Pengertian Empiris, Bukti Empiris, dan Empirisme

11 Pengertian Empiris di Berbagai Bidang Ilmu dan Menurut Beberapa Ahli
reverbnation.com

Empiris merupakan suatu sumber pengetahuan yang didapatkan dari melakukan suatu observasi atau percobaan. Sedangkan bukti empiris merupakan informasi yang membenarkan kepercayaan baik itu dalam kebenaran atau kebohongan dari klaim empiris.

Namun pada pandangan empiris, pengetahuan saat seseorang memiliki suatu kepercayaan yang benar, itu hanya bisa diklaim dengan berdasarkan bukti empiris. Hal ini tentunya bertolak belakang dengan rasionalisme dimana akala tau refleksi dianggap menjadi bukti dari kebenaran/kebohongan.

Dalam artian lain, empiris dikatakan sebagai hasil percobaan di mana hasilnya merupakan suatu konfirmasi gabungan. Untuk mengkualifikasi metode teoretis yang juga sebagai bagian dari hukum postulasi ilmiah dan juga hasil percobaan, digunakanlah istilah semi empiris.


Pengertian Empiris


√ Pengertian Empiris, Bukti Empiris, dan Empirisme
pixabay.com

Selain penjelasan singkat mengenai pengertian empiris yang sudah di bahas sebelumnya, berikut merupakan pengertian empiris lainnya yang merujuk pada KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) dan beberapa ahli:

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Empiris merupakan suatu yang didefinisikan dengan berdasar pada pengalaman. Empiris sendiri merupakan ilmu pengetahuan yang didapatkan dari suatu percobaan, penemuan dan juga pengamatan yang sudah dilakukan.

2. Yesmil Anwar & Adang (Empiris dalam Sosiologi)

Dalam lingkup sosiologi, empiris merupakan pengetahuan yang berdasarkan dari akal sehat, tidak bersifat spekulatif dan juga dengan berdasarkan pada observasi pada kenyataan.

3. Hilman Hadikusuma

Empiris merupakan penelitian yang bersifat menjelajah (eksplorator), menggambarkan (deskriptif) dan juga menjelaskan penelitian tersebut (eksplanator).

4. Amiruddin dan Zainal Asikin

Empiris merupakan penelitian dengan menitik beratkan pada fenoma atau keadaan objek tertentu yang sedang diteliti menggunakan cara yang detail dalam mengumpulkan fakta yang terjadi dan juga mengembangkan konsep yang sudah ada sebelumnya.


Pengertian Bukti Empiris


√ Pengertian Empiris, Bukti Empiris, dan Empirisme
mantranews.id

Bukti empiris merupakan suatu informasi yang dapat membenarkan suatu kepercayaan kebohongan atau kebenaran dalam suatu klaim empiris yang ada. Sumber utama dari bukti empiris adalah indra manusia.

Meskipun terdapat sumber lain seperti ingatan dan kesaksian yang ditelusuri menggunakan pengalaman indrawi, semua hal tersebut hanya dianggap sebagai tambahan atau bukti tidak langsung.


Empirisme


√ Pengertian Empiris, Bukti Empiris, dan Empirisme
pixabay.com

Berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), empirisme adalah suatu aliran ilmu pengetahuan dari ilmu filsafat yang berdasarkan pada metode empiris, dimana merupakan teori yang mengatakan pengetahuan didapatkan dengan pengalaman dan indra manusia.

Empirisme menolak sebuah anggapan yang mengatakan bahwa manusia ketika dilahirkan sudah membawa fitrah pengetahuan di dalam dirinya. Sebagai lawan atau kebalikan dari rasionalisme, untuk memahami empirisme diperlukan terlebih dahulu mengenai pemahaman dari dua ciri pokoknya.


Ciri-Ciri Empirisme


√ Pengertian Empiris, Bukti Empiris, dan Empirisme
pixabay.com

Ciri dari empirisme dibedaka menjadi dua, yaitu teori makna dan teori pengetahuan. Berikut merupakan penjelasan singkatnya:

1. Teori Makna

Merupakan suatu teori mengenai asal muasal pengetahuan, yang juga dapat dikatakan sebagai asal-usul dari ide atau juga konsep.

2. Teori Pengetahuan

Merupakan suatu teori yang menyatakan kalau semua kebanaran yang ada adalah kebenaran a posteriori (kebenaran yang didapatkan berdasarkan observasi).


Contoh Empirisme


√ Pengertian Empiris, Bukti Empiris, dan Empirisme
pixabay.com
  • Bagaimana tahu kalau es itu dingin? Orang yang menganut empirisme memiliki anggapan bahwa es diketahui dingin karena orang pernah menyentuhnya langsung dengan indranya, sehingga dia memperoleh pengetahuan kalau es itu dingin.
  • Contoh lainnya misalnya ketika belajar mengendarai sepeda, orang tidak bisa secara langsung mengendarainya dengan lancar. Tidak jarang pada prosesnya orang yang belajar mengendarai sepeda terjatuh dan gagal berulang kali. Namun dari pengalaman yang dialami secara langsung oleh indranya tersebut membuatnya dapat belajar bagaimana mengendarai sepeda.

Keyword: Pengertian Empiris

Sara Apriana
About Sara Apriana 455 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.