Pengertian Filsafat | Ciri-Ciri dan Juga Cabangnya

Pengertian Filsafat dan Ciri-ciri Orang Berpikir Filsafat
dosenmuslim.com

Filsafat merupakan studi yang membahas secara kritis mengenai berbagai kejadian yang ada dalam kehidupan manusia dan juga pemikiran, kemudian diuraikan secara mendasar dan juga teoretis. Filsafat juga berarti kebijaksanaan untuk memberikan pandangan secara menyeluruh dengan berdasar pada pengalaman hidup dan juga ilmiah.

Secara etomologi, filsafat berasal dari bahasa Yunani philosophia yang memiliki makna pecinta kebijaksanaan. Filsafat merupakan kajian suatu masalah yang mendasar dan juga umum mengenai hal-hal seperti pengetahuan, nilai, akal, pikiran, bahasa, dan juga eksistensi.

Metode yang digunakan dalam filsafat adalah bertanya, melakukan diskusi kritkkal, dialektik, dan juga presentasi yang sistematik. Beberapa pertanyaan mengenai filsafat diantaranya seperti:

  • Apa dimungkinkan untuk mengetahui berbagai macam hal dan juga membuktikannya?
  • Hal apa yang paling nyata?
  • Apa manusia benar-benar memiliki kehendak bebas (free will)?
  • Adakah cara terbaik untuk hidup?
  • Lebih baik menjadi adil atau tidak adil?

Pengertian Filsafat


√ Pengertian Filsafat | Ciri-Ciri dan Juga Cabangnya
history.com

Selain yang sudah dijelaskan secara umum di atas, berikut merupakan penjelasan mengenai pengertian filsafat yang merujuk pada KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) dan juga beberapa ahli:

1. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Filsafat merupakan pengetahuan dan juga penyelidikan yang menggunakan akal budi tentang hakikat dari segala sesuatu yang ada, termasuk sebab, asal dan juga hukumnya. Filsafat juga berarti suatu teori yang menjadi dasar dalam pikiran atau kegiatan.

Arti lain dari filsafat menurut KBBI merupakan ilmu yang mengacu pada logika, estetika, metafisika dan juga epistemologi. Filsafat juga berarti falsafah.

2. Aristoteles

Filsafat merupakan suatu ilmu pengetahuan dengan yang mengacu tentang kebenaran dengan ilmu-ilmu seperti metafisika, logika, etika, retorika, politik, ekonomi dan juga estetika.

3. Imanuel Kant

Filsafat merupakan ilmu pengetahuan yang dijadikan seabgai pokok dari segala pengetahuan yang ada, yang juga mencakup empath al atau persoalan seperti metafisika, etika, agama dan juga antropologi.

4. Clarence Irving Lewis

Filsafat merupakan suatu proses dari refleksi bekerjanya akal manusia yang pada prosesnnya mengandung berbagai macam kegiatan.

5. M. J. Langeveld

Filsafat merupakan suatu kesatuan dari ilmu pengetahuan yang mencakup berbagai hal atau masalah. Diantaranya adalah, masalah keadaan manusia, alam, metafisik, etika, logika dan lainnya. Cakupan hal/ masalah tersebut terdiri dari teori kebenaran, pengetahuan dan juga logika.


Ciri-Ciri Filsafat


√ Pengertian Filsafat | Ciri-Ciri dan Juga Cabangnya
liputan6.com

Berikut merupakan ciri-ciri filsafat secara umum:

  • Bersifat Universal
  • Tidak Faktual
  • Berhubungan dengan Nilai
  • Berhubungan dengan Arti
  • Implikatif

Cabang Filsafat


√ Pengertian Filsafat | Ciri-Ciri dan Juga Cabangnya
kompasiana.com

Berikut merupakan beberapa cabang-cabang ilmu filsafat yang diantaranya adalah:

1. Metafisika

Merupakan cabang ilmu filsafat dengan kajian yang umumnya berpusat pada pertanyaan yang mendasar tentang keberadaan dan juga sifat yang terdiri dari realitas yang dikaji.

2. Logika

Meruapkan cabang ilmu filsafat yang mempelajari hal-hal mengenai kecakapan dalam berpikir secara lurus, tepat dan juga teratur.

3. Filsafat Ilmu

Merupakan cabang ilmu filsafat yang empelajari dan juga menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan hakikat ilmu.

4. Etika

Merupakan cabang ilmu filsafat yang mempelaji hal-hal mengenai norma/aturan yang dijadikan sebagai pedoman dalam berperilaku di masyarakat, serta termasuk sifat baik dan buruk.

5. Estetika

Merupakan cabang ilmu filsafat yang mempelajari mengenai keindahan, misalnya seperti bagaimana keindahan tersebut dapat terbentuk dan juga bagaimana manusia merasakan atau menyadari keindahan tersebut.

6. Epistemologi

Merupakan cabang ilmu filsafat yang membahas mengenai hal-hal pengetahuan seperti asal mulanya, valid tidaknya, metodologinya, bentuk/strukturnya, yang jika secara bersama akan membentuk pengetahuan manusia.

Keyword: Pengertian Filsafat

Sara Apriana
About Sara Apriana 444 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.