Pengertian Hubungan Internasional | Sarana, Asas dan Manfaatnya

Pengertian Hubungan Internasional, Asas-Asas Beserta Manfaatnya
angalul.com

Hubungan internasional merupakan suatu ilmu yang mempelajari hubungan antarnegara, termasuk di dalamnya seperti peran dari sejumlah negara, organisasi antar pemerintah, organisasi non pemerintah, perusahaan multinasional dan juga organisasi non-pemerintah internasional.

Hubungan internasional sendiri juga dapat dikatakan sebagai sebuah studi pada bidang akademik dan juga kebijakan publik yang bisa memiliki sifat posit ataupun normatif. Hal ini dikarenakan keduanya berusaha dalam menganalisis dan juga merumuskan kebijakan luar negeri.


Pengertian Hubungan Internasional


√ Pengertian Hubungan Internasional | Sarana, Asas dan Manfaatnya
geotimes.co.id

Selain penjelasan umum mengenai hubungan internasional yang sudah di bahas sebelumnya, berikut merupakan penjelasan pengertian lainnya yang merujuk pada undang-undang dan juga beberapa ahli:

1. Undang-Undang No.37 Pasal 1 Angka 1

Hubungan internasional merupakan setiak kegiatan atau aktivitas yang bersangkutan dengan aspek regional dan juga internasional yang dilakukan oleh pemerintah, baik di tingkat pusat dan daerah ataupun lembaga-lembaganya, badan usaha, organisasi masyarakat, organisasi politik, lembaga swadaya ataupun warga negara Indonesia.

2. Tygve Nathlessen

Hubungan Internasional merupakan salah satu bagian dari ilmu politik, dimana komponen pada hubungan internasional tidak lepas dari politik internasional, organisasi, administrasi internasional dan juga hukum internasional.

3. Warsito Sunaryo

Hubungan Internasional merupakan suatu studi yang mempelajari mengenai interaksi setiap jenis kesatuan soaial tertentu, termasuk juga di dalamnya mengenai keadaan relevan yang mengelilingi suatu interaksi.

Kesatuan sosial yang dimaksud dalam penjelasan pengertian ini dapat dikatakan sebagai suatu bangsa, negara, ataupun organisasi negara yang memiliki hubungan bersifat internasional.


Sarana Hubungan Internasional


√ Pengertian Hubungan Internasional | Sarana, Asas dan Manfaatnya
kompasiana.com

Terdapat beberapa sarana yang dibutuhkan untuk menjalankan hubungan internasional, berikut merupakan diantarany:

1. Diplomasi

Merupakan sarana hubungan internasional dalam kegiatan hubungan politik luar negeri antar negara dari negara satu ke negara lainnya yang memperjuangkan politik nasional.

2. Ekonomi/Perdagangan

Merupakan sarana hubungan internasional di mana suatu negara bisa memenuhi kebutuhan yang tidak dapat dipenuhi (diproduksi) oleh negara sendiri dengan cara melakukan ekspor-impor.

3. Militer

Merupakan sarana hubungan internasional yang dilakukan melalui pelatihan kemiliteran yang dilakukan bersama dengan negara lain dalam rangka untuk memperkuat pertahanan negara yang terlibat dan saling berdiplomasi.

4. Propaganda

Merupakan sarana hubungan internasional yang berusaha untuk mempengaruhi emosi dan juga pikiran untuk kepentingan masyarakat umu namun hal tersebut dilakukan dan bersifat sistematis.


Asas-Asas Hubungan Internasional


√ Pengertian Hubungan Internasional | Sarana, Asas dan Manfaatnya
setkab.go.id

Selain sarana, hubungan internasional juga memiliki asas-asas yang diantaranya adalah:

1. Asas Teritorial

Merupakan asas hubungan internasional di mana suatau negara memiliki hal untuk dapat menegakkan hukum tentang semua barang dan juga orang-orang yang berada di area atau wilayah negara.

2. Asas Kebangsaan

Merupakan asas hubungan internasional di mana hukum yang ada di suatu negara bisa tetap berlaku pada warga negaranya, meskipun warga nergara yang bersangkutan sedang berada di negara lain.

3. Asas Kepentingan Umum

Merupakan asas hubungan internasional di mana untuk melindungi dan juga mengatur kepentingan di kehidupan masyarakat, hukut tidak terbatas oleh wilayah tertentu dari suatu negara.

Hal ini membuat negara harus menyesuaikan diri pada peristiwa atau kejadian yang berhubungan dengan kepentingan umum.


Manfaat Hubungan Internasional


√ Pengertian Hubungan Internasional | Sarana, Asas dan Manfaatnya
pixabay.com

Karena dilakukan oleh dua atau lebih lembaga atau negara dengan berbagai macam aspek, hubungan internasional memiliki beberapa manfaat yang diantaranya adalah:

  • Mampu untuk meningkatkan produktivitas ekgiatan dalam kebijakan politik dan juga hubungan luar negeri untuk kepentingan nasional.
  • Dapat meningkatkan dan mempercepat pembangunan nasional.
  • Dapat menjadi salah satu upaya pencegahan dalam berbagai ancaman, hambatan, tantangan dan gangguan pada suatu negara.
  • Dapat meningkatkan perekonomian secara nasional dari suatu negara.

Keyword: Pengertian Hubungan Internasional

Sara Apriana
About Sara Apriana 444 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.