Ruang Lingkup Ekonomi Makro | Aspek Kajian dan Pembahasannya

Ruang Lingkup Ekonomi Makro | Teori dan Kebijakan
kilaskementrian.kompas.com

Ruang lingkup ekonomi makro sangat besar dan luas, seperti halnya arti dari kata makro yang berarti besar. Ekonomi makro merupakan bagian ilmu ekonomi yang mengkaji permasalahan dalam bidang ekonomi secara agregatif (keseluruhan).


Ruang Lingkup Ekonomi Makro



Dimana dalam ekonomi makro dipelajari tindakan ekonomi rumah tangga konsumen, produsen, rumah tangga negara, serta masyarakat luar negeri. Para pelaku ekonomi tersebut saling berinteraksi untuk memenuhi kepentingan masing-masing secara menguntungkan.

Interaksi antarpelaku ekonomi tersebut dapat dilihat pada aspek kajian ekonomi makro. Sebut saja pendapatan nasional, pembangunan dan pertumbuhan ekonomi, ketenagakerjaan, indeks harga dan inflasi, kebijakan moneter dan fiskal, serta perdagangan internasional.

Cakupan teori ekonomi makro meliputi hal-hal tersebut. Gunanya mempelajari ekonomi makro agar kita dapat mengetahui permasalahan ekonomi dalam tingkat masyarakat dan negara. Tak hanya itu, berbagai kebijakan ekonomi yang berkaitan dengan pengelolaan dan pengendalian ekonomi secara keseluruhan juga dapat dipahami.

Ruang Lingkup Ekonomi Makro

1. Pendapatan Nasional

Berhasil atau tidaknya perekonomian suatu negara dapat dilihat dari hasil perhitungan pendaapatan nasional serta produk nasionalnya. Pendapatan nasional merupakan ukuran penting kinerja ekonomi, baik dalam jangka waktu pendek maupun jangka panjang.

Pendapatan nasional merupakan semua pendapatan yang diterima oleh seluruh anggota masyarakat atau rumah tangga keluarga pada suatu negara dalam jangka waktu tertentu. Segala bentuk aktivitas akonomi penduduk akan mempengaruhi tingkat pendaptan nasional.

finance.detik.com

2. Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi

Pembangunan ekonomi merupakan sebuah proses peningkatan pendapatan total dengan mempertimbangkan pemerataan pendapatan dan pertambahan penduduk. Sementara itu pertumbuhan ekonomi memiliki ruang lingkup yang lebih sempit daripada pembangunan ekonomi.

Pertumbuhan ekonomi merupakan kenaikan kemampuan negara atau daerah dalam menyediakan barang ekonomi bagi penduduknya. Dapat dikatakan bahwa pertumbuhan ekonomi sebagai sebuah proses perubahan kondisi perekonomian suatu negara secara berkesinambungan ke arah yang lebih baik.

liputan6.com

3. Ketenagakerjaan

Sesuai dengan Undang Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, yang dimaksud dengan ketenagakerjaan adalah segala aspek yang berhubungan dengan tenaga kerja pada saat sebelum, selama, dan sesudah masa kerja. Jenis-jenis tenaga kerja secara garis besar terbagi menjadi dua, diantaranya tenaga kerja menurut keahlian dan tenaga kerja menurut fungsi dalam perusahaan.

prinsip ekonomi makro
hestanto.web.id

4. Indeks Harga dan Inflasi

Indeks harga merupakan sesuatu yang digunakan pakar statistik dan ekonomi untuk mengukur perubahan harga dari waktu ke waktu. Biasanya indeks harga digunakan sebagai alat pembanding antara tingkat harga pada tahun tertentu dengaan tahun dasar.

Inflasi merupakan bagian dari ruang lingkup ekonomi maakro, inflasi mempengaruhi daya beli masyarakat terutama bagi masyarakat yang berpenghasilan tetap. Laju inflasi dapat diukur dengan membandingkan tingkat harga komoditas saat ini dengan tingkat harga komoditas tersebut pada periode sebelumnya.

Inflasi menggambarkan kondisi dimana harga barang secara umum mengalami kenaikan terus menerus atau menurunnya nilai riil mata uang dalam negeri. Kenaikan harga satu dua barang belum bisa dikatakan sebagai sebuah inflasi. Dapat dikatakan sebagai iflasi apabila kenaikan barang tersebut berdampak luas terhadap barang lain.

 

money.kompas.com

5. Kebijakan moneter dan Fiskal

Kebijakan moneter merupakan suatu kebijakan yang dilakukan pemerinntah melalui Bank Indonesia untuk mempertahankan, menambah, atau mengurangi jumlah uang yang beredar. Adanya kebijakan moneter menjadi salah satu cara untuk menjaga kestabilan moneter dan kestabilan ekonomi negara.

Sementara kebijakan fiskal atau kebijakan anggaran merupakan tindakan pemerintah dalam hal anggaran belanja negara yang mempengaruhi jalannya perekonomian. Dapat dikatakan jika kebijakan fiskal merupakan kebijakan pemerintah dalam mengatur penerimaan dan pengeluaran negara untuk mempengaruhi perekonomian nasional.

merdeka.com

 

 

6. Perdagangan Internasional

Konsep perdagangan internasional sifatnya lebih kompleks daripada perdagangan domestik. Hal itu dikarenakan hubungan perdagangan ini melintasi batas-batas negara dan berhubungan dengan pemerintahan negara lain. Kegiatan utama dalam perdagangan internasional adalah ekspor dan impor.

 

 

 

Keyword: Ruang Lingkup Ekonomi Makro

Sara Apriana
About Sara Apriana 444 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.