Pakaian Adat Bengkulu Lengkap Gambar dan Penjelasannya

pakaian-adat-bengkulu

Pakaian adat Bengkulu – Bengkulu adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki sejarah cukup penting dan panjang.

Di sanalah Soekarno pernah diasingkan dan menetap sementara sembari tetap melanjutkan perjuangan dengan caranya sendiri.

Di wilayah itu juga, berbagai kerajaan pernah berkuasa, termasuk juga kerajaan besar bernama Inderapura pada abad ke-17.

Selain itu Bengkulu pernah dijadikan pusat perdagangan lada oleh perusahaan asal Inggris. Terlebih lagi di daerah tersebutlah sebuah bunga unik yang memiliki bunga tunggal terbesar di dunia ditemukan. Orang-orang kemudian menyebutnya dengan bunga Rafflesia Arnoldi.

Selain kaya akan sejarah, wilayah tersebut juga memiliki kebudayaan yang unik atau khas, dan masih dilestarikan sampai hari ini.

Salah satu nilai budaya yang masih terjaga adalah pakaian adat Bengkulu yang masih dikenakan pada acara-acara tertentu. Adapun informasi lengkap mengenai pakaian adat tersebut dapat disimak di bawah ini:


Pakaian Adat Pengantin Bengkulu


Pakaian Adat Bengkulu Lengkap Gambar dan Penjelasannya
sharingconten.com

Seperti pada setiap daerah, Bengkulu juga memiliki pakaian adat yang dikenakan pada acara-acara tertentu seperti pernikahan.

Biasanya pakaian adat Bengkulu ini disebut dengan istilah rejang lenong. Tentu pemakaian rejang lenong tersebut berbeda antara laki-laki dan perempuan. Bagaimana perbedaan tersebut? Yuk lihat secara rinci pada penjelasan berikut ini:

Pakaian adat pengantin pria

Baju yang dikenakan sebagai atasan pengantin pria berupa jas berwarna hitam yang terbuat dari wol. Sedangkan bawahannya berupa celana panjang yang berwarna gelap dan terbuat dari kain satin.

Pengantin pria di Bengkulu juga memakai penutup kepala yang terbuat dari beludru, mancung ke atas, bentuknya hampir sama dengan pakaian adat pengantin Melayu Riau.

Penduduk Bengkulu menyebut penutup kepala tersebut dengan nama detar. Selain penutup kepala, mereka juga menggunakan aksesoris gelang emas, kalung, dan juga keris atau senjata tradisional Bengkulu.

Pakaian Adat bengkulu untuk pengantin wanita

pakaian adat bengkulu

Banyak daerah-daerah di sumatera yang dipengaruhi oleh kebudayaan Melayu, termasuk juga Bengkulu. Karenanya tak heran kalau pakaian adat yang dikenakan oleh pengantin wanita juga memiliki kesamaan dengan adat melayu.

Sebagai atasan, para pengantin perempuan mengenakan baju kurung yang terbuat dari kain beludru dan memiliki lengan panjang.

Warna dari baju tersebut cukup beragam seperti lembayung, biru tua, merah tua, dan juga hitam. Terdapat juga hiasan berupa motif berbentuk bulat seperti lempengan uang logam yang disulam dengan benang emas.

Sedangkan, untuk bawahannya baju kurung tersebut dipadukan dengan kain songket yang terbuat dari sutra dan motif yang terbuat dari benang emas.

Sebagai pelengkap pengantin wanita juga memakai konde, ikat pinggang, mahkota, dan berbagai perhiasan seperti anting, giwang emas, kalung bersusun, gelang emas, serta selop berwarna emas.


Kain Khas Bengkulu


 

Pakaian Adat Bengkulu Lengkap Gambar dan Penjelasannya
alif.id

Selain pakaian adat untuk pengantin, Bengkulu juga memiliki kain tradisional seperti batik yang memiliki motif khas yang disebut besurek dan kaganga. Berikut ini terdapat penjelasan mengenai dua jenis motif tersebut.

Kain Besurek

Motif batik khas Bengkulu yang pertama disebut dengan nama batik besurek. Motif dari batik besurek ini adalah kaligrafi dengan huruf Arab.

Biasanya tulisan tersebut merupakan potongan dari ayat-ayat suci Al-quran, karenanya batik besurek dianggap sakral dan tidak boleh dipakai sembarangan.

Batik besurek ini hanya dapat dikenakan sebagai penutup bagian kepala, kain penutup jenazah, dan juga untuk alas bayi ketika melaksanakan upacara pencukuran rambut.

Kain Kaganga

Jika batik besurek tidak boleh dipakai sembarangan, maka pemakaian kain batik kaganga ini lebih fleksibel.

Seperti namanya, motif dari batik kaganga berupa tulisan aksara khas suku Rejang yang disebut dengan aksara kaganga.

Biasanya motif kaganga ini akan dipadukan dengan motif bunga yang hanya ditemukan di Bengkulu yaitu Rafflesia Arnoldi dan motif burung wallet.

Keyword: Pakaian Adat Bengkulu

Sara Apriana
About Sara Apriana 478 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.