Pengertian Sistem Menurut Para Ahli dan Karakteristiknya Secara Umum

pengertian sistem
formulabisnisindonesia.com

Pengertian Sistem – Secara umum sistem merupakan suatu kebulatan atau keseluruhan yang kompleks dan terorganisir. Merupakan suatu himpunan atau perpaduan hal-hal atau bagian-bagian yang membentuk suatu kesatuan yang utuh.

Cakupan penggunaan pengertian sistem sangatlah luas, dapat ditujukan untuk menunjuk suatu kumpulan atau himpunan benda-benda yang disatukan dalam bentuk yang teratur.

Untuk lebih memahami mengenai pengertian sistem dan cakupannya, mari kita ulas lebih jelas di bawah ini.


Memahami Pengertian Sistem


bakhel.com

Menurut Jogiyanto (1999) sistem adalah jaringan kerja prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu.

Murdik (2002) menambahkan bahwa sistem mencakup seperangkat elemen yang membentuk kegiatan atau suatu prosedur untuk menghasilkan informasi, energi, atau barang. Dalam komponennya sistem terdiri dari penghubung, batasan sistem lingkungan luar,masukan, keluaran, dan tujuan.

Elemen terkecil yang teridentifikasi dari sebuah sistem merupakan elemen penyusun dari sistem tersebut. Sistem juga mencakup bagian pengolahan, mencari suatu tujuan bersamaan, dan pengoperasian data atau barang.

Hardjono Djojodihardjo menjelaskan definisi sistem adalah suatu kesatuan hubungan yang berfungsi antara setiap objek. Objek tersebut bergabung dan memiliki kesamaan fungsi serta ciri.

Sedangkan Indrajit menjelaskan sistem adalah kumpulan komponen-komponen yang saling memiliki unsur keterkaitan satu dan yang lainnya.

Menurut Gerald J. (1991) gabungan dari prosedur-prosedur yang membentuk suatu sistem jaringan kerja yang kemudian melakukan suatu kegiatan dan menyelesaikan suatu sasaran.

Jika disimpulkan maka pengertian sistem adalah kumpulan komponen yang saling melakukan interaksi satu sama lain untuk mewujudkan tujuan tertentu.

Karakteristik Sistem

dictio.id

Components

Untuk mencapai tujuannya suatu sistem selalu terdiri dari komponen-komponen yang saling berinteraksi dan bekerjasama. Dalam membentuk suatu kesatuan komponen tersebut dapat terbagi lagi menjadi beberapa subsistem yang memiliki sifat dan fungsinya masing-masing.

Setiap subsistem akan bekerja sama dalam menjalankan sebuah fungsi tertentu. Jika ada satu kesatuan yang rusak dalam sebuah komponen sistem maka akan mempengaruhi komponen lainnya sehingga tujuan semula tidak dapat diwujudkan.

Boundary

Boundary adalah batas lingkungan luar antara suatu sistem dengan sistem yang lainnya dimana mendefinisikan ruang lingkup (scope) dari masing-masing sistem. Sehingga tidak ada kekeliruan antara suatu sistem dengan sistem lainnya yang dipandang sebagai satu kesatuan.

Environments

Setiap sistem memiliki lingkungan luar yang bisa saja bersifat menguntungkan namun terkadang bisa saja merugikan sebuah sistem. Cakupan lingkungan luar adalah segala hal yang berada di luar batas dari sistem yang sekiranya bisa mempengaruhi operasi sistem.

Apabila lingkungan tersebut memberikan pengaruh positif maka harus tetap dipelihara dan dijaga. Namun sebaliknya jika sekiranya memberikan dampak negatif maka harus dikendalikan agar tidak mengganggu kelancaran kerja dari sebuah sistem.

Interface

Untuk menghubungkan antara subsistem dalam setiap komponen sistem maka dibutuhkan keberadaan interface ini. Bertugas untuk menyambungkan sumber-sumber energi yang mengalir dari suatu subsistem ke subsistem lainnya.

Melalui penghubung maka keluaran (output) dari suatu subsistem akan menjadi masukan (input) bagi subsistem lainnya. Sehingga masing-masing komponen dalam sebuah sistem dapat berinteraksi dalam menjalankan sebuah kesatuan.

Input

Merupakan sumber energi yang diterima oleh sebuah sistem guna mencapai sebuah tujuan. Jika tidak ada input, maka sebuah sistem tidak dapat berjalan karena tidak memiliki sumber tenaga untuk pengoperasian.

Output

Setelah sebuah energi diolah oleh sebuah sistem dan komponennya, maka diperoleh hasil dalam bentuk keluaran (output). Dalam sistem komputer keluaran terbagi menjadi dua, yaitu keluaran yang berguna dan yang tidak dibutuhkan.

Process

Sesuai dengan pengertiannya, suatu sistem harus memiliki alat pengolah data atau informasi sehingga diperoleh hasil atau keluaran yang akurat sesuai dengan tujuan.

Objectives dan Goal

Sasaran (objectives) dan tujuan (goal) adalah bentuk pencapaian dari pengoperasian dari sebuah sistem. Bedanya sasaran berhubungan dengan ruang lingkup yang lebih sempit sedangkan tujuan mencakup ruang lingkup yang lebih luas dari sebuah sistem.


Setelah memahami pengertian sistem di atas, diharapkan kamu tidak bingung lagi jika diminta untuk membuat sebuah contoh kerja sistem di sekitar tempat tinggalmu. Semoga bermanfaat!

Nisalutfi
About Nisalutfi 144 Articles
"home is where the heart is"

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.