Unsur-Unsur Sejarah | Sebagai Pondasi Terbentuknya Sejarah Itu Sendiri

Unsur-Unsur Sejarah | sebagai Pondasi Terbentuknya Sejarah Itu Sendiri
borobudurnews.com

Unsur Unsur Sejarah – Istilah sejarah berasal dari bahasa Arab yaitu dari kata “syajaratun (شَجَرَةٌ)” yang artinya pohon kayu. Dimana pohon kayu merepresentasikan pertumbuhan suatu peristiwa mulai dari awal mula terjadi (akar) hingga jejak yang ditinggalkan (buah).

Ibarat sebuah pohon, penyebab terbentuknya sebuah peristiwa tentu bermula dari adanya akar yang ditanam. Seiring pertumbuhannya menanamkan kejadian, meninggalkan cerita, dan menjadi pertanyaan di masa yang akan datang.

Jika dirunut maka akan menyajikan kisah yang sistematis terkait proses perubahan dan dinamika kehidupan akibat aktivitas manusia. Kita bisa hidup seperti ini di zaman kini tentu tak lepas dari sejarah yang pernah diukirkan para nenek moyang di masa lampau.


Unsur-Unsur Sejarah


Sejarah dapat terbentuk jika terdapat unsur-unsur yang mengisinya. Secara umum terdiri dari manusia, ruang, dan waktu. Peristiwa tertentu dapat terjadi jika ada manusia yang melakukannya. Sehingga tanpa adanya manusia, tentu tidak ada yang membuat perubahan atau pun kejadian.

Ruang dan waktu adalah unsur wajib setelah manusia. Dimana menjadi pelengkap informasi, dimana dan bagaimana suatu peristiwa dapat terbentuk. Agar lebih dapat dipahami simak ulasan singkat dan padat di bawah ini mengenai unsur-unsur sejarah.

1. Manusia

yuksinau.id

Unsur sejarah yang paling utama adalah manusia sebagai pelaku sejarah. Tanpa adanya manusia maka sejarah tak akan pernah terbentuk. Karena yang menjadi penyebab, pembuat, dan penikmat sejarah secara turun temurun adalah manusia itu sendiri.

Dalam peristiwa peran manusia sekaligus sebagai subjek dan objek. Sejarah itu ada karena adanya aktivitas manusia dalam ruang kehidupan yang membuat suatu perubahan, baik itu buruk dan baiknya.

Jika tidak ada unsur manusia tentu tidak akan terjadi berbagai aktivitas perubahan. Sehingga nantinya di masa mendatang tidak ada yang menceritakan dan menulis kembali tentang peristiwa yang pernah terjadi di masa lalu.

2. Ruang

belajargiat.id

Ruang adalah saksi bisu dimana suatu peristiwa pernah terjadi secara nyata dan meninggalkan jejak sejarah. Tempat terjadinya sejarah dapat bersifat sempit atau luas. Bisa menunjuk pada sebuah lokasi spesifik seperti rumah, desa, medan perang, hingga sebuah negara.

Ruang adalah unsur yang memberikan pemahaman kepada manusia mengenai peristiwa sejarah secara riil. Detail kejadian dan peristiwa dapat ditinjau kembali di ruang tempat sejarah berlangsung. Biasanya banyak jejak peninggalan berupa benda, bangunan, atau bentuk tanda tertentu di sebuah lokasi.

Ruang membagi peristiwa sejarah ke dalam beberapa jenis yaitu sejarah lokal, sejarah daerah, sejarah nasional, sejarah benua, dan sejarah dunia. Semakin jauh batasan geografisnya makan semakin luas cakupan rentetan peristiwa yang dibahas.

3. Waktu

teks.co.id

Terjadinya sebuah peristiwa tentu terikat pada waktu dalam kurun periode tertentu. Artinya peristiwa tersebut terjadi dalam batasan waktu yang sistematis mulai dari awal hingga akhir.

Sebuah peristiwa sejarah tentu saja berisikan segala aktivitas manusia sebagai pelaku sejarah. Kaitannya dengan unsur waktu adalah bagaimana manusia memanfaatkan waktu tersebut untuk keberlangsungan hidup masing-masing.

Waktu terbagi menjadi tiga dimensi yaitu waktu yang lalu, masa sekarang, dan masa yang akan datang. Dimana sejarah pun disajikan secara sistematis berurutan sesuai dengan rangkaian peristiwa terjadinya. Dapat kita simpulkan waktu adalah unsur yang membentuk sejarah dalam kronologi tertentu.

4. Kausalitas

penaindo.com

Sebagai unsur tambahan kausalitas sebuah sejarah perlu disampaikan secara implisit tidak eksplisit. Hubungan sebab akibat peristiwa yang terjadi di masa lampau dan bagaimana menjawab segala pertanyaan itu di masa sekarang.

Mendeskripsikan peristiwa sejarah perlu dikaitkan dengan rangkaian pertanyaan apa, siapa, kapan, dimana, dan bagaimana. Konsep ini menjadi bukti kuat segala pertanyaan terkait penyebab sebuah sejarah pernah terjadi atau tidak.


Nah, itulah elemen atau komponen-komponen yang menjadi pembentuk sejarah. Unsur-unsur tersebut harus nyata keberadaannya sebagai syarat terjadinya suatu peristiwa.

Baca Juga : Unsur-Unsur Negara

Nisalutfi
About Nisalutfi 176 Articles
"home is where the heart is"

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.