Kumpulan Lagu Daerah Bali Beserta Liriknya

Kumpulan Lagu Daerah Bali Beserta Liriknya
escalatoursviajes.com

Lagu Daerah Bali – Bali merupakan salah satu nama provinsi di Indonesia, dengan Denpasar sebagai ibu kota. Bali memiliki luas sekitar 5.780,06 km2 yang di huni oleh 732 jiwa/km2.

Secara geografis Bali terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Lombok. Mayoritas penduduk Bali memeluk agama Hindu. Bali sangat terkenal di mata nasional maupun internasional.

Banyak wisatawan asing datang ke Bali untuk menikmati panorama alam dan budaya yang di sajikan oleh para seniman dan budayawan Bali.

Bali merupakan magnet bagi wisatawan terutama para wisatawan asing. Di Bali banyak sekali budaya yang dijadikan sebagai modal untuk menghibur para wisatawan mulai dari kostum, tarian, lagu, rumah adat bahkan upacara-upacara adat yang sifatnya sakral.

Karena panaroma pantai yang indah bali sering dijadikan sebagai latar pembuatan film dan acara tv lainnya.


Lagu Daerah Bali


Bali memiliki banyak ragam lagu daerah diantaranya adalah macepet-cepetan, meyang meyong, ngusak asik, putri cening ayu, ratu anom, tari bali, jangi janger, dodong dauh, juru pencar, bibi rangda, batu cina, janger dan adi sayang.

Untuk lebih mengenal Lagu Daerah Bali, simak penjelasan berikut ini :

1. Macepet-cepetan

Lagu ini berkisah tentang kebiasaan masyarakat Bali, yang selalu cepat dan tegas ketika mengambil suatu keputusan atau tindakan.

Lagu ini dinyanyikan dengan nada yang cepat, sama seperti judul lagu ini yaitu macepet-cepetan. Berikut ini adalah lirik dari lagu macepet-cepetan :

Jani m’lati macepet-cepetan
Nanging limane tusing dadi matiang
Sejaba ento mekajang dadi
Nyenje kalah lakar gedhing

2. Janger

Lagu ini menggambarkan tentang suka cita bagi remaja putri dan putra. Lirik lagu ini berbentuk sajak, yang mempunyai kemiripan bunyi pada akhir kata atau suku kata.

Berikut ini adalah lirik dari lagu janger :

Don, dap dape don dap dap lum lum gading
Dap dape don dap dap lum lum gading
Panak, panak biu panak biu di kedaton
Panak biu di kedaton, titian
Nembe titian nembe tuun mengending
Nembe titian nembe tuun mengending
Anak-anak, liu anak liu rawuh menonton
Anak-anak liu menonton
Nring mangking nring mangking
Masuka rena masuka rena
Ampura ugi para sem,eton sareng semi kecak

3. Meyang meyong

Lagu meyang meyong ini terdengar seperti suara kucing. Memang benar lagu ini menceritakan tentang kisah kucing yang harus mencari atau menangkap tikus yang notabene sering membuat masalah.

Kisah ini mirip dengan kartun anak-anak yaitu Tom and Jerry. Berikut ini adalah lirik dari lagu meyang meyong :

Meong-meong…
Alih je bikule…
Bikul gede-gede…
Buin mokoh-mokoh…
Kereng pesan ngerusuhin…

Lagu daerah sebenarnya bukan hanya sekedar lagu. Di dalam lagu daerah tersimpan sekali banyak makna meskipun dengan nada yang cukup sederhana.


Fungsi Lagu Daerah Bali


Lagu daerah memiliki beberapa fungsi dan karakteristik yang berbeda-beda setiap daerahnya. Berikut ini adalah fungsi dari lagu daerah khususnya Lagu Daerah Bali :

Sebagai pengiring upacara adat

Biasanya lirik lagi berisi mantra-mantra untuk memanggila roh halus atau doa-doa sebagai rasa sukur terhadap keberhasilan atau hasil bumi yang melimpah.

Pengiring tari dan pertunjukan

Lirik lagu biasanya menceritakan tentang gerakan tari atau sebuag pertunjukan tertentu. Sehingga pesan yang akan disampaiakan dalam tarian atau pertunjukan tersampaikan dengan baik kepada penonton.

Sebagai media bermain

Menjadikan permainan semakin menarik dimainkan oleh anak-anak. Biasanya lirik lagu ini berisi tentang keceriaan, kegembiraan atau cara memainkan permainan tertentu.

Sebagai media komunikasi

Lagu ini berisi tentang pesan atau petuah para orang tua untuk generasi berikutnya. Biasanya liriknya berisi tentang cara bersikap, kesopanan atau tingkah lagu serta tuntunan dalam menjalani hidup.

Sebagai media penerangan

Lagu berisi tentang informasi penting atau tentang syiar agama. Lewat lagu pesan akan mudah diingat.


Karakteristik Lagu Daerah


Karakteristik dari kagu daerah adalah sebagai berikut :

1. Bersifat kedaerahan

2. Bahasa dan tema tergolong sederhana

3. Diwariskan secara turun-temurun

4. Sering tidak diketahui siapa penciptanya.

Demikian adalah penjelasan tentang lagu daerah. Khususnya lagu-lagu daerah yang ada di provinsi Bali. Semoga dapat bermanfaat bagi anda para pembaca.

Keyword: Lagu Daerah Bali

Sara Apriana
About Sara Apriana 486 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.