Pengertian Etnosentrisme | Faktor-Faktor dan Dampaknya

Pengertian Etnosentrisme dan Contoh Perilaku yang Mencerminkannya
terakota.id

Etnorsentrime merupakan pandangan atau penialain pada kebudayaan lainnya dengan dasar nilai budaya sendiri. Bisa juga dikatakan orang-orang etnosentris memiliki anggapan kebudayaan yang mereka miliki lebih baik jika dibandingkan dengan kebudayaan lain.

Etnosentrisme sendiri bisa terlihat secara tampak atau tidak tampak dalam lingkungan masyarakat. Namun meskipun perbedaan kebudayaan dan etnosentrisme dianggap sebagai kecenderungan alamiah psikologi tiap individu (manusia), namun etnosentrime juga memiliki kesan negatif dalam masyarakat.


Pengertian Etnosentrisme


√ Pengertian Etnosentrisme | Faktor-Faktor dan Dampaknya
steemit.com

Berikut merupakan pengertian etnosentrisme yang merujuk pada KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) dan beberapa ahli:

1. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Etnosentrisme merupakan pandangan yang beranggapan dengan berdasar pada suatu kelompok (kelompoknya sendiri). Umumnya juga disertai dengan adanya sikap dan sudut pandang menganggap rendah atau meremehkan kebudayaan lain selain dari kelompoknya sendiri.

2. Dayakisni dan Yuniardi

Etnosentrisme merupakan sikap dalam melihat atau memandang individu atau kelompok tertentu dengan berdasarkan nilai yang ada pada budaya dari kelompoknya sendiri.

3. Taylor, Peplau dan Sears

Etnosentrisme merupakan suatu hal dalam kepercayaan usatu kelompok masyarakat yang memiliki pandangan, melihat atau menganggap kebudayaannya lebih baik, lebih superior daripada kebudayaan lainnya.

4. Levine dan Campbell (dalam Scott 1988)

Etnosentrisme merupakan suatu pandangan atau sudut pandang yang beranggapan bahwa kelompok tertentu dalam budaya tertentu memandang dan juga menilai budaya lain selain budayanya sendiri memiliki nilai yang berbeda.

5. Coleman dan Cressey (1984)

Etnosentrisme merupakan pandangan dari sesesorang yang berasal dari kelompok etnis tertentu yang memiliki kecenderungan untuk melihat budayanya sendiri sebagai yang terbaik jika dibandingkan dengan kebudayaan yang lainnya.


Faktor Penyebab Etnosentrisme


√ Pengertian Etnosentrisme | Faktor-Faktor dan Dampaknya
rocketmanajemen.com

Selain dianggap sebagai kecenderungan alamiah dan psikologi manusia, etnosentrisme juga memiliki faktor penyebabnya. Berikut merupakan diantaranya:

1. Budaya Politik

Budaya politik pada masyarakat sebagian cenderung tradisional dan juga tidak rasional. Hal ini membuatnya menjadi sangat subjektif, penuh dengan ikatan emosional dan juga ikatan primordial yang menguasai tiap individu pada masyarakat.

Oleh karena itu tidak jarang masyarakat yang terlibat dalam politik terlihat lebih mementingan kepentingannya sendiri sebagai individu atau kelompok termasuk suku, etnis, agama dan yang lainnya.

2. Pluralitas Indonesia

Dengan beragamnya suku, agama, ras dan juga golongan yang ada di Indonesia membuatnya tidak jarang ditemukan persoalan sosial atau konflik yang dapat muncul dengan mudah. Tidak jarang juga sebagian yang terlibat permasalah tersebut berusaha mendapatkan kekuasaan dan menguasai yang lainnya.


Faktor yang Mempengaruhi Etnosentrisme


√ Pengertian Etnosentrisme | Faktor-Faktor dan Dampaknya
dosenpendidikan.com

Setelah sebelumnya membahas mengenai faktor penyebab dari adanya etnosentrisme, maka kali ini membahas mengenai faktor yang mengpengaruhi terjadinya etnosentrisme. Berikut merupakan diantaranya:

1. Prasangka Sosial

Merupakan sikap negatif yang diarahkan dari individu ke individu lainnya dengan dasar perbandingan kelompok (kelompoknya sendiri).

2. Stereotipe

Merupakan suatu keyakinan individu pada individu lainnya yang dipengaruhi oleh faktor pengetahuan atau juga pengalamannya selama hidup.

3. Jarak Sosial

Merupakan prasangka atau dugaan sosial yang memperlihatkan tingkat penerimaan tiap individu pada individu lainnya dalam hubungan sosial yang terjadi diantara keduanya.


Dampak Etnosentrisme


√ Pengertian Etnosentrisme | Faktor-Faktor dan Dampaknya
ahlulbaitindonesia.or.id

Selain faktor penyebanya, ada juga dampak yang dihasilkan dari etnosentrisme. Berikut merupakan diantaranya:

Dampak Positif

  • Dapat menumbuhkan semangat patriotisme tiap individu.
  • Dapat menjaga stabilitas dan keutuhan dari kebudayaan yang ada.
  • Dapat meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air atau bangsa sendiri.

Dampak Negatif

  • Dapat menimbulkan terjadinya konflik sosial antar suku atau antar kebudayaan.
  • Dapat menghambat terjadinya asimilasi.
  • Dapat membantu mengurangi objektifitas ilmu pengetahuan dan juga sains.
  • Dapat menghambat terjadinya pertukaran budaya antar daerah.

Keyword: Pengertian Etnosentrisme

Sara Apriana
About Sara Apriana 455 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.