Pengertian Inflasi, Penyebab Terjadinya, dan Dampak yang Dirasakan

Pengertian Inflasi | Jenis Berdasarkan Sifat dan Asal Usulnya
kompasiana.com

Pengertian inflasi – Barangkali banyak orang sudah sering mendengar kata inflasi, tetapi belum tahu benar apa sih sebenarnya inflasi itu.

Karenanya pada kesempatan kali ini kami akan mencoba menguraikan sedikit materi tentang inflasi. Pembahasan inflasi ini menurut kami sangat penting untuk dipelajari, mengingat kita semua adalah pelaku ekonomi yang melakukan aktivitas jual beli.

Dalam aktivitas ekonomi, kita tahu bahwa terkadang suatu barang di pasaran bisa naik atau juga turun, nah secara mudahnya terjadinya kondisi tersebut disebabkan oleh inflasi. Jadi inflasi ini akan menentukan harga pasar suatu barang.

Seperti yang telah disinggung di atas bahwa mengetahui tentang inflasi adalah sesuatu yang penting, karena itu di bawah ini telah kami rangkum penjelasan tentang pengertian inflasi, apa penyebabnya, dan bagaimana dampaknya.


Pengertian Inflasi


Pengertian Inflasi, Penyebab Terjadinya, dan Dampak yang Dirasakan
akuratnews.com

Untuk teman-teman yang belum secara jelas mengetahui apa sih sebenarnya inflasi itu, dapat menyimak uraian berikut ini.

Jadi inflasi merupakan keadaan ekonomi yang ditandai dengan adanya kenaikan harga-harga barang dan jasa secara umum atau meluas dan dalam waktu yang sangat panjang, dimana hal tersebut terjadi karena adanya ketidakseimbangan antara arus uang dengan barang.

Ingat ya inflasi ini terjadi dalam waktu yang panjang dan berkelanjutan, sehingga jika kenaikan harga barang hanya pada jangka waktu tertentu seperti hari raya maka tidak bisa disebut dengan inflasi.

Secara umum terjadinya inflasi disebabkan oleh jumlah uang yang beredar di masyarakat lebih banyak jumlahnya dari yang dibutuhkan.


Penyebab Inflasi


Pengertian Inflasi, Penyebab Terjadinya, dan Dampak yang Dirasakan
alinea.id

Secara umum penyebab dari inflasi sudah disebutkan di atas, tetapi pada dasarnya terjadinya inflasi tidak hanya disebabkan oleh satu faktor, tetapi terdapat juga faktor lainnya seperti:

Permintaan Meningkat (Demand Pull Inflation)

Meningkatnya jumlah permintaan barang atau jasa tertentu dalam waktu yang sangat lama dan terjadi secara luas di berbagai tempat bisa menjadi penyebab terjadinya inflasi.

Adapun alasan mengapa permintaan secara menyeluruh ini bisa terjadi, karena beberapa hal berikut ini:

  • Terjadinya peningkatan permintaan barang untuk swasta
  • Adanya peningkatan belanja pemerintah
  • Meningkatnya permintaan barang untuk diekspor
  • Tingginya Peredaran Uang

Sekilas terjadinya peningkatan uang ini tampak menguntungkan. Tetapi hal tersebut menunjukkan adanya ketidakseimbangan.

Bagaimana tidak? Jumlah uang yang beredar di masyarakat lebih banyak dari yang seharusnya, sedangkan jumlah barang tetap. Maka barangpun bisa mengalami kenaikan harga sampai 100%, lalu pada akhirnya barang tersebut habis dan tak tersedia.

Artinya peredaran uang yang terus meningkat dua kali lipat tidak ada artinya sebab tidak ada barang yang bisa dibeli.

Biaya Produksi Meningkat (Cost Pull Inflation)

Dan terakhir penyebab dari inflasi adalah karena meningkatnya biaya produksi. Karena biaya produksi naik maka harga barang pun akan mengalami kenaikan. Adapun penyebab dari meningkatnya biaya produksi adalah karena harga bahan-bahan baku naik.


Dampak Inflasi


Pengertian Inflasi, Penyebab Terjadinya, dan Dampak yang Dirasakan
jurnal.id

Inflasi tentu akan memberikan dampak yang cukup telak bagi aktivitas ekonomi masyarakat dalam keseharian. Secara rinci dampak dari inflasi tersebut kami uraikan di bawah ini:

Dampak Inflasi terhadap Kalkulasi Harga Pokok

Seperti yang kita tahu bahwa inflasi ini adalah terjadinya kenaikan harga barang di pasaran. Karena itu adanya inflasi bisa membuat penetapan harga pokok semakin sulit. Hasilnya harga pokok bisa menjadi sangat kecil atau malah terlalu besar.

Jika terlalu kecil akan terjadi ketidakseimbangan arus uang dan barang, tetapi jika terlalu besar akan menyulitkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Dampak Inflasi terhadap Pendapatan

liputan6.com

Sedangkan dampak inflasi terhadap pendapatan masyarakat memiliki dua sisi mata uang. Bisa berdampak positif pada kondisi tertentu, yang nantinya bisa mendorong pengusaha untuk mengembangkan produksi dan akhirnya bisa meningkatkan ekonomi.

Tetapi di sisi lain juga bisa berdampak negatif jika penghasilan tetap tetapi harga barang atau jasa terus melambung tinggi.

Dampak Inflasi Terhadap Ekspor

Inflasi memberikan dampak yang buruk bagi aktivitas ekspor di suatu negara. Hal ini dikarenakan biaya ekspor yang mahal dan juga daya saing barang ekspor yang menurun.

Keyword: Pengertian Inflasi

Sara Apriana
About Sara Apriana 444 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.