Pengertian Etnosentrisme dan Contoh Perilaku yang Mencerminkannya

Pengertian Etnosentrisme dan Contoh Perilaku yang Mencerminkannya
terakota.id

Pengertian etnosentrisme adalah penilaian terhadap kebudayaan lain atas dasar nilai dan standar budaya sendiri.

Orang-orang etnosentris menilai kelompok lain relatif terhadap kelompok atau kebudayaannya sendiri, khususnya bila berkaitan dengan bahasa, perilaku, kebiasaan, dan agama.

Perbedaan dan pembagian etnis ini mendefinisikan kekhasan identitas budaya setiap suku bangsa.

Etnosentrisme mungkin tampak atau tidak tampak, dan meski dianggap sebagai kecenderungan alamiah dari psikologi manusia, etnosentrisme memiliki konotasi negatif di dalam masyarakat.


Pengertian Etnosentrisme secara Etimologi


steemit.com

Etnosentris berasal dari kata etnik. Etnosentrisme adalah suatu presepsi yang dimiliki kebudayaan yang mereka miliki tiap individu yang menganggap bahwa kebudayaan yang mereka miliki lebih baik dari budaya lainnya atau dapat dikatakan etnosentrisme itu adalah fanatisme suku bangsa.

Pengertian etnosentrisme secara umum adalah penilaian terhadap kebudayaan lain lebih rendah daripada kebudayaan yang dimiliki oleh kelompoknya sendiri.

Orang etnosentrisme menilai kelompok lain dengan nilai yang relatif baik pada kelompok dan kebudayaannya khususnya jika berkaitan dengan bahasa, perilaku, kebiasaan dan agama etnosentrisme ini mungkin terkadang tampak maupun tidak tampak meskipun ini dianggap sebagai kecendurangan alamiah.

Pengertian etnosentrisme secara sederhana adalah sikap fanatisme terhadap suku bangsanya sendiri.


Pengertian Etnosentrisme Menurut Para Ahli


1. Sumnel (dalam lubis 1999)

rocketmanajemen.com

Pengertian etnosentrisme adalah  kecenderungan manusia yang mengikuti naluri biologinya yang mementingkan diri sendiri lebih unggul dari orang lain dan menjadi seorang Individualistik.

2. Hariyono 1993

Pengertian etnosentrisme adalah suatu perasaan in group dan out group dalam suatu dasar sikap yang dilakukan oleh seseorang.

3. Harris (1985)

Etnosentrisme adalah kecenderungan seseorang yang menganggap bahwa kelompoknya lebih baik dibandingkan kelompok yang lain sehingga hal tersebut mendorong tindakan-tindakan yang tidak rasional seperti melakukan kekerasan, peperangan, tawuran dan sebagainya.

4. Coleman dan Cressey (1984)

Pengertian etnosentrisme adalah seseorang yang berasal dari kelompok etnis yang cenderung melihat budaya mereka sebagai yang terbaik dibandingkan dengan kebudayaan yang lain.

5. Zastrow (dalam lubis 1999)

Pengertian etnosentrisme adalah suatu setiap yang dilakukan oleh kelompok etnis secara tertutup tanpa mempertimbangkan keadaan kelompok lainnya

6. Levine dan Campbell (dalam scott 1988)

Pengertian etnosentrisme adalah pandangan kelompok tertentu di mana yang berasal dari satu budaya untuk menilai budaya lain yang memiliki nilai berlawanan atau berbeda dengan kebudayaannya.

7. Taylor, Peplau, dan Sears (2000)

dosenpendidikan.com

Pengertian etnosentrisme adalah suatu hal yang mengacu pada kepercayaan kelompok masyarakat bahwa kebudayaannya selalu lebih baik atau superior dari pada kebudayaan yang lain.

8. Hogg (2003)

Pengertian etnosentrisme  adalah kegiatan yang melibatkan distribusi internal dan eksternal dalam kehidupan masyarakat.

Kalau kita ambil kesimpulan atas pengertian etnosentrisme menurut para ahli ini, dapat disimpulkan bahwa etnosentrisme adalah sikap individual yang menganggap diri dan kelompoknya lebih baik dibandingkan dengan yang lainnya.


Faktor Penyebab Etnosentrisme


Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan timbulnya sikap etnosentrisme dalam masyarakat, yaitu faktor budaya politik dan pluralisme dari bangsa Indonesia sendiri.

1. Budaya dan politik

Budaya dan politik merupakan faktor dasar penyebab (internal) munculnya sikap etnosentrisme, terlebih pada budaya politik masyarakat yang cenderung tradisional dan tidak rasional.

Masyarakat yang terlibat dalam politik seringkali mementingkan kepentingan mereka sendiri mulai dari suku, etnis, agama, dan lain sebagainya.

2. Pluralitas bangsa Indonesia

Pluralitas bangsa Indonesia teejadi karena bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar. Tak jarang masalah pluralitas ini menjadi penyebab terjadinya banyak permasalahan di Indonesia sendiri.


Dampak Terjadinya Etnosentrisme


ahlulbaitindonesia.or.id

1. Dampak Positif

  1. Mempertinggi semangat patriotisme
  2. Menjaga keutuhan dan stabilitas kebudayaan.
  3. Mempertinggi rasa cinta tanah air atau terhadap bangsa sendiri.
  4. Dampak Negatif

Dampak negatif terjadinya etnosentrisme adalah :

  1. Dapat menimbulkan konflik antar suku, agama, ras, dan juga golongan.
  2. Munculnya berbagai macam aliran politik.
  3. Menghambat proses asimilasi budaya yang berbeda satu sama lain.

Contoh Sikap yang Mencerminkan Etnosentrisme


terakota.id

Contoh etnosentrisme yang ada di Indonesia yaitu perilaku carok di masyarakat Madura.

Carok adalah upaya pembunuhan yang dilakukan oleh sorang laki-laki jika merasa harga dirinya terusik sepintas perilaku tersebut dianggap brutal dan tidak masuk akal untuk menyelesaikan sebuah masalah bagi kelompok lain.

Namun bagi masyarakat madura konsep harga diri adalah konsep yang sakral dan harus dijunjung oleh masyarakat.

Contoh lain dari sikap etnosentrisme adalah suku yang tinggal di pedalaman Papua, yang menganggap bahwa penggunaan koteka itu suatu yang membanggakan.

Demikian penjelasan mengenai pengertian etnosentrisme beserta faktor juga contoh di Indonesia, semoga bermanfaat. Salam!

Keyword: Pengertian Etnosentrisme

Sara Apriana
About Sara Apriana 486 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.