Tugas BPUPKI Setelah Sidang Beserta Sejarah Terbentuknya

√ Tugas BPUPKI Setelah Sidang Beserta Sejarah Terbentuknya
olympics30.com

Tugas BPUPKI – Dalam buku sejarah yang dipelajari di bangku sekolah, kita telah diperkenalkan dengan sebuah badan yang diberi nama BPUPKI.

Istilah tersebut adalah singkatan dari Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Sebagaimana namanya tentu saja badan tersebut berkaitan erat dengan persiapan kemerdekaan negara Indonesia.

Indonesia merupakan negara yang pernah dijajah oleh beberapa negara seperti Belanda dan Jepang. Belanda dengan waktu yang sangat sangat lama dan jepang dalam waktu yang singkat tetapi juga tetap saja menimbulkan banyak penderitaan.

Nah BPUPKI ini didirikan oleh pemerintah pendudukan balatentara Jepang pada masa Jepang menguasai Indonesia.

Badan ini sebenaranya merupakan cara Jepang untuk menarik simpati masyarakat Indonesia supaya tetap mendukung pemerintahan Jepang.

Lebih lanjut mengenai latar belakang berdirinya BPUPKI secara rinci, tugas, dan bahkan juga anggotanya akan kami uraikan satu persatu pada tulisan di bawah ini. yuk simak sampai habis.


Sekilas tentang BPUPKI


Tugas BPUPKI Setelah Sidang Beserta Sejarah Terbentuknya
tirto.id

Pada mulanya memang benar badan ini dibentuk oleh pemerintah Jepang sebagai upaya untuk meyakinkan rakyat Indonesia bahwa meskipun di bawah kekuasaan Jepang, Indonesia akan diberi kemerdekannya sendiri.

Tetapi kemudian pembentukan badan tersebut tentu saja dimanfaatkan oleh para pejuang untuk benar-benar mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.

Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) atau yang dalam bahasa Jepang disebut Dokuritsu Junbi Chōsa-kai dibentuk dan diumumkan oleh Kumakichi Harada pada tanggal 1 Maret 1945.

Badan yang diketuai oleh Dr. Kanjeng Raden Tumenggung Radjiman Wedyoningrat, dan Ichibangase Yosio serta Raden Pandji Soeroso sebagai wakil ketua, memiliki anggota 67 orang.

BPUPKI tidak bertahan lama, karena lima bulan kemudian tepatnya pada tanggal 7 Agustus 1945 BPUPKI dibubarkan dan diganti dengan PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia). Badan ini dibubarkan karena memang dianggap telah menyelesaikan tugasnya.


Tugas-Tugas BPUPKI


Tugas BPUPKI Setelah Sidang Beserta Sejarah Terbentuknya
dictio.id

Secara umum barangkali jelas kita tahu apa tugas dari pembentukan badan tersebut. Bahwa utamanya BPUPKI ditugaskan untuk menyelidiki dan menyiapkan hal-hal yang berkaitan dengan upaya pembentukan negara Indonesia merdeka, baik pada aspek ekonomi maupun politik.

Tetapi secara rinci tugas atau tujuan dari BPUPKI berdasarkan sidang akan kami uraikan di bawah ini, yuk simak penjelasannya:

  • Menyusun rancangan dasar negara Indonesia
  • Membahas rancangan dasar negara Indonesia
  • Melakukan reses atau kegiatan di luar sidang dalam satu bulan
  • Membuat Panitia Sembilan sebagai wadah untuk menampung saran dan konsep dasar negara dari para anggota
  • Membantu tugas kepanitian yang telah dibentuk

Tugas BPUPKI: Hasil Sidang


Tugas BPUPKI Setelah Sidang Beserta Sejarah Terbentuknya
kompas.com

Dalam kurun waktu yang cukup singkat, Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia telah melaksanakan dua kali sidang yakni pada 29 Mei- 1 Juni 1945 sidang pertama, dan 10-17 Juli 1945 sidang kedua.

Kedua sidang tersebut menghasilkan keputusan-keputusan yang sangat membantu dalam persiapan kemerdekaan.

Pada sidang pertama, BPUPKI telah berhasil membentuk panitia sembilan, yang juga berhasil menyusun rancangan dasar negara yang disebut dengan Piagam Jakarta. Adapun poin penting yang terdapat dalam Piagam Jakarta adalah Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Permusyawaratan, dan Keadilan Sosial.

Sedangkan pada sidang BPUPKI kedua menghasilkan UUD 1945 yang di dalamnya memuat pernyataan kemerdekaan Indonesia.

Selain itu sidang tersebut juga menyepakati bahwa bentuk dari negara ini adalah Negara Kesatuan republik Indonesia.

Tak hanya itu, sidang tersebut juga membahas wilayah yang menjadi bagian dari Indonesia yakni meliputi Kalimantan Utara, Pulau Jawa, Papua, Malaya dan pulau-pulau sekitarnya.

 


Anggota BPUPKI


Tugas BPUPKI Setelah Sidang Beserta Sejarah Terbentuknya
seputarsejarah.com

Untuk mengetahui lebih dalam lagi mengenai BPUPKI, tidak ada salahnya kalau kita juga mengetahui anggota-anggota yang tergabung di dalamnya, di antara 67 anggota akan kami sajikan nama-nama 20 anggota BPUPKI, semoga bisa menambah pengetahuan pembaca sekalian:
  1. Soekarno
  2. Mohammad Hatta
  3. Mohammad Yamin
  4. Susanto Tirtoprojo
  5. Parada Harahap
  6. Effendi Kusumaatmaja
  7. Samsi Sastrawidagda
  8. Agus Muhsin
  9. Ruslan Wongsokusumo
  10. Margono Joyohadikusumo
  11. Sukiman Wiryosanjoyo
  12. Bagus Hadikusumo
  13. Abdul Kadir
  14. Kahar Muzakir
  15. Otto Iskandardinata
  16. Ario Husein
  17. Ahmad Subarjo
  18. Ruseno Suryohadikusumo
  19. Panji Surahman
  20. KH Wahid Hasyim

Keyword: Tugas BPUPKI

Sara Apriana
About Sara Apriana 454 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.