Tujuan Asean Beserta Prinsip Utama yang Wajib Diperhatikan

mfa.go.th

Tujuan Asean – Apa kabar teman-teman semua? Semoga selalu dilimpahkan kesehatan dan kebahagiaan. Kami berharap kita semua dapat bertahan di masa pandemi yang serba tak pasti ini.

Pada kesempatan kali ini kami kembali lagi untuk membagikan informasi yang semoga bisa menambah pengetahuan teman-teman sekalian.

Jika sebelumnya kami telah membahas tentang tugas presiden, kali ini kami akan berbicara tentang tujuan ASEAN.

Barangkali banyak dari teman-teman yang sudah tidak asing lagi dengan istilah ASEAN tersebut, karena memang telah dipelajari di sekolah.

ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) atau yang dalam bahasa Indonesia disebut Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (Perbara) secara sederhana bisa diartikan sebagai organisasi geopolitik dan ekonomi yang terdiri dari negara-negara di Asia Tenggara.

Harapannya dengan adanya ASEAN ini negara-negara di kawasan Asia Tenggara dapat bersama-sama tumbuh dan berkembang baik di bidang ekonomi, sosial, maupun geopolitik.

Untuk mengetahui lebih dalam apa sih sebenarnya tujuan didirikannya ASEAN yuk simak penjelasan mengenai prinsip, dan tujuan ASEAN di bawah ini:

Tujuan Asean

Tujuan Asean Beserta Prinsip Utama yang Wajib Diperhatikan
aa.com.tr

ASEAN didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967, dan dideklarasikan oleh negara Indonesia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Malaysia, di Bangkok.

Tentu dibentuknya organisasi tersebut karena terdapat tujuan atau cita-cita bersama yang harus diwujudkan oleh negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Secara umum tujuan dari ASEAN ini adalah untuk meningkatkan dan memajukan ekonomi, budaya, dan juga menjaga perdamaian di antara negara-negara anggota. Sedangkan tujuan ASEAN secara rinci dapat disimak pada penjelasan berikut.

  1. Meningkatkan ekonomi secara lebih cepat, memajukan dan mengembangkan sosial dan budaya dengan semangat kesamaan, kolektivitas, dan persahabatan sehingga dapat menguatkan landasan masyarakat di negara-negara anggota.
  2. Menjaga perdamaian dan stabilitas regional dengan saling menghormati keadilan dan mematuhi hukum sesuai dengan prinsip perserikatan bangsa-bangsa di dalam hubungan antar negara
  3. Membentuk kerjasama yang baik sehingga antar negara-negara anggota dapat saling membantu dalam memecahkan berbagai persoalan baik di bidang ekonomi, teknik, ilmu pengetahuan, sosial, budaya, dan lain sebagainya.
  4. Meningkatkan kerjasama dalam bidang pertanian, industri, perluasam perdagangan, perbaikan angkutan transportasi, komunikasi secara lebih efektif sehingga taraf hidup rakyat di masing-masing negara anggota pun menjadi lebih meningkat.
  5. Memberikan bantuan dalam bidang pendidikan, sarana latihan serta penelitian antar negara-negara ASEAN
  6. Menguatkan dan menjaga kerjasama yang menguntungkan dengan organisasi lain baik organisasi internasional maupun regional yang memiliki tujuan sama.
  7. Memperbanyak studi-studi tentang Asia Tenggara

Prinsip Utama ASEAN

 

Tujuan Asean Beserta Prinsip Utama yang Wajib Diperhatikan
thebellebrigade.com

Sebagaimana organisasi lainnya, ASEAN juga memiliki prinsip yang dijadikan landasan atau dasar dalam menjalankan organisasi tersebut.

Prinsip ini nantinya juga akan memberikan gambaran secara jelas sikap dalam berhubungan antar negara. Adapun prinsip utama yang tidak boleh dilanggar tersebut di antaranya adalah:

  • Tidak campur tangan dalam urusan dalam negeri di antara masing-masing negara
  • Menyelesaikan perselisihan atau sengketa dengan cara yang baik dan damai
  • Tidak menggunakan kekerasan juga ancaman dalam menghadapi apapun
  • Menjalin kerjasama antar negara anggota secara efektif
  • Menghargai dan menghormati kemerdekaan, kedaulatan, identitas nasional, dan integritas teritorial di antara negara-negara anggota
  • Setiap negara berhak memimpin kehadiran nasional tanpa paksaan dari pihak luar

 

 

Penutup

Apakah penjelasan di atas cukup mudah dipahami? Kami berharap demikian. Semoga informasi yang telah diuraikan di atas dapat bermanfaat untuk pembaca sekalian.

Demikianlah artikel tentang tujuan ASEAN yang bisa kami sajikan. Sekali lagi semoga bermanfaat. Selamat beraktivitas, sehat selalu kawan-kawan semua.

Nisalutfi
About Nisalutfi 176 Articles
"home is where the heart is"

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.