Ulasan Lengkap Mengenai Pengertian Pasar Modal dan Kegunaannya

Pengertian Pasar Modal, Jenis, Para Pelaku, Tujuan, dan Kegunaannya
medium.com

Pengertian Pasar Modal – Diantara kalian pasti sudah pernah berbelanja sayuran atau suatu barang di pasar kan? Itu artinya, kalian sudah melakukan transaksi jual-beli.

Lantas, apa hubungannya dengan pasar modal?

Ternyata pasar modal tidak berbeda jauh dengan transaksi jual-beli yang biasa kalian lakukan loh! Tapi, jika yang biasa kita perjualbelikan di pasar tradisional adalah barang dan jasa, berbeda halnya dengan pasar modal.

Di pasar modal, bukan barang atau jasa yang diperjualbelikan melainkan surat-surat berharga yang diterbitkan oleh pemerintah atau perusahaan yang butuh modal usaha. Instrumen yang diperdagangkan tersebut diantaranya yakni saham,surat utang, dan reksadana. Surat berharga ini lazim disebut dengan Efek.


Pengertian Pasar Modal


infokekinian.com

Menurut UU No. 8 Tahun 1995, arti pasar modal adalah suatu aktivitas yang berhubungan dengan perdagangan efek dan penawaran umum, perusahaan publik yang berhubungan dengan efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berhubungan dengan efek.

Menurut Sunariyah, pengertian pasar modal adalah tempat bertemunya antara penawaran dengan permintaan surat berharga. Tempat dimana individu-individu atau badan usaha yang mempunyai kelebihan dana (surplus fund) melakukan investasi dalam surat berharga yang ditawarkan oleh emiten.

Pasar Modal

Hal yang umumnya menjadi pertanyaan masyarakat awam adalah sistem pengelolaan dan transaksi pasar modal. Jika di pasar tradisional kita dapat melihat dan melakukan langsung transaksi jual-beli, pemasok dagangan, pengelola pasar, pihak keamanan serta pengatur dagangannya, bagaimana dengan pasar modal?

Seperti yang kita tahu sebelumnya, yang diperjualbelikan di pasar modal berupa surat-surat berharga. Transaksi di pasar modal tidak dapat dilakukan secara langsung. Semua transaksi dilakukan secara elektronik atau dikenal dengan scripless trading.

Di pasar modal, supplier dagangan disebut emiten. Pihak Emiten adalah perusahaan-perusahaan yang sudah go public maupun pemerintah yang membutuhkan investor atau penanam modal. Sementara pihak yang melakukan pembelian surat-surat berharga dari perusahaan atau pemerintah disebut dengan investor.

Dalam sebuah organisasi tentu harus ada yang mengatur dan mengawasi kegiatan organisasi tersebut. Di pasar modal regulator tertinggi di Indonesia adalah OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Namun, ada 3 lembaga yang dikenal dengan SRO (Self Regulatory Organizations) yang memiliki kewenangan dalam menerapkan aturan dari regulator. Yakni, BEI, KSEI, dan KPEI. Setiap lembaga tersebut memiliki peranan masing-masing dalam proses jual-beli di pasar modal.

● BEI (Bursa Efek Indonesia)

Saat kamu tertarik untuk jadi investor maka tahap pertama adalah kamu akan difasilitasi oleh BEI. Perlu diingat, semua transaksi dilakukan secara elektronik.

BEI adalah pihak penyedia berbagai infrastruktur pasar modal mulai dari sistem pencatatan, sistem dan aturan perdagangan, serta memiliki kewenangan dalam pengawasannya. Pemegang saham BEI adalah perusahaan sekuritas yang termasuk sebagai Anggota Bursa (AB).

● KPEI (Kliring Penjaminan Efek Indonesia)

Setelah transaksi di BEI, selanjutnya investor melakukan transaksi di KPEI. Lembaga ini membantu menjaga hak dan kewajiban investor dan memastikan penjual mendapatkan uangnya dan pembeli mendapatkan barangnya.

● KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia)

KSEI bertanggung jawab dalam melaksanakan seluruh pemindah bukuan dan penyimpanan efek di pasar modal. Tentu saja, barangnya pun berbentuk elektronik dan dapat diperjualbelikan. Sementara uangnya akan ditransfer oleh bank yang bekerjasama dengan KSEI selaku bank pembayaran.

Terakhir, seluruh kegiatan di 3 lembaga pasar modal ini tentu saja diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan.

Apa sih manfaat pasar modal?

  • Menjadi sumber pembiayaan jangka panjang untuk dunia usaha serta memungkinkan pengalokasian dana dilakukan secara optimal.
  • Menyediakan wahana investasi bagi para investor, sehingga sangat mungkin untuk melakukan diversifikasi.
  • Menjadi penyedia leading indicator untuk perkembangan perekonomian suatu negara. Membantu penyebaran kepemilikan perusahaan sampai pada lapisan masyarakat menengah.

Baca Juga : Pengertian Pasar


Bagaimana? Apa kamu tertarik berinvestasi di pasar modal? 🙂

Nisalutfi
About Nisalutfi 144 Articles
"home is where the heart is"

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.