Tugas PPKI dalam Sejarah Kemerdekaan Republik Indonesia

haruspintar.com

Tugas PPKI – Jika sebelumnya kami telah membahas tentang tugas BPUPKI, maka pada kesempatan yang berbahagia ini kami akan membagikan tulisan tentang tugas PPKI.

Seperti yang kita tahu BPUPKI dan PPKI merupakan badan yang bertugas untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Keduanya dibentuk oleh pemerintah Jepang dan kemudian dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh para pejuang indonesia.

PPKI atau yang disebut juga dengan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia bertujuan untuk mewadahi ide atau konsep para anggotanya dalam merumuskan dasar negara Indonesia.

Meskipun beberapa pejuang meragukan PPKI karena merupakan buatan Jepang, tetapi pada akhirnya panitia tersebut cukup berkontribusi banyak dalam menyiapkan kemerdekaan Indonesia.

Dan tentunya karena semangat persatuan rakyat Indonesia, terutama juga para pejuang baik yang tergabung dalam PPKI maupun tidak, Kemerdekaan Indonesia dapat diraih.

Oleh sebab itu sebagai warga negara Indonesia yang hidup pada era kemerdekaan sudah selayaknya  jika kita mempelajari sejarah kemerdekaan Indonesia sebagai bahan pembelajaran di masa mendatang.

Salah satu peristiwa sejarah yang patut kita pelajari adalah tentang PPKI termasuk juga tugas PPKI, seperti yang akan kami jelaskan pada tulisan di bawah ini:

Sejarah Terbentuknya PPKI

Tugas PPKI dalam Sejarah Kemerdekaan Republik Indonesia
arixiana.com

Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia dibentuk setelah BPUPKI dibubarkan, tepatnya yakni pada tanggal 7 Agustus 1945.

Hal tersebut karena memang BPUPKI dianggap telah menyelesaikan tugasnya dengan baik. Namun untuk lebih fokus mempersiapkan kemerdekaan maka dibentuklah PPKI sebagai wadah dalam menyusun dasar negara.

PPKI Diketuai oleh Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta sebagai wakil ketua. Dengan izin seorang marsekal Jepang bernama Hisaichi Terauchi maka PPKI mulai melaksanakan tugasnya.

Mulanya hanya beranggotakan 21 orang yang terdiri dari 12 orang berasal dari Jawa, 1 dari Kalimantan, 1 dari Nusa Tenggara, 1 dari Maluku, dari 3 orang dari Sumatera, 2 orang dari sulawesi, dan 1 orang dari golongan Tionghoa.

Jumlah anggota tersebut kemudian bertambah 6 orang tanpa sepengetahuan Jepang, sehingga jumlah total anggota PPKI adalah 27 orang.

Tugas PPKI

Tugas PPKI dalam Sejarah Kemerdekaan Republik Indonesia
pedomanbengkulu.com

Lalu apa sih sebenarnya tugas dari PPKI? Persiapan apa yang dilakukan PPKI dalam upaya memperoleh kemerdekaan Indonesia? Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut yuk simak penjelasan tugas PPKI berikut ini:

Merumuskan dan meresmikan konstitusi

Tugas PPKI dalam Sejarah Kemerdekaan Republik Indonesia
freedomsiana.com

Selayaknya sebuah negara, maka ia harus memiliki konstitusi tertentu untuk mengatur berjalannya negara supaya ia bisa menjadi tempat yang layak untuk semua rakyatnya.

Oleh karena itu Ir.Soekarno mengusulkan untuk membuat pernyataan kemerdekaan Indonesia dalam dua bentuk yakni proklamasi dan deklarasi.

Proklamasi berisi pernyataan singkat yang tujuannya untuk memberikan pengumuman kepada semua rakyat bahwa Indonesia telah merdeka.

Sedangkan deklarasi ini pernyataan kemerdekaan yang disertai dengan konstitusi, yang dalam hal ini adalah Undang-Undang 1945.

Merumuskan, menyusun, dan mengesahkan dasar negara

Tugas PPKI dalam Sejarah Kemerdekaan Republik Indonesia
infokekinian.com

Selain konstitusi hal yang tak kalah penting yang wajib ada dalam suatu negara adalah dasar negara. Dasar negara ini tercantum dalam konstitusi.

Dasar negara menjadi pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sehingga hak dan kewajiban pemerintah dan rakyat bisa terlaksana dengan baik. Dasar negara juga mencerminkan kepribadian suatu bangsa.

PPKI kemudian berhasil merusmukan pancasila sebagai dasar negara Indonesia, olah karena itu wajib bagi kita untuk mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Tugas PPKI: Membentuk pemerintahan

Selain kedua tugas yang telah disebutkan di atas, PPKI juga bertugas untuk mempersiapkan pemerintahan, yang di dalamnya termasuk menentukan bentuk pemerintahan, tugas, fungsi, wewenang presiden, wakil, lembaga negara, dan berbagai hal lainnya.

Tugas PPKI: Memberi kejelasan terhadap wilayah Indonesia

Tugas PPKI dalam Sejarah Kemerdekaan Republik Indonesia
nusantaranews.co

Karena pada mulanya Indonesia belum memiliki kepastian wilayah, maka dalam mempersiapkan kemerdekaannya PPKI juga bertugas menentukan kejelasan wilayah. Sebab wilayah merupakan salah satu unsur penting dalam terbentuknya sebuah negara.

Tugas- tugas di atas pada akhirnya berhasil dilaksanakan dengan baik oleh seluruh anggota PPKI dalam sidang pertama sampai sidang ketiga, yakni pada tanggal 18, 19, dan 22 Agustus.

 
Nisalutfi
About Nisalutfi 176 Articles
"home is where the heart is"

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.