Pengertian Primordialisme | Isu Sentimen yang Masih Membayangi NKRI

Pengertian Primordialisme | Dampak Positif & Negatifnya di Kehidupan
cnnindonesia.com

Pengertian Primordialisme – Menjadi isu yang sentimental, primordialisme sempat menjadi problematika cukup serius yang terjadi di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh keberagaman suku dan budaya yang ada di Indonesia, sehingga isu ini kerap kali mencuat ke permukaan.

Pemicunya pun beragam, baik dari segi perpolitikan, perihal perekonomian, maupun problematika keetnisan di Indonesia yang masih meradang. Berbagai konflik terjadi di berbagai wilayah Indonesia mulai dari Aceh, Papua, Riau, Manado, hingga Bali.

Bermula dari perbedaan nilai etnis maupun keagamaan, di beberapa wilayah terlihat bagaimana nilai-nilai partikular dan identitas primordial menjadi hal yang sentimen. Hingga berdampak pada pecahnya rasa persatuan dan tenggang rasa di seluruh wilayah Indonesia.


Mendalami Makna dan Pengertian Primordialisme


seputarilmu.com

Lalu apa arti sesungguhnya dari kata primodialisme yang menjadi isu penting di Indonesia ini? Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut mengenai pengertian primordialisme serta penjelasan lain yang terkait.

Menurut istilah, pengertian primordialisme adalah suatu perilaku ketidakadilan dalam sebuah kelompok. Baik itu berbentuk sebuah negara, organisasi masyarakat, bahkan hanya kelompok kecil dalam sebuah keluarga.

Kata Primordialisme berasal dari bahasa Latin, “Primus” yang artinya pertama dan “Ordiri” yang artinya tenunan atau ikatan. Bisa dikatakan primordialisme adalah prinsip yang sudah mengakar dan dibawa sejak lahir (sebuah paham dari lingkungan pertama seseorang hidup).

Cakupan isu primordialisme adalah tradisi, adat-istiadat, suku bangsa, ras, agama, daerah asal kelahiran, hingga segala sesuatu yang berkaitan dengan kepercayaan. Layaknya sebuah identitas, ketika ada yang menghina atau menghujat maka akan terjadi perpecahan atas nama kelompok.

Primordialisme dapat terjadi karena beberapa sebab, di antaranya:

  • Perasaan mengistimewakan sesuatu oleh individu di dalam suatu kelompok atau perkumpulan sosial.
  • Adanya keinginan mempertahankan keutuhan sebuah kelompok dari ancaman musuh luar.
  • Segala hal yang berkaitan dengan bentuk keyakinan maupun pandangan hidup. Sehingga memicu perbedaan pola pikir dan prinsip.

Mau tak mau isu ini akan terus berkembang di Indonesia, sehingga keutuhan dan kesatuan negara kita harus kokoh dan teruji.

Primordialisme di Indonesia

kompasiana.com

Menurut catatan sejarah isu-isu primordialisme dirasakan kembali mulai tumbuh dan menguat setelah reformasi berlangsung. Rasa persatuan dan keindahan keberagaman budaya mulai goyah mengguncang teritorial bangsa Indonesia.

Salah satu tuntutan untuk dalam memperjuangkan kepentingan kelompok adanya gerakan memisahkan diri sari Indonesia, seperti yang dilakukan gerakan separatis Aceh Merdeka (GAM). Hal ini dipicu oleh tuntutan sebuah kelompok yang tidak terakomodasi.

Menurut sejarahnya, munculnya tuntutan pemisahan diri ini berkaitan dengan sejarah di masa lampau ke dalam kehidupan masa kini. Pada tahun 1953 pemerintah mengabaikan aspirasi kultural berupa keinginan pelaksanaan syariat Islam di Aceh.

Tak hanya itu pemerintah juga tidak mengindahkan pemenuhan atribut “Daerah Istimewa”, melainkan justru menggiatkan pembangunan melalui proses militeristik dan koruptif. Di bawah pemerintahan Orde Baru inilah perlawanan dari masyarakat Aceh mulai muncul.

Situasi kala itu dipandang sebagai proses “Javanisasi” karena proyek-proyek besar yang diberlakukan di Aceh sebagian besar hasilnya masuk ke pemerintah pusat. Sementara masyarakat Aceh yang masih hidup dalam garis kemiskinan hanya dianggap sebagai “daerah modal”.

Perlakuan ini membuat sebagian kelompok masyarakat Aceh semakin sadar akan butuhnya penyaluran aspirasi kehidupan. Mereka akhirnya membentuk organisasi berbasis solidaritas etnis hingga mengajukan tuntutan pemisahan diri dari NKRI.

Persoalan ini menjadi PR menahun pemerintah, dan semakin diperkuat sejak dibentuknya Darah Operasi Militer (1988) dan Darurat Militer (1998) di Aceh. Sentimen primordialisme terkait keetnisan di Aceh semakin menjadi setelah Presiden Soeharto lengser dari bangku kepresidenan.

Tak hanya di Aceh, sentimen keetnisan juga muncul di tengah-tengah masyarakat Papua yang ingin memisahkan diri dari Indonesia. Hal ini juga salah satunya dipicu oleh perlakuan yang tidak sama rata yang diterima oleh masyarakat Papua sebagai bagian dari kesatuan NKRI.


Dari penjelasan di atas, semoga bisa menjadi gambaran kita semua terkait apa itu pengertian primordialisme. Di Indonesia semoga isu ini segara terhapuskan agar negara kita bisa secepatnya mewujudkan cita-cita menjadi salah satu negara maju di dunia.

Keyword: Pengertian Primordialisme

Nisalutfi
About Nisalutfi 144 Articles
"home is where the heart is"

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.