Pakaian Adat Bengkulu Lengkap Gambar dan Penjelasannya

pakaian-adat-bengkulu

Pakaian Adat Bengkulu – Hallo gaes untuk kamu yang cinta dengan budaya dan seni indonesia tentu tidak asing tentang beberapa budaya di wilayah indonesia. Kebudayaan indonesia banyak disalurkan melalui banyak media seperti musik, gambar, dan juga pakaian.

Nah hal menarik dari baju adat indonesia ini memiliki banyak sekali rupa. karena memang setiap wilayah di indonesia memiliki rupa dan jenis pakaian adatnya masing – masing. karena pakaian adat memiliki filosofi dan bisa menjadi ciri khas suatu budaya dan wilayah yang ada di indonesia.

Salah satu pakaian adat yang banyak di gemari adalah pakaian adat asal daerah bengkulu. Bengkulu sendiri merupakan sebauh profinsi indonesia yang berada di pulau sumatera. Bengku adalah wilayah yang sangat kaya akan sumber daya alam yang melimpah. Pertanian dan pertambangan sejak jaman dulu di bengkulu sangat melimpah hingga sekarang.

namun bukan hanya sumber daya alam nya saja, yang selalu menjadi keunggulan masyarakat bengkulu. Adat istiadat dan baju adat mereka pun menjadi sebuah keunggulan tersendiri.

Baca Juga : pakaian adat banten


Pakaian Adat Bengkulu


Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang apa saja sih baju adat bengkulu yang wajib banget kamu ketahui beserta gambar dan penjelasannya. Berikut adalah pakaian adat terbaik asal bengkulu yang wajib banget kamu ketahui sekarang juga

#1 Pakaian adat khusus pria

pakaian adat bengkulu

Di bengkulu sendiri pakaian adat di bagi menjadi 2 yaitu khusus yang digunakan oleh pria. Dan juga pakaian adat yang biasa digunakan oleh kaum wanita.

nah apa bila kamu ingin mengetahui tentang pakaian adat pria di bengkulu terdiri atas jas dan celana panjang yang berwarna hitam. Kemudian dari pakaian tersebut bisa menutup alas kaki.

Selain hal itu terdapat juga sebuah penutup kepala yang terbuat dari kain yang meruncing. Hal ini menunjukan khas dari bengkulu.

Bahan yang digunakan bisa berupa dari kain satin yang berwarna hitam. Dan ikat kepala yang meruncing menyerupai ikat kepala pada pakaian adat riau. Jika di bengkulu ikat kepala tersebut memiliki nama detar

Untuk bawahan memang menggunakan celana hitam. Tetapi sebagai pakaian adat pria biasa menggunakan sarung sebagai selndang dan lipatan di atas celana. Sarung tersebut pun memiliki nama sarung gantung.

Nah sebagai aksesoris dari pakaian adat pria bengkulu ini. Biasanya diberikan hiasan yang terbuat dari emas yang biasa di pakai di bagian tangan kanan. Filosofi dari pakaiana dat ini adalah sebgai sarana perlindungan diri dari hal – hal yang tidak di inginkan.

#2 Pakaian Adat Wanita bengkulu

pakaian adat bengkulu

Untuk pakaian adat wanita bengkulu. Biasanya memiliki kesamaan pakaian adat melayu lainnya. Yaitu menggunakan baju kurungan lengan panjang yang dibuat menggunakan sebuah kain yang bernama Beludru.

Di bengkulu sendiri baju kurung ini di hiasi dengan motif dari sulaman benang dan haisan emas berbentuk biji atau uang logam.

Baju tersebut memiliki warna yang dominan merah dan juga seperti warna – warna tua lainnya. Selain merah bisa juga berwarna lembayung, biru tua dan juga hitam.

Sebagai hiasan dari baju ini biasa ditambahkan sutra yang di hiasa dengan benang emas. Bawahan dari baju ini adalah sarung yang umunya serupa dengan yang digunakan oleh pria bengkulu.

Untuk bagian kepala dari pakaian adat ini perempuan biasa menggunakan konde lengkap dengan tusuknya. Selain itu bisa juga menambahkan aksesoris kembang goyang di bagian konde tersebut.

Baca juga : Pakaian adat aceh

itu dia baju adat yang biasa digunakan oleh pria dan wanita khas bengkulu yang bisa kamu ketahui lengkap dengan gambar dan uga penjelasan. Serta makna filosifi dari pakaian tersebut adalah sebagai perlindungan dari mara bahaya dan hal – hal yang tidak di inginkan.

Keyword: Pakaian Adat Bengkulu

Sara Apriana
About Sara Apriana 486 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.