Pengertian Organisasi | Tujuan, Ciri-Ciri, Unsur, dan Jenisnya

39 Pengertian Organisasi | Manfaat, Ciri, Bentuk, Tujuan dan Fungsi
yourarticlelibrary.com

Pengertian Organisasi – Apa itu organisasi? Seringkali di SMP, SMA, bahkan Perguruan Tinggi kita diharuskan untuk mengikuti suatu organisasi agar nantinya dapat bersosialisasi setelah terjun langsung di masyarakat.

Sebenarnya apa itu organisasi? Untuk mengetahui lebih jelasnya, maka kita simak pembahasan kali ini terkait organisasi, mulai dari pengertiannya, tujuan dibentuknya, ciri-cirinya, unsurnya sampai dengan bentuk-bentuk organisasi yang ada. Langsung saja kita simak penjelasan berikut ini.


Ulasan Lengkap Mengenai Pengertian Organisasi


intipesan.com

Di bawah ini adalah beberapa pengertian organisasi menurut KBBI dan para ahli.

Menurut KBBI

Organisasi adalah kesatuan (susunan) yang terdiri atas bagian-bagian (orang) dalam perkumpulan untuk tujuan tertentu.

Stephen P. Robbins

Organisasi adalah kesatuan sosial yang di koordinasi secara sadar, dengan adanya batasan yang relatif dapat di identifikasi dan bekerja atas kesadaran yang relatif terus-menerus dalam mencapai tujuan bersama atau kelompok.

James D. Money

Organisasi adalah sebuah sistem aktivitas kerjasama yang dilakukan oleh dua orang atupun lebih.

Prof. dr. Sondang P. Siagian

Organisasi adalah bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang saling bekerjasama serta terikat secara formal dalam rangka melakukan pencapaian tujuan yang sudah ditentukan dalam ikatan yang ada pada seseorang atau beberapa orang yang dikenal sebagai atasan dan seorang atau kelompok yang dikenal sebagai bawahan.

Tujuan Organisasi

Suatu organisasi tidak hanya fokus pada tercapainya visi dan misi perusahaan saja tetapi juga memiliki tujuan yang lain. Misalnya peningkatan penghasilan dan lain sebagainya. Berikut ini adalah tujuan organisasi secara umum, yaitu:

  • Sebagai wadah untuk bersama-sama mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
  • Meningkatkan kemampuan kemandirian dan sumber daya yang dimiliki.
  • Sebagai wadah bagi individu-individu yang ingin memiliki jabatan, penghargaan dan pembagian kerja.
  • Sebagai wadah untuk mencari keuntungan bersama-sama.
  • Organisasi berperan dalam pengelolaan lingkungan secara bersama-sama.
  • Organisasi dapat membantu individu-individu untuk menambah pergaulan dan memanfaatkan waktu luang dengan baik.
  • Sebagai wadah untuk memiliki kekuasaan dan pengawasan.

Ciri-Ciri Organisasi

Pengertian Organisasi
ngelmu.co

Organisasi secara umum memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Terdiri dari sekelompok orang. Suatu organisasi pasti memiliki anggota lebih dari dua orang.
  • Memiliki tujuan. Sebuah alasan yang menyebabkan beberapa orang melakukan kerjasama adalah karena mereka memiliki tujuan bersama, begitu juga dengan halnya suatu organisasi. Dengan memiliki tujuan yang sama, maka anggota yang ada akan saling bekerjasama, bahu-membahu untuk mewujudkannya.
  • Saling bekerjasama. Untuk mewujudkan tujuan bersama maka setiap anggota harus saling bekerja sama dengan anggota lainnya. Tanpa adanya hal tersebut maka tujuan organisasi tersebut tidak akan tercapai secara efektif dan efisien.
  • Adanya peraturan. Setiap organisasi yang ada memiliki peraturan masing-masing. Peraturan tersebut dibuat dengan tujuan untuk mengatur dan membatasi sumber daya yang dimiliki agar saling bersinergi untuk mencapai tujuan bersama.
  • Adanya pembagian tugas dan tanggung jawab. Setelah terbentuknya peraturan pastilah disertai dengan pembagian tugas dan tanggung jawab yang jelas kepada setiap anggota organisasi.

Unsur-Unsur Organisasi

Selain memiliki karakteristik/ ciri yang khas, organisasi juga memiliki unsur-unsur pembentuknya agar dapat berjalan dengan baik. Berikut ini adalah beberapa unsur organisasi secara umum, yakni:

a. Personil
b. Kerjasama
c. Tujuan Bersama
d. Peralatan
e. Lingkungan
f. Sumber Daya Alam

Bentuk-Bentuk Organisasi

Adapun berikut ini adalah beberapa bentuk-bentuk organisasi yang ada di masyarakat, yaitu meliputi:

a. Organisasi Sosial, organisasi jenis ini adalah yang fokusnya pada pengelolaan masalah kemanusiaan, misalnya seperti mengurusi masalah kesehatan, bencana alam dan ekonomi sosial. Contohnya adalah TIM SAR.

b. Organisasi Politik, organisasi jenis ini fokus pada bidang politik dengan tujuan yang berkaitan dengan politik suatu daerah atau suatu negara.

c. Organisasi Olahraga, organisasi jenis ini fokus bidang olahraga atau persatuan olahraga. Contohnya adalah PSSI.

d. Organisasi Agama, organisasi jenis ini fokus pada pengelolaan dengan hal-hal yang berkaitan dengan agama. Contohnya adalah Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah.

e. Organisasi Pemuda, organisasi jenis ini adalah sebuah perkumpulan pemuda untuk menciptakan sebuah gerakan suatu daerah atau negara. Contohnya adalah Budi Utomo.

f. Organisasi Kemahasiswaan, organisasi ini mirip dengan organisasi pemuda tetapi lebih bersifat ilmiah. Contohnya adalah BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa).


Nah, itu tadi adalah pembahasan singkat terkait dengan organisasi. Semoga setelah membaca ulasan ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan kalian. Semoga bermanfaat!

Nisalutfi
About Nisalutfi 176 Articles
"home is where the heart is"

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.