Urutan Presiden Indonesia dari yang Pertama Hingga Sekarang

√ Urutan Presiden Indonesia dari yang Pertama Hingga Sekarang
Pegipegi.com

Indonesia telah merdeka 74 tahun lamanya. Jangka waktu yang cukup panjang dalam berbangsa dan bernegara.

Tapi, dengan umum yang cukup panjang tersebut, tahukan anda urutan presiden Indonesia dari awal hingga saat sekarang?


Urutan Presiden Indonesia


Nah, pada kesempatan ini akan di ulas urutan presiden Indonesia. Berikut ulasannya.

1. Soekarno

Urutan presiden pertama Indonesia adalah Ir. Soekarno. beliau lahir di Surabaya, 6 Juni 1901 dengan nama asli Koesno Sosrodihardjo.

Beliau meninggal di Jakarta, 21 Juni 1970 di usia yang ke-69 tahun. Masa jabatan presiden Soekarno dimulai tanggal 18 Agustus 1945 sampai tanggal 12 Maret 1967.

Selama menjabat sebagai presiden, wakil presiden Soekarno adalah Mohamamad Hatta.

2. Soeharto

Urutan presiden kedua Indonesia adalah Soeharto. Ia lahir di Bantul, Yogyakarta pada 8 Juni 1921. Soeharto kemudian meninggal di Jakarta, 27 Januari 2008 di usia yang ke-86 tahun.

Presiden Soeharto menjadi presiden terlama Indonesia yang menjabat selama 31 tahun. Masa jabatan presiden Soeharto dimulai tanggal 12 Maret 1967 sampai tanggal 21 Mei 1998. Soeharto berasal dari partai Golkar.

3. BJ Habibie

Urutan presiden Indonesia yang adalah BJ Habibie. Ia lahir di Parepare, 25 Juni 1936 dengan nama Bacharuddin Jusuf Habibie. Sebelumnya ia menjadi wakil presiden dari Soeharto.

BJ Habibie menjadi presiden dengan masa jabatan tersingkat, yakni hanya 1 tahun 5 bulan saja. Masa jabatan presiden Habibie dimulai tanggal 21 Mei 1998 sampai tanggal 20 Oktober 1999.

BJ Habibie berasal dari partai Golkar. Uniknya adalah Habibie juga menjadi satu-satunya presiden Indonesia yang berasal dari luar pulau Jawa. Ia juga merupakan seorang ilmuwan dan insiyur terkemuka.

4. H. Abdurrahman Wahid

Urutan Presiden Indonesia keempat adalah presiden K.H Abdurahman Wahid atau populer dengan sebutan Gus Dur.

Beliau lahir di Jombang, 7 September 1940 dan meninggal di Jakarta, 30 Desember 2009 di usia yang ke-69 tahun.

BeIiau merupakan ulama atau tokoh agama dari organisasi Nahdlatul Ulama (NU).

Masa jabatan presiden Gus Dur dimulai tanggal 20 Oktober 1999 sampai tanggal 23 Juli 2001. Gus Dur berasal dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

5. Megawati Soekarnoputri

Urutan Presiden Indonesia yang kelima adalah Megawati Soekarnoputri. Ia lahir di Yogyakarta, 23 Januari 1947 dengan nama lengkap Dyah Pertama Megawati Setyawati Soekarnoputri.

Ia merupakan anak dari Soekarno yang merupakan presiden pertama Indonesia. Megawati menjadi presiden perempuan Indonesia pertama dan satu-satunya sampai saat ini.

Masa jabatan presiden Megawati dimulai tanggal 23 Juli 2001 sampai tanggal 20 Oktober 2004.

6. Susilo Bambang Yudhoyono

Urutan Presiden Indonesia yang keenam adalah Susilo Bambang Yudhoyono. Ia lahir di Pacitan, 9 September 1949.

Ia lebih dikenal dengan nama inisialnya, yaitu SBY. SBY menjadi presiden pertama Indonesia yang terpilih secara langsung lewat pemilu.

Masa jabatan presiden SBY dimulai tanggal 20 Oktober 2004 sampai tanggal 20 Oktober 2014 selama 2 periode terpilih. SBY berasal dari Partai Demokrat.

7. Joko Widodo

Presiden ketujuh Indonesia adalah Joko Widodo. Ia lahir di Surakarta, 21 Juni 1961. Ia lebih akrab dipanggil dengan nama Jokowi.

Masa jabatan presiden Jokowi dimulai tanggal 20 Oktober 2014 dan tetap menjabat sampai sekarang ini. Jokowi berasal dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P).

Nah, itulah Urutan Presiden Indonesia yang mana telah sampai pada presiden yang ketujuh. Presiden merupakan orang nomor 1 di Indonesia, jabatan Presiden Indonesia memiliki peranan penting dalam memimpin negara Indonesia.

8. ???

Lantas, siapakah yang akan menjadi presiden RI selanjutnya?

Keyword: Urutan Presiden Indonesia

Sara Apriana
About Sara Apriana 454 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.