopyah atau peci juga merupakan pakaian adat yang biasa dipakai oleh pria Betawi loh. Bentuknya sama saja dengan kopiyah yang digunakan oleh umat Islam.


Pakaian Adat Pengantin Laki-Laki


weddingmarket.com

Meskipun pakaian adat di atas bisa digunakan untuk acara-acara penting, tetapi tetap ada pengecualian untuk acara pernikahan.

Pada acara pernikahan yang sesuai dengan adat Betawi, sang pengantin pria akan memakai jubah panjang dan penutup kepala berwarna merah.

Pakaian tersebut biasa dikenal dengan sebutan “dandanan care haji”. Jubah tersebut terdiri dari bagian luar yang terbuat dari kain beludru, dan bagian dalam terbuat dari kain halus berwarna putih.

Sara Apriana
About Sara Apriana 455 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.