Ruang Lingkup Sejarah dan Contohnya | Peristiwa, Kisah, Ilmu dan Seni

cc.com

Sejarah merupakan suatu peristiwa yang terjadi pada masa lalu namun dan bisa diketahui pada masa sekarang atau masa mendatang dengan melalui peninggalan-peninggalan atau informasi mengenai masa lalu tersebut.

Untuk mempermudah dalam mengumpulkan informasi mengenai sejarah, terdapat 3 sumber sejarah yang dapat digunakan, yakni lisan, tulisan dan benda. Selain itu sejarah juga terdapat konsep, unsur-unsur, macam-macam, kaitan sejarah dengan ilmu dan ruang lingkupnya.

Dalam ruang lingkup sejarah sendiri tiap ruang lingkupnya memiliki penjelasan, unsur dan cirinya masing-masing. Tiap ruang lingkup sejarah juga mendasari tiap sejarah yang terbagi sesuai dengan ruang lingkupnya.


Ruang Lingkup Sejarah


Ruang lingkup sejarah terbagi menjadi 4, berikut merupakan penjelasan dan contohnya:

1. Sejarah sebagai Peristiwa

√ Ruang Lingkup Sejarah dan Contohnya | Peristiwa, Kisah, Ilmu dan Seni
theatlantic.com

Sejarah sebagai peristiwa merupakan peristiwa atau kejadian sejarah yang umumnya sudah terjadi dan benar-benar ada, nyata serta aktual. Poin utamanya adalah peristiwa atau kejadian tersebut benar-benar terjadi di masa lalu.

Sejarah sebagai peristiwa juga harus adanya sebab akibat yang ada di dalam konteks pelaku/tokoh, waktu dan juga tempat. Selain itu peristiwa tersebut juga baru bisa dikatakan penting jika berpengaruh pada peristiwa lainnya, baik pada masa yang sama, sekarang atau mendatang.

Sesuai dengan cirinya, yang mana sejarah sebagai peristiwa dapat dikatakan tidak berubah, dan memiliki pengaruh atau dampak dari peristiwa yang menjadi sejarah tersebut.

Contoh sejarah sebagai peristiwa diantaranya adalah:

  • Sejarah pertempuran 10 november
  • Sejarah peristiwa kemerdekaan Indonesia
  • Sejarah pertempuran lautan api
  • Sejarah bom atom yang terjadi di Hiroshima dan Nagasaki

2. Sejarah sebagai Ilmu

√ Ruang Lingkup Sejarah dan Contohnya | Peristiwa, Kisah, Ilmu dan Seni
ipsmudah.com

Umumnya sejarah sebagai ilmu membahas tentang suatu kebenaran atau kenyataan dari sejarah itu sendiri secara objektif dan melakukan penelitian serta mengkaji peristiwa sejarah.

Untuk mendapatkan fakta atau kebenaran yang ada pada sejarah, pada ruang lingkup ini digunakanlah pemikirian rasional dan juga objektif. Sehingga pada akhirnya sejarah dapat digunakan sebagai ilmu pengetahuan dan sarana pendidikan serta menambah wawasan.

Sebagia ilmu, sejarah dalam ruang lingkup ini memiliki beberapa syarat ilmiah yang diantaranya adalah empiris, objek, teori, kesimpulan umum, metode ilmiah atau metode penilitan.

Contoh sejarah sebagai ilmu diantaranya adalah:

  • Sejarah masuknya Islam ke Indonesia
  • Sejarah masuknya agama Hindu dan Budha ke Indonesia
  • Sejarah asal usul nenek moyang bangsa Indonesia teori nusantara

3. Sejarah sebagai Kisah

√ Ruang Lingkup Sejarah dan Contohnya | Peristiwa, Kisah, Ilmu dan Seni
stephenhicks.org

Sejarah sebagai kisah umumnya dapat diartikan sebagai sejarah yang terdiri dari rangkaian cerita dalam bentuk narasi dan disusun dengan didasarkan pada ingatan, tafsir atau juga kesan-kesan mengenai peristiwa atau kejadian sejarah yang ada di masa lalu.

Dalam lingkup ini, kisah sejarah dapat disajikan atau disampaikan baik dalam bentuk lisan atau tulisan. Kisah sejarahnya pun bisa berbeda-beda bergantung pada pihak mana dan siapa yang menceritakan kisah sejarah tersebut.

Jika lisan, maka kisah sejarah disampaikan dalam bentuk ceramah, pidato, atau pengajaran. Sedangkan dalam bentuk tulisan, kisah sejarah dapat disajikan melalui media buku, cerita pendek, arsip cetak, atau tulisan dalam media digital.

Contoh sejarah sebagai kisah diantaranya adalah:

  • Sejarah kisah mengenai wali songo
  • Sejarah kisah ken arok
  • Sejarah kisah ratu kidul

4. Sejarah sebagai Seni

√ Ruang Lingkup Sejarah dan Contohnya | Peristiwa, Kisah, Ilmu dan Seni
wikuwik.com

Sejarah sebagia seni umumnya dapat dikatakan sebagai sejarah yang terungkap atau tersampaikan sejarahnya melalui bentuk karya seni. Dalam lingkup ini, sejarawan perlu memiliki intuisi, imajinasi, emosi dan juga gaya bahasa untuk menulis sejarah.

Intuisi digunakan untuk memiliih objek atau bahan yang akan dirangkai faktanya menjadi sebuah tulisan sejarah. Imajinasi digunakan untuk menyusun fakta yang ditemukan atau makna filosofis berdasarkan bahan atau objek yang diteliti.

Emosi digunakan untuk dapat menyatukan perasaan dan objeknya dan menulisnya menggunakan gaya bahasa yang lugas dan juga hidup agar pembaca yang membaca tulisan sejarah tersebut mudah untuk mengerti dan memahami.

Contoh sejarah sebagai seni diantaranya adalah:

  • Seni pahatan dan ukiran yang terdapat di candi-candi
  • Patung yang terdapat di candi-candi
  • Tarian daerah
  • Wayang kulit

Keyword: Ruang Lingkup Sejarah

Nisalutfi
About Nisalutfi 144 Articles
"home is where the heart is"

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.