Hallo gaes, untuk kamu yang sedang belajar tentang pakaian adat pasti sedang mencari nama – nama pakaian adat terbaik yang ada di indonesia ini. pasalnya indonesia adalah sebauh negara dengan wilayah dan budaya yang sangat banyak.

jadi tentu setiap daerah di indonesia juga memiliki banyak sekali pakaian adat aceh yang khas. Sehingga kamu bisa banyak banget belajar mengenai pakaian adat yang ada di seluruh indonesia ini. 

Aceh sendiri adalah sebuah wilayah di indonesia yang berada di ujung paling barat negara ini. Naha ceh sendiri berada dekat dengan negara malaysia dan juga singapore.

Sehingga masalah perdagangan antar negara, aceh merupakan wilayah yang paling sering melakukan hal tersebut

karena hal tersebut, baju adat aceh juga sedikit banyak terpengaruhi oleh kebudayaan luar terutama melayu islam.

Biasanya baju adat aceh diguakan pada saat acara – acara besar seperti pernikahan dan juga acara – acara pertunjukan lainnya.

Perlu kamu ketahui bahwa aceh juga terkenal karena seorang pahlawan yang bernama Cut Nyak dien dan juga bidaya Tanah rencong yang tidak kalah menarik untuk di ikuti dari negara aceh.

Aceh merupakan wilayah yang memiliki pakaian adat untuk laki – laki dan perempuan yang masing – masing nya memiliki ciri khas tersendiri.


Pakaian Adat Aceh


Pakaian adat di wilayah aceh berfungsi untuk menunjukan status sosial masyarakat aceh di zaman dulu. Langsung saja berikut adalah beberapa baju adat aceh terbaru hingga tahun 2019 yang wajib banget kamu ketahui

Pakaian Adat untuk Pria Aceh

#1 Peukayan Linto Baro

pakaian adat aceh

Pakaian adat pertama yang berasal dari aceh adalah Peukayan Linto Baro yang di khususkan untuk laki – laki.

Pakaian ini baisa dignakan pada saat upacara adat dan beberapa kegiatan pemerintahan pada zaman kerajaan islam dulu yang biasa dikenal dengan samudera pasai dan perlak.

Baca Juga : Profil Bangka Belitung

#2 Meukasah

pakaian adat aceh

Pakaian adat dari aceh yang kedua adalah Meukasah yang memiliki warna hitam. Baju adat ini juga di proses menggunakan mesin tenun tradisional.

Filosofi dari pakaian adat aceh ini yang memiliki warna hitam yaitu melambangkan kebesaran warga aceh.

#3 Sileuweu

pakaian adat aceh

baju adat Sileuweu atau biasa juga di kenal dengan sebutan Cekak Musang adalah celana panjang yang memiliki warna hitam dan biasa digunakan oleh laki-laki Aceh.

Celana ini memiliki bahan kain katun yang melalui proses tenun dan melebar pada bagian bawahnya. Pada bagian tersebut diberikan hiasan yang terbuat dari benang emas sehingga tampil semakin elegant.

#4 Meukeutop

pakaian adat aceh

pakaian adat dari aceh yang ke empat adalah Meukeutop. jenis pakaian adat ini adalah sebuah penutup kepala yang melengkapi baju adat Aceh lainnya.

Pakaian adat ini berupa kopian yang berbentuk seperti kopiah yang melonjong ke atas. selain itu kopiah ini memiliki hiasan yang dilengkap dengan bentuk bintang dan persegi delapan yang terbuat dari emas atau kuningan.

Baca Juga : Profil kepulauan Riau

#5 Rencong

pakaian adat aceh

Pakaian adat Rencong merupakan sebuah senjata tradisional yang digunakan oleh penduduk Aceh. Senjata tradisional yang sangat khas berasal dari aceh tersebut memiliki nama Rencong atau Siwah.

Senjata adat tersebut biasa digunakan untuk penghias yang biasa diselipkan di bagian pinggang pria saat menggunakan pakaian adat aceh lainnya.

Penutup : Pakaian Adat Aceh

Itu dia beberapa pakaian adat khas aceh yang bisa kamu ketahui sebagai sumber ajaran belajar kamu. Apa bila kamu adalah oranga ceh pasti tidak etis dong tidak mengetahui pakaian adatnya sendiri.

Apa bila artikel tentang pakaian adat aceh ini bermanfaat kamu bisa membagikannya kepada teman dan keluarga kamu yah.

Keyword: Nama Pakaian Adat Aceh

Published by Sara Apriana

Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.