Prinsip Geografi (Distribusi, Interelasi, Deskripsi, Korologi)

Penjelasan 4 Prinsip Geografi (Distribusi, Interelasi, Deskripsi, Korologi) Beserta Contohnya
uniqpost.com

Prinsip Geografi – Secara teoritis, terdapat empat princip dalam geografi, antara lain ada prinsip persebaran, interelasi, deskriptif, dan  korologi. Prinsip-prinsip tersebut digunakan dalam menguraikan, mengkaji, mengungkap gejala, faktor, variabel, serta masalah geografi.


Prinsip Geografi



Saat melakukan pendekatan terhadap objek yang dipelajari, princip-princip geography harus selalu menjiwai atau disertakan dalm penelitian. Objek geografi sangatlah luas karena berkaitan dengan seluruh gejala atau fenomena di muka bumi yang berkaitan dengan kehidupan manusia.

Timbulnya gejala-gejala alam tidak dapat diminta maupun ditolak oleh manusia. Selain itu, corak kehidupan manusia sedikit banyak dipengaruhi oleh fenomena alam yang ada. Dapat dikatakan bahwasannya fenomena atau gejala alam mendukung sekaligus membatasi aktivitas manusia. Seihngga manusia harus menyesuaikan diri dengan alam sekitarnya.

Beberapa fenomena alam yang mempengaruhi kehidupan manusia, antara lain iklim dan cuaca, gempa bumi, aktivitas vulkanik, dan morfologi bumi. Masing-masing gejala alam itu mempunyai pengaruh yang berbeda-beda terhadap kehidupan manusia.

Sehubungan dengan hal itu dalam setiap kajian geografi diperlukan pendekatan serta prinsip-pronsip dalam mempelajari objek tertentu. Berikut ini penjelasan singkat masing-masing princip geografi:

Prinsip Persebaran

prinsip geografi
nesabamedia.com

Di permukaan bumi terdapat gejala dan fakta yang tersebar secara tidak merata meliputi bentang alam, tumbuhan, hewan, termasuk juga manusia. Untuk mengkaji sebaran ini tentu diperlukan prinsip persebaran dalam memperhatikan serta menggambarkan persebaran fenomena-fenomena di muka bumi.

Termasuk dalam membaca atau menginterpretasikan peta kita bisa melihat sebaran gejala yang ddimaksud dan mengkajinya. Hubungan satu gejala dengan gejala lainnya juga bisa terungkap secara menyeluruh lewat prinsip ini.

Prinsip Interelasi

Suatu hubungan saling terkait dalam ruang antara gejala atau fenomena-fenomena yang satu dengan lainnya merupakan prinsip interelasi. Setelah suatu gejala dikaji sebarannya tentu hubungan-hubungan antar gejala tersebut dapat dikaji lewat prinsip interelasi.

Hubungan antar faktor fisis maupun manusia dapat terlihat dari sini. Berdasarkan prinsip interelasi ini juga karakteristik gejala dan fakta geografi di wilayah tertentu dapat diungkapkan.

Prinsip Deskripsi

prinsip geografi
gurugeografi.id

Melalui prinsip deskripsi gejala atau fenomena geografi yang sedang dikaji dapat dijelaskan lebih jauh. Deskripsi fenomena-fenomena geografi dapat disajikan lewat kata-kata atau tulisan. Selain itu deskripsi fenomena atau gejala juga bisa disajikan lewat gambar, diagram, grafik, tabel, maupun peta.

Sebaran gejala dan hubungan antara gejala-gejala tersebut juga dapat dijelaskan lebih lanjut dengan prinsip deskripsi. Pada studi geografi adanya prinsip deskripsi memang untuk memberikan gambaran lebih jauh mengenai kedua princip sebelumnya.

Prinsip Korologi

Apa yang dimaksud dengan prinsip korologi dapat dikatakan sebagai prinssip yang lebih kompleks karena mengkaji semua prinsip sebelumnya. Gejala, fakta, maupun fenomena geografi disuatu tempat ditinjau sebarannya, interelasinya, interaksinya, dan integrasinya dalam ruang. Hal ini dikarenakan suatu ruang akan memberikan karakteristik pada kesatuan gejala.

Korologi merupakan princip geografi yang komprehensif karena memadukan prinsip-prinsip yang lainnya. Adanya princip korologi merupakan ciri dari geografi modern. Pada prinsip korologi, semua gejala, fakta, dan masalah geografi ditinjau dari segi sebaran serta interelasinya dalam ruang.

Faktor sebab akibat terjadinya suatu gejala dan masalah selalu terjadi dan tidak dapat dipisahkan dari ruang terjadinya. Setiap kejadian pasti terjadi di suatu ruang karena itu keduanya saling berkaitan. Ruang ini memberikan karakteristik pada kesatuan gejala, kesatuan fungsi, dan kesatuan bentuk.

Semua prinsip diatas digunakan sebagai landasan dalam menjelaskan suatu fenomena atau gejala yang terjadi. Prinsip juga berfungsi sebagai pegangan atau pedoman dasar dalam memahami fenomena tertentu. Dengan prinsip yang dimiliki, suatu gejala atau fenomena yang terjadi di muka bumi, dapat dipahami melalui princip-princip geografi.

 

 

Keywords: Geography, Princip

Sara Apriana
About Sara Apriana 444 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.