Pengertian Integrasi Nasional, Faktor, dan Bentuk Contohnya

Pengertian Integrasi Nasional, Jenis, dan Bentuk Contohnya
ilmudasar.com

Pengertian integrasi nasional – Teman-teman mungkin sering mendengar istilah integrasi nasional dalam nasihat-nasihat kebangsaan.

Karena memang dalam suatu negara hal tersebut adalah sesuatu yang penting untuk dilakukan. Tetapi apa sih sebenarnya arti dari integrasi nasional itu?

Jika dimaknai secara sederhana integrasi nasional berarti persatuan wilayah-wilayah yang ada dalam suatu negara berdaulat.

Seperti yang kita tahu Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak pulau, dan tentunya di dalamnya mencakup banyak sekali wilayah.

Apabila semua wilayah bersatu dan memiliki tujuan yang sama untuk memajukan Indonesia, maka negara Indonesia akan menjadi negara yang kuat.

Berkaca pada sejarah, dahulu para penjajah mengadu domba setiap suku dan wilayah supaya Indonesia bisa tercepah dan akhirnya menjadi negara yang lemah serta mudah dikuasai.

Lalu setelah lama dijajah, barulah beberapa orang menyadari bahwa menyatukan wilayah dan membangun kekuatan bersama tanpa mengenal perbedaan suku dan wilayah adalah kunci untuk bisa melawan penjajah.

Karena itu integrasi nasional sekali lagi adalah sesuatu yang harus dilakukan. Supaya kita juga bisa membantu terjadinya integrasi nasional tersebut, paling tidak kita harus tahu pengetahuan dasar tentang integrasi nasional. Berikut ini akan kami paparkan beberapa hal tentang materi tersebut:


Pengertian Integrasi Nasional


cnnindonesia.com

Hal pertama yang harus diketahui tentu definisi dari istilah integrasi nasional itu sendiri. meskipun di atas sudah sedikit disinggung mengenai pengertiannya, tetapi secara rinci kami akan paparkan juga definisi integrasi nasional menurut para ahli.

Pendapat dari masing-masing tokoh bisa saja berbeda redaksi tetapi secara garis besar memiliki makna yang sama. Berikut adalah pendapat beberapa ahli yang berkaitan dengan pengertian integrasi nasional:

Saafroedin Bahar

Integrasi Nasional adalah bentuk upaya menyatukan semua unsur suatu bangsa dengan pihak pemerintah dan juga wilayahnya.

J. Soedjati Djiwandono

Integrasi nasional ialah cara bagaimana sebuah kelestarian dalam persatuan nasional di dalam arti luas dapat didamaikan dengan hak di dalam menentukan nasib sendiri.

Menurut KBBI

Integrasi Nasional adalah bentuk penyatuan dari berbagai kelompok budaya dan juga sosial pada kesatuan wilayah dan juga pembentukan sebuah identitas secara nasional.


Faktor Penghambat dan Pendorong Integrasi Nasional


imron.web.id

Faktor Penghambat

Integrasi nasional ini bukanlah sesuatu pekerjaan mudah yang bisa selesai dalam waktu satu minggu, satu bulan, atau bahkan satu tahun.

Integrasi nasional adalah pekerjaan sepanjang masa, selama negara tersebut ingin terus berdiri tegak. Karenanya upaya untuk menciptakan integrasi tersebut tidak bisa dilakukan oleh satu orang saja, tetapi semua elemen yang tinggal di suatu negara.

Adapun beberapa faktor atau hal yang bisa menghambat terciptanya integrasi nasional, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Seperti yang diketahui bahwa indonesia kaya akan budaya, sayangnya paham etnosentrisme yang sangat mengagungkan budaya dari masing-masing wilayah dan menganggap budaya, suku, dan wilayah lain lebih rendah adalah hal yang menghambat terciptanya integrasi tersebut.
  2. Adanya kesenjangan ekonomi, ketimpangan, pembangun yang tidak merata di Indonesia, sehingga bisa memicu gerakan separatisme atau gerakan kedaerahan yang merasa wilayahnya tidak mendapatkan kesetaraan.
  3. Masyarakat Indonesia yang heterogen juga bisa menyulitkan terciptanya integrasi nasional
  4. Terdapat ancaman dan juga gangguan dari beberapa kelompok yang dapat meruntuhkan keutuhan dan kesatuan bangsa

Faktor Pendorong

Pengertian Integrasi Nasional, Faktor, dan Bentuk Contohnya
thegorbalsa.com

Di atas telah dijelaskan hal-hal yang menghambat integrasi nasional, dan kali ini kami juga akan memaparkan hal-hal yang bisa mendorong integrasi tersebut, misalnya seperti:

  1. Adanya kinerja pemerintah yang benar dan berpihak pada rakyat
  2. Rasa solidaritas sosial dan budaya gotong royong yang masih dijaga di masyarakat dapat membantu terciptanya integrasi nasional
  3. Adanya pernikahan campuran suku
  4. Rasa toleransi, menghormati, dan tenggang rasa di masyarakat yang tinggi

Contoh Integrasi Nasional


tirto.id

Memang benar integrasi nasional adalah pekerjaan yang berat dan harus diupayakan terus menerus, karena itu masyarakat juga harus membantu dengan melakukan hal yang bisa dilakukan.

Misalnya contoh di bawah ini, adalah contoh kecil yang bisa dilakukan untuk mendorong terciptanya integrasi yng diinginkan.

  • Saling menghargai

Mulailah dari menghargai perbedaan yang ada pada orang lain, baik itu suku, ras, agama, dan bahkan juga pendapatnya.

  • Gotong royong

Gotong royong juga bisa menumbuhkan rasa kebersamaan dan contoh dari kerja kolektivitas yang sangat baik.

  • Saling berbagi

Saling berbagi ini juga bisa membuat hubunganmu dengan manusia lainnya menjadi baik

Integrasi nasional dalam bingkai bhinneka tunggal ika pun bisa diwujudkan. Tentu ada syarat-syarat integrasi nasional yang harus dipenuhi demi terwujudnya persatuan bangsa. Semoga Indonesia makin jaya ya!

Keyword: Pengertian Integrasi Nasional

Sara Apriana
About Sara Apriana 455 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.