Peninggalan Kerajaan Majapahit ini Masuk dalam Cagar Budaya

13 Candi Peninggalan Kerajaan Majapahit ini Masuk dalam Cagar Budaya
faktakah.com

Peninggalan kerajaan Majapahit cukup banyak mengingat Majapahit merupakan sebuah kerajaan yang besar dan termasyhur. Bahkan Gajah Mada yang merupakan mahapatih di Kerajaan Majapahit memiliki sumpah yang namanya kini dilestarikan menjadi satelit telekomunikasi milik Indonesia, yakni Palapa.


Peninggalan Kerajaan Majapahit



Salah satu peninggalan dari Majapahit yang kini telah dilestarikan dan terdaftar sebagai situs cagar budaya adalah situs Trowulan. Trowulan merupakan sisa-sisa peninggalan zaman kerajaan Majapahit yang paling terkenal.

situsbudaya.id

Situs Trowulan merupakan satu-satunya situs perkotaan masa klasik dari era Majapahit di Indonesia. Luas dari situs ini sekitar 11 km x 9 km. cakupannya meliputi wilayah Kecamatan Trowulan dan Sooko di Kabupaten Mojokerto juga Kecamatan Jombang.

Dulunya Trowulan merupakan bekas ibukota Kerajaan Majapahit dan letaknya berada di dataran yang merupakan ujung pertemuan dari tiga jajaran gunung. Ketiga gunung tersebut, yakni Gunung Penanggungan, Welirang, dan Anjasmara.

agroteknologi.id

Dilihat dari kondisi geografisnya situs ini memang cocok dijadikan sebagai daerah pemukiman. Pasalnya topografi daerah ini cukkup landai dengan keberadaan air tanah yang cukuup dangkal. Sebagai bekas kota bersejarah, di situs Trowulan kita dapat menjumpai ratusan ribu peninggalan arkeologis baik yang berada di bawah maupun di atas permukaan tanah. Entah itu artefak, ekofak, maupun fitur.

Keberadaan situs bersejarah dengan luas total sekitar 92,6 kilometer persegi ini dipercaya telah didirikan oleh Raden WIjaya. Hal tersebut berdasarkan sumber-sumber sejarah berupa prasasti serta naskah tinggalan purbakala.

Dikatakan bahwa situs ini telah digunakan sebagai pemukiman penduduk sejak abad ke 10 – 17 Masehi.
Tak hanya peninggalan zaman Majapahit, di situs ini juga terdapat peninggalan-peninggalan sejarah praMajapahit.

ihategreenjello.com

Isi Cagar Budaya

Mulai dari candi, gapura, kolam, waduk, jaringan kanal, peralatan rumah tangga, keramik, dan lainnya. Semuanya tumpang tindih antara peningggalan dari zaman Majapahit dan praMajapahit.

Hasil penggalian di situs Trowulan menunjukkan bahwa situs yang disebut kota ini tidak hanya berupa wilayah tempat tinggal saja, tapi juga terdapat situs situs lainnya. Sebut saja tempat upacara, bangunan suci, keagamaan, industri, penjagalan, makan, sawah, pasar, kanal, dan waduk.

Keberadaan situs-situs tersebut membagi kota ini menjadi wilayah-wilayah yang lebih kecil dan terikat oleh jaringan jalan. Sayangnya sejauh ini belum ada penelitian yang memberikan gambaran utuh mengenai kekseluruhan kota Majapahit seperti yang terurai dalam Negarakertagama oleh empu Prapanca.

timurjawa.com

Beberapa situs di Kawasan Trowulan yang kini dikelola oleh pemerintah, diantaranya ada Candi Brahu, Candi Tikus, Candi Wringinlawang, Kolam Segaran, Candi Gentong I dan II, Candi Minakjinggo, Candi Kedaton, Gapura Bajangratu, serta Situs Sentonorejo. Berhubung kawasan ini sangat luas maka banyak pihak yang terlibat dalam pengelolaan peninggalan Kerajaan Majapahit ini. Selain dimiliki pemerintah adapula bagian yang dimiliki perorangan maupun perusahaan swasta.

Kondisi Terkini

Saat ini Situs Trowulan telah berubah menjadi area berpenduduk padat akibat cepatnya laju pertumbuhan penduduk di daerah tersebut. Hal tersebut tentu berpengaruh pada perubahan struktur serta benda-benda purbakala yang ada disana.

Desa Trowulan dan sekitarnya memang telah menjadi lahan untuk mencari emas dan pembuatan batu bata sejak tahun 1960. Akibat adanya aktivitas tersebut daerah ini kerap digali tanahnya yang rata-rata mencapai kedalaman 1 – 4 meter. Aktivitas tersebut tentu menyebabkanlapisan budaya Majapahit ikut terbongkat dan menghilang.

lokalkarya.com

Apalagi tanah yang digali kini semakin luas, maka warisan budaya Majapahit juga semakin rusak dan bahkan hilang. Kondisi tersebut diperparah dengan berdirinya pabrik-pabrik baru serta gudang berukuran besar di lokasi-lokasi yang menggandung peninggalan sejarah.

Itulah penjelasan mengenai situs Trowulan, peninggalan bekas Kerajaan Majapahit yang menyimpan banyaak benda bersejarah. Sebagai generasi penerus alangkah baiknya kita turt bersama melestarikan peninggalan-peninggalan sejarah seperti situs Trowulan ini.

 

 

 

 
 
 
 
 

Keyword: Candi Peninggalan Kerajaan Majapahit

Nisalutfi
About Nisalutfi 144 Articles
"home is where the heart is"

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.