Tujuan Otonomi Daerah Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian, Fungsi, dan Tujuan Otonomi Daerah di Kehidupan Masyarakat
miung.com

Tujuan otonomi daerah – Indonesia merupakan negara yang terdiri dari banyak kepulauan. Hal ini berarti cakupan wilayah negara Indonesia sangatlah luas.

Meskipun begitu bentuk dari negara Indonesia adalah republik dan disebut dengan Negara Kesatuan republik Indonesia (NKRI).

Artinya daerah atau wilayah-wilayah yang ada adalah satu kesatuan Indonesia, dan bukan termasuk dalam negara bagian.

Tersebab itu untuk mengatur berjalannya pemerintahan, negara Indonesia menerapkan kebijakan yang disebut dengan otonomi daerah.

Secara sederhana otonomi daerah bisa diartikan sebagai hak, kewajiban, dan juga wewenang yang dimiliki suatu daerah untuk mengatur atau mengurus pemerintahan dan kepentingan masyarakatnya sendiri sesuai dengan undang-undnag.

Lalu apa sih tujuan dari diberlakukannya otonomi daerah tersebut? Secara umum tentu untuk memudahkan pemerintah pusat dalam mengelola negara yang memiliki wilayah yang luas ini.

Selain itu wewenang tersebut diberikan kepada daerah karena memang daerah setempat lah yang biasanya paling memahami apa yang dibutuhkan oleh masyarakatnya. Untuk mengetahui tujuan otonomi daerah lebih dalam lagi, yuk simak uraian berikut ini:


Tujuan Otonomi Daerah


Tujuan Otonomi Daerah Beserta Kelebihan dan Kekurangannya
nasional.kompas.com

Tentu kebijakan mengenai otonomi daerah ini dilakukan karena terdapat tujuan-tujuan tertentu untuk kepentingan bersama. Apa saja tujuan tersebut, yuk simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Tujuan Otonomi Daerah: Bidang Ekonomi

 

Sedangkan dari segi ekonomi, otonomi daerah ini bertujuan untuk membuka kesempatan bagi pemerintah daerah dalam mengembangkan kebijakan lokal sehingga potensi yang dimiliki wilayah setempat dapat dioptimalkan dengan baik.

Tujuan Otonomi Daerah: Bidang politik

Tujuan Otonomi Daerah Beserta Kelebihan dan Kekurangannya
nesabamedia.com

Adanya otonomi daerah ini akan melahirkan sebuah proses demokrasi, misalnya penentuan kepala pemerintahan daerah yang dipilih oleh rakyat, sehingga nantinya akan sangat mungkin tercipta penyelenggaraan pemerintahan yang responsif.

Segi Sosial

Dilihat dari perspektif sosial, otonomi yang diberikan kepada daerah dapat menciptakan atau juga melatih masyarakat dalam melihat dan menyikapi dinamika kehidupan di sekitarnya.

Secara lebih detail lagi tujuan dari kewenangan yang diberikan kepada daerah adalah seperti:

Mendorong pemberdayaan masyarakat

Melalui otonomi daerah masyarakat bisa turut berperan aktif dalam organisasi daerah dalam berbagai bidang baik politik, ekonomi, sosial, kesehatan, dan atau yang lainnya seperti PKK, karang taruna, kelompok tani, dll, yang mana organisasi tersebut dapat memberdayakan masyarakat.

Mengembangkan peran dan fungsi DPRD

Unsur penyelenggara pemerintahan di tingkat daerah yang ditunjuk sebagai wadah aspirasi rakyat ini juga bisa menjalankan perannya dengan lebih baik, jika otonomi daerah diberikan oleh pemerintah pusat, sehingga nantinya suara rakyat benar-benar bisa tersampaikan dengan baik.

Meningkatkan pelayanan masyarakat

Tujuan Otonomi Daerah Beserta Kelebihan dan Kekurangannya
moondoggiesmusic.com

Layanan publik bisa mudah diberikan secara merata dan menyeluruh kepada seluruh rakyat di Indonesia, jika setiap daerah memiliki kebijakan atau perwakilan yang memang diberikan wewenang untuk mengaturnya juga.

Sebab sangat sulit jika kebijakan layanan publik di banyak daerah Indonesia harus menunggu pengarahan dari pusat.

Meningkatkan keadilan nasional

Tujuan dari adanya otonomi daerah ini juga untuk meningkatkan keadilan nasional. Karena pemerintah pusat akan memberikan wewenang kepada daerah untuk turut mengatur stabilitas daerahnya masing-masing.


Kelebihan dan Kekurangan Otonomi Daerah


Tujuan Otonomi Daerah Beserta Kelebihan dan Kekurangannya
bandungkab.go.id

Kelebihan Otonomi Daerah

Berikut ini kami sertakan pula contoh kelebihan dari adanya otonomi daerah:

  • Pembangun daerah akan lebih berkembang , pelayanan dan kesejahteraan rakyat pun akan lebih meningkat
  • Pemerintah daerah bisa melihat potensi dan juga kebutuhan masyarakat yang mendasar dan harus segera dipenuhi
  • Pemerintah daerah bersama masyarakat setempat bisa bersama-sama berupaya untuk memajukan daerahnya
  • Dan lain sebagainya

Kekurangan Otonomi Daerah

Sebagaimana dunia ini berjalan, terdapat dua sisi yang berbeda namun tak terpisahkan. Begitu juga dengan kebijakan otonomi daerah ini, selain mempunyai banyak kelebihan, terdapat juga kekurangannya, misalnya:

  • Terkadang kebijakan pemerintah pusat tidak selaras dengan kebutuhan yang ada di daerah sehingga terjadi pertentangan kebijakan yang dapat merugikan masyarakat setempat
  • Memungkinkan terciptanya raja-raja kecil yang bisa mengakibatkan disintegrasi bangsa jikalau pengawasan pemerintah pusat tidak kuat
  • Pengawasan dari pemerintah pusat yang lemah bisa mengakibatkan permasalahan-permasalahan baru akan muncul di setiap daerah misalnya KKN, dan lain sebagainya.

Keyword: Tujuan Otonomi Daerah

Sara Apriana
About Sara Apriana 455 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.