Tujuan Pembangunan Ekonomi serta Manfaatnya bagi Bangsa dan Negara

Tujuan Pembangunan Ekonomi serta Manfaatnya bagi Bangsa dan Negara
satujam.com

Tujuan pembangunan ekonomi – Pada postingan sebelumnya kami telah membahas tentang tujuan dari mempelajari ekonomi. Dan kali ini kami juga masih akan berbicara tentang tema ekonomi, tepatnya yakni tujuan dari pembangunan ekonomi.

Seperti yang kita tahu ekonomi adalah hal yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan kita. Ekonomi dapat mempengaruhi banyak aspek seperti kesejahteraan hidup, kesehatan, pendidikan, dan lain sebagainya.

Tersebab itu suatu negara berupaya untuk selalu meningkatkan pembangunan ekonomi, supaya hajat hidup masyarakat dapat terpenuhi dengan mudah dan dapat hidup sejahtera.

Secara sederhana kita bisa mengartikan ekonomi pembangunan sebagai peningkatkan atau kenaikan pendapatan total.

Namun secara rinci mengenai pengertian tersebut akan kami ulas pada tulisan di bawah ini, termasuk juga menyoal tujuan pembangunan ekonomi. Yuk langsung saja simak selengkapnya berikut ini:


Pengertian Pembangunan Ekonomi


Tujuan Pembangunan Ekonomi serta Manfaatnya bagi Bangsa dan Negara
merdeka.com

Terdapat beberapa ahli yang turut serta mendefinisikan istilah pembangunan ekonomi secara jelas, misalnya saja Adam Smith.

Menurut ahli ekonomi satu ini economic development atau pembangunan ekonomi merupakan suatu proses perpaduan pertumbuhan penduduk dan kemajuan teknologi.

Sedangkan pendapat lain datang dari Sadono Sukirno, Ia berpendapat bahwa pembangunan ekonomi adalah suatu usaha yang dilakukan guna meningkatkan pendapatan perkapita melalui pengolahan ekonomi potensial menjadi ekonomi real, misalnya dengan penggunaan teknologi, pengetahuan, keterampilan, peningkatan kemampuan organisasi, dan juga penanaman modal.

Berdasarkan definisi dari dua tokoh di atas, dapat disimpulkan bahwa pembangunan ekonomi merupakan suatu proses upaya peningkatan pendapatan total dan pendapatan perkapita yang diikuti dengan pemerataan pendapatan penduduk di suatu negara, juga perubahan pokok dalam struktur ekonomi.

Pembangunan ekonomi ini berkaitan erat dengan pertumbuhan ekonomi, ia menjadi salah satu indikator terjadinya pembangunan ekonomi di suatu negara. Dan pertumbuhan ekonomi bisa dilihat dari kenaikan GNP riil di negara tersebut.


Tujuan Pembangunan Ekonomi


kupang.tribunnews.com

Setelah memahami pengertian dari pembangunan ekonomi, secara garis besar kita tentu tahu apa tujuan dari pembangunan ekonomi ini.

Ya memang pembangunan tersebut diperlukan untuk tujuan yang baik, yakni supaya masyarakat dapat hidup secara makmur, sejahtera, adil, merata baik materialnya maupun spiritualnya berdasarkan UUD 1945 dan pancasila.

Lebih lanjut tujuan dari pembangunan ini terbagi dalam dua bagian, yakni tujuan jangka pendek dan jangka panjang.

Tujuan jangka pendek adalah untuk menurunkan tingkat kemiskinan, pengangguran, serta inflasi mata uang, atau juga untuk meningkatkan kecerdasan, dan taraf hidup masyarakat, sehingga terwujud masyarakat yang sejahtera.

Sedangkan tujuan jangka panjang adalah untuk menjadikan masyarakat yang adil dan makmur sesuai dengan nilai-nilai pancasila.


Faktor-Faktor yang Mempengaruhi


Tujuan Pembangunan Ekonomi serta Manfaatnya bagi Bangsa dan Negara
bukupedia.net

Untuk melakukan pembangunan ekonomi, terdapat hal-hal yang harus diperhatikan dan dijadikan tolak ukur. Apa itu? Faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Dengan mengetahui faktor-faktor tersebut potensi keberhasilan pembangunan ekonomi dapat dianalisis dengan jelas, begitu pula dengan kekurangan yang ada. Adapun faktor-faktor yang bisa mempengaruhi pembangunan tersebut adalah sebagai berikut:

dosensosiologi.com
  • Adanya sumber daya manusia yang memadai serta sistem pembagian kerja
  • Adanya sumber daya alam yang memadai
  • Tingkat perkembangan teknologi
  • Sistem organisasi yang digunakan
  • Adanya barang modal (baik modal maupun peralatan fisik)

Penutup

Tujuan Pembangunan Ekonomi serta Manfaatnya bagi Bangsa dan Negara
solopos.com

Bagaimana penjelasan di atas? Apakah mudah untuk dimengerti? Kami berharap demikian. Semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat untuk pembaca sekalian.

Demikianlah artikel yang bisa kami sampaikan, sekali lagi semoga bermanfaat. Jika terdapat tambahan saran atau informasi silahkan tulis di kolom komentar ya. Selamat beraktivitas semuanya, sehat dan bahagia selalu.

Keyword: Tujuan Pembangunan Ekonomi

Sara Apriana
About Sara Apriana 455 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.