Pengertian Sistem Politik | Sebuah Konsep dalam Mengendalikan Institusi

√ 15 Pengertian Sistem Politik Menurut Para Ahli
pelajaran.id

Pengertian Sistem Politik – Seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya bahwa sistem adalah suatu kesatuan unsur (elemen), komponen, dan bagian-bagian lainnya yang saling berkaitan satu sama lain.

Tak hanya sekedar kesatuan sistem adalah sebuah cara, tata kerja, rencana, prosedur, skema ataupun metoda untuk mencapai hasil tertentu. Dimana masing-masing memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda tergantung jenisnya.

Politik adalah sebuah cara yang dianut oleh setiap individu atau kelompok dalam mencapai sebuah tujuan. Sedangkan pengertian sistem politik adalah sebuah struktur atau susunan yang memiliki fungsi kerja dalam satuan unit yang terdiri dari masyarakat di sebuah wilayah.

Secara etimologi Politik berasal dari kata “Polis” yang artinya negara atau kota. Dimana menurut Aristoles arti sebuah negara adalah sebuah wilayah yang di dalamnya terdapat asosiasi dan hubungan.


Memahami Pengertian Sistem Politik


tegas.id

Beberapa ahli mengemukakan tentang definisi sistem politik. Salah satunya adalah Almond, menurut ia sistem politik merupakan bentuk interaksi antara masyarakat yang merdeka berdasarkan fungsi integrasi dan adaptasi.

Robert A. Dahl menjelaskan sistem politik merupakan sebuah pola hubungan antara manusia yang di dalamnya terdapat kekuasaan, pengaruh, kontrol, hingga tingkatan wewenang tertentu.

Secara lebih spesifik pengertian sistem politik dijelaskan oleh Drs. Sukarno. Menurut beliau sistem politik merupakan kumpulan prinsip atau pendapat yang digunakan untuk mengatur pemerintahan. Suatu kesatuan yang mengatur tentang kekuasaan baik antar individu, kelompok, bahkan negara.

Rusadi Kartaprawira menambahkan bahwa di dalam sistem politik juga terdapat struktur yang mengatur mekanisme atau cara kerja setiap jabatan sesuai dengan fungsinya.

Jika ditarik kesimpulannya, secara umum sistem politik didefinisikan sebagai sebuah rangkaian atau proses di tengah-tengah masyarakat dalam menentukan pilihan terkait siapa, mendapat apa, kapan, dan bagaimana. Sehingga adanya macam-macam proses dan menimbulkan berbagai gejala politik.

Dalam kehidupan sosial politik merupakan gejala yang mewujudkan diri manusia dalam rangka proses perkembangannya. Dimana manusia memegang peranan penting sebagai komponen inti utama dari suatu politik.

Di Indonesia sistem politik diartikan sebagai kumpulan atau keseluruhan berbagai kegiatan di dalam negara yang berkaitan yang berkaitan dengan kepentingan umum. Termasuk di dalamnya upaya dalam mewujudkan tujuan, pengambilan keputusan, seleksi, dan penyusunan skala prioritas.

Konsep Dasar Politik

kompasiana.com

Sebuah sistem politik tidak dapat berjalan dengan maksimal tanpa adanya rumusan konsep dasar yang baik. Berikut beberapa konsep dasar yang diperlukan diantaranya:

Kekuasaan

Konsep kekuasaan merujuk kepada kemampuan individu atau kelompok dalam mengendalikan tingkah laku individu atau kelompok lain sehingga sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Cakupan kekuasaan sangat luas dimana setiap kita bisa menjadi subjek sekaligus objek sebuah kekuasaan.

Kedaulatan dalam negara

Secara umum kedaulatan didefinisikan sebagai kemerdekaan sebuah negara dengan memperoleh pengakuan dari negara lain. Bentuk kedaulatan terdiri dari tiga jenis yaitu kedaulatan dalam hukum, kedaulatan negara, dan kedaulatan ada di tangan rakyat.

Kontrol sosial dalam masyarakat

Tujuan kontrol sosial adalah agar terciptanya ketertiban hukum di sebuah negara khususnya di kalangan masyarakat. Lembaga sosial yang berada di bawah pengawasan pemerintah diwajibkan mengawasi tingkah laku dan gerak-gerik masyarakat yang sekiranya akan bertindak di luar batasan hukum.

Negara yang berdaulat

Bagaimana jadinya jika negara tersebut tidak memiliki hak merdeka dan masih berada di bawah pengaruh negara lain. Sistem politik hanya bisa dijalankan dalam sebuah negara yang berdaulat, karena dalam struktur organisasi politik negara memegang kekuasaan tertinggi.

Pemerintah yang berdaulat

Pemerintah adalah lembaga formal yang mengemban tugas dalam menjalankan sistem politik di sebuah negara. Termasuk di dalamnya partai-partai politik dan lembaga legislatif, lembaga eksekutif, dan lembaga yudikatif.


Selain kelima komponen di atas, masih ada konsep dasar politik lainnya diantaranya legimitasi kekuasaan, oposisi legislatif, sistem politik negara, pemilihan umum, persamaan hak asasi manusia, dan lain sebagainya.

Keyword: Pengertian Sistem Politik

Sara Apriana
About Sara Apriana 454 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.