Pengertian Uang dalam Istilah Ekonomi Keuangan dan Jenisnya

Pengertian Uang Menurut Para Ahli, Ensiklopedi Indonesia, dan KBBI
dream.co.id

Pengertian uang adalah sesuatu yang dapat diterima publik sebagai alat pembayaran yang sah dalam rangka memenuhi suatu kewajiban. Secara umum, uang memiliki tiga tujuan yang berbeda tergantung pada penggunaannya.


Pengertian Uang



Tujuan pertama keberadaan uang adalah sebagai alat tukar untuk pembayaran diantara konsumen, badan usaha, dan pemerintah. Kedua adalah sebagai satuan dasar untuk menilai daya beli atau nilai yang dibayarkan untuk memperoleh barang dan jasa. Terakhir sebagai alat penyimpan nilai untuk mengukur nilai ekonomis pendapatan pada saat ini terhadap pengeluaran pada masa yang akan datang.

Bentuk dari uang adalah berupa komoditas uang, seperti emas atau perak batangan, uang logam, dan lainlain. Di era ini, uang kertas hanya menampilkan sebagian kecil dari cadangan uang suatu negara. Kira-kira sekitar ¾ dari penawaran uang dilakukan dalam bentuk debit dan kredit saldo rekening giro di bank umum (uang giral).

kodzan.blogspot.com

Tidak hanya di zaman dulu barter juga masih digunakan di era modern. Bahkan kini banyak perdagangan barang dan jasa tanpa pertukarang uang (monetary exchange). Di dalam istilah keuangan juga dikenal dengan istilah uang beredar, yakni kewajiban moneter suatu sistem moneter terhadap masyarakat di Indonesia.

Dimana uang tersebut terdiri dari jumlah uang kartal yang beredar di luar sistem moneter dan saldo giro atas nama pihak-pihak bukan anggota sistem moneter. Berikut ini penjelasan lebih lanjut mengenai uang kartal

Uang Kartal

apaperbedaan.com

Pengertian dari uang kartal adalah uang kertas dan logam yang dikeluarkan dan diedarkan oleh Bank Indonesia dan digunakan sebagai alat pembayaran yang sah di wilayah Republik Indonesia. Definisi lain dari uang kartal adalah uang kertas, uang logam, komemoratif koin, dan uang kertas komemoratif yang dikeluarkan oleh bank sentral yang menjadi alat pembayaran sah di suatu negara.

Kemudian pengertian uang kertas sendiri adalah warkat dengan nilai nominal tertentu yang berfungsi sebagai uang, sepertia uang kertas pemerintah, uang kertas bank, dan cek. Sementara uang kertas bank memiliki pengertian sebagai uang kertas yang dikeluarkan oleh bank dan merupakan alat pembayaran yang sah di suatu negara. Di Indonesia sendiri uang dikeluarkan oleh Bank Indonesia.

jurnal.id

Sedangkan yang dimaksud uang logam adalah mata uang yang terbuat dari bahan logam, seperti emas, perak, tembaga, alumunium, perunggu, dan suasa. Diterbitkan oleh pemerintah dan berlaku sebagai alat pembayaran yang sah. Bank Indonesia adalah lembaga yang berhak menerbitkan uang logam di Indonesia.

Kata Uang dalam Istilah-istilah Keuangan

Pertama, uang asing atau mata uang negara lain yang bukan merupakan alat pembayaran sah di dalam negeri atau di Indonesia. Contoh dari uang asing, seperti Dollar Ameerika, Yen, Rupee, Dinar, dan sebagainya.

Kedua, uang fidusia atau mata uang yang tidak sepenuhnya dijamin oleh logam mulia.

Ketiga, uang kertas emas (SDR) atau aktiva moneter yang dipegang oleh Dana Moneter Internasional (IMF) sebagai bagian dari cadangan internasional mereka. Tidak seperti aktiva cadangan yang lain, SDR tidak memiliki bentuk nyata karena SDR diciptakan oleh IMF sendiri. SDR dinilai berdasarkan lima mata uang asing, yakni Dollar, Mark, Poundsterling, Franc, dan Yen.

Keempat, uang kuasi atau kewajiban sistem moneter dalam bentuk deposito berjangka, tabungan dalam rupiah, dan saldo rekening valuta asing milik penduduk. Istilah ekonomi ini digunakan untuk mendeskripsikan asset yang dapat diuangkan secara cepat. Uang kuasi terdiri dari deposito, tabungan, dan simpanan valas miliik swasta domestik (dalam negeri).

Kelima, uang panas atau dana yang dikelola untuk tujuan spekmulatif dan mendapatkan hasil yang tinggi dalam waktu yang singkat. Dana tersebut akan berpindah mengikuti peminjam yang berani mengajukan tingkat suku bunga yang tinggi.

 

Keyword: Pengertian Uang

Sara Apriana
About Sara Apriana 444 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.