Perbedaan Pasar Uang dan Pasar Modal serta Penjelasannya

Perbedaan Pasar Uang dan Pasar Modal serta Penjelasan Lengkapnya
apaperbedaan.com

Perbedaan pasar uang dan pasar modal dapat diketahui secara langsung bahkan dari katanya saja. Mengenai perbedaan yang lebih jelas dapat diketahui dari definisi keduanya. Berikut ini definisi pasar uang dan pasar modal.


Perbedaan Pasar Uang dan Pasar Modal



Pasar uang adalah pasar instrumen jangka pendek sertifikat deposito yang dapat dipindahtangankan. Contohnya saja sertifikat deposito Eurodolar, surat berharga komersial, dan treasury bills. Persamaan diantara instrumen-instrumen tersebut adalah bersifat likuid serta aman. Biasanya pasar uang dioperasikan oleh para dealer.

maxmanroe.com

Sementara pasar modal merupakan pasar yang menjadi sarana bagi perusahaan dan pemerintah untuk memperoleh dana jangka panjang dengan cara menjual saham atau obligasi. Melihat dua pengertian tersebut kita sudah mendapat sedikit gambaran mengenai apa itu pasar uang dan pasar modal.

Kedua pasar tersebut termasuk atau bisa dikatakan sebagai pasar keuangan yang terdapat dalam suatu sistem keuangan. Dapat dikatakan bahwa pasar uang mempunyai kegiatan berupa pembelian dan penjualan instrumen kredit dengan jangka waktu pendek atau kurang dari setahu. Sedangkan pasar modal memiliki kegiatan berupa pembelian dan penjualan instrumen kredit dengan jangka waktu yang panjang (lebih dari setahun) dan juga instrumen modal.

Pasar Uang

 

belajarcuan.com

 

istilah pasar uang atau money market merupakan pertemuan dalam sebuah pasar abstrak untuk memperoleh demand dan supply dana jangka pendek. Dalam pasar uang valuta asing diperlukan untuk membayar kegiatan ekspor impor serta utang luar negeri.

Ciri khas dari pasar uang adalah menekankan pada pemenuhan dana jangka pendek. mekanisme pasar uang ditekankan untuk mempertemukan pihak yang memiliki kelebihan dana dan yang membutuhkan dana. Tidak terikat pada tempat tertentu seperti halnya pasar modal.

Di dalam istilah keuangan dikenal juga PUAB atau Pasar Uang Antar Bank. Dimana di dalamnya terdapat kegiatan pinjam meminjam dana jangka pendek antarbank yang dilakukan melalui jaringan komunikasi elektronik.

Adapula istilah pasar uang ketat. Dimana kondisi pasar tersebut ditandai dengan tingkat penawaran uang yang lebih rendah daripada permintaan yang cenderung mengakibatkan naiknya tingkat suku bunga.

Pasar Modal

 

 

 

selera.id

Di dalam pasar modal dikenal istilah saham dan obligasi. Lalu apa itu saham dan obligasi. Saham adalah surat bukti kepemilikan atau bagian modal suatu perseroan terbatas yang dapat diperjual belikan baik di dalam maupun di lluar pasar modal. Saham juga merupakan klaim atas penghasilan dan aktiva perusahaan juga memberikan hak atas deviden sesuai dengan bagian modal disetor seperti yang telah ditentukan dalam anggaran dasar perusahaan.

Obligasi merupakan dokumen bermaterai yang menyatakan bahwa penerbitnya akan membayar kembali utang pokoknya pada waktu tertentu dan secara berkala akan membayar kupon kepada pemegang obligasi. Biasanya obligasi diikat dengan sebuah jaminan yang dapat dijual untuk melunasi klaim jika emiten gagal membayar kupon serta pokok pada saat jatuh tempo.

seputarforex.com

baca juga https://kumpulanilmu.com/ilmu-sosial/perbedaan-saham-dan-obligasi/

Modal pinjaman merupakan utang yang didukung oleh instrumen atau warkat yang memiliki sifat seperti modal dan memiliki ciri-ciri, seperti:

1. Tidak dijamin oleh bank yang bersangkutan dan disamakan dnegan modal yang telah dibayar penuh.

2. Tidak dapat dilunasi atau ditarik atas inisiatif pemilik tanpa persetujuan Bank Indonesia

3. Memiliki kedudukan sama dengan modal dalam hal jumlah kerugian bank melebihi laba ditahan dan cadangan yang termasuk dalam modal inti meskipun bank belum dilikuidasi.

4. Pembayaran bunga dapat ditangguhkan apabila bank dalam keadaan rugi atau labanya tidak mendukung untuk membayar bunga tersebut.

 

 

Keyword: Perbedaan Pasar Uang dan Pasar Modal

Sara Apriana
About Sara Apriana 454 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.