Pengertian Demokrasi serta Jenis-Jenis Penerapannya

Pengertian Demokrasi serta Jenis-Jenis Penerapannya
jalindo.net

Secara umum, pengertian demokrasi adalah bentuk pemerintahan dimana setiap warga negara mempunyai hak yang setara dalam pengambilan ketentuan terkait keputusan hidup mereka.

Demokrasi juga bisa dianggap sebagai kekuasaan yang menitik beratkan pada kekuasaan rakyat, dimana rakyat memiliki kedaulatan yang paling tinggi.

Demokrasi mengizinkan warga negaranya untuk terlibat baik dengan cara segera atau mungkin dengan perwakilan dalam perumusan, pengembangan, dan pembuatan hukum.


Pengertian Demokrasi


mediakonsumen.com

Istilah demokrasi berasal dari bahasa Yunani yaitu dari kata “demokratia” yang artinya kekuasaan rakyat. “Demokratia” terdiri dalam dua kata yakni “demos” yang bermakna rakyat serta “kratos” yang bermakna kebolehan atau kekuasaan.

Demokrasi meliputi situasi sosial, ekonomi, serta budaya yang memungkinkan terjadinya praktek kebebasan politik baik dengan cara bebas serta setara.

Dalam lingkup pemerintahan, demokrasi adalah sistem pemerintahan yang diselenggarakan dari rakyat, oleh rakyat serta untuk rakyat.

Demokrasi merupakan sistem sosial serta politik pemerintahan diri dengan kekuasaan-kekuasaan pemerintah yang dibatasi dengan hukum serta tradisi untuk perlindungan hak-hak perseorangan warga negara. Dikenal dengan sistem pemerintahan oleh rakyat serta untuk rakyat.

Yang mengerjakan kekuasaan negara yakni wakil-wakil rakyat yang terpilih. Dimana rakyat sudah mempercayai jika semua kehendak serta kepentingannya akan dicermati dan dipenuhi oleh si wakil rakyat tersebut.


Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli


√ 8 Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli [Lengkap]
Image Source: idntimes.com
Pandangan akan pengertian demokrasi memang berbeda-beda, dan di ulasan ini akan di jabarkan beberapa ungkapan yang diutarakan oleh para ahli, yaitu:

– Pengertian Demokrasi Menurut Abraham Lincoln

Pemerintah adalah dari, oleh dan untuk rakyat.

– Pengertian Demokrasi Menurut Kranemburg

Berdasarkan bahasa Yunani yaitu demos (rakyat) dan cratein (memerintah). Jadi menurutnya adalah cara memerintah yang dibuat dari rakyat.

– Pengertian Demokrasi Menurut Harris Soche

Pemerintahan ada pada rakyat dan kekuasaan sangat berkaitan erat dengan rakyat.

– Pengertian Demokrasi Menurut Koentjoro Poerbopranoto

Suatu Negara yang sistem pemerintahannya dikuasai oleh rakyat. Hal tersebut menandakan bahwa adanya campur tangan dan keikutsertaan rakyat dalam suatu pemerintahan.

– Pengertian Demokrasi Menurut Internatinal Commision For Jurist

Bentuk pemerintahan yang digunakan untuk pembuatan keputusan politik yang diadakan oleh wakil-wakil yang telah dipilih sebelumnya dan memiliki tugas untuk bertanggung jawab kepada rakyat berdasarkan suatu pemilihan yang diadakan secara bebas.

– Pengertian Demokrasi Menurut Henry B. Mayo

Memperlihatkan adanya kebijakan umum yang ditentukan berdasarkan keputusan mayoritas dari wakil-wakil yang mendapatkan pengawasan efektif oleh rakyat.

Faktor itu didasarkan pada kesamaan politik di dalam suatu kondisi dimana kebebasan berpolitik telah terjamin kebebasannya.

– Pengertian Demokrasi Menurut Samuel Huntington

Sistem politik digunakan sebagai demokratis sejauh para pihak yang memiliki wewenang untuk membuat keputusan kolektif yang paling kuat pada sistem tersebut telah ditunjuk melalui suatu pemilihan umum (Pemilu)

Yang berprinsip pada keadilan, kejujuran dan berlaku untuk semua rakyat yang telah dewasa memiliki hak yang sama untuk memberikan suaranya dalam memilih pemimpin yang diinginkannya.

– Pengertian Demokrasi Menurut C. F Strong

Pemerintahan yang terdiri dari mayoritas orang dewasa yang menjadi anggota dari masyarakat yang berpolitik turut serta dengan sistem perwakilan yang telah menjamin bahwa pihak pemerintah pada akhirnya akan mampu melakukan pertanggung jawabannya terhadap suatu perilaku dan tindakan kepada mayoritas.


Jenis-Jenis Demokrasi


idntimes.com

Demokrasi banyak difungsikan di suatu negara dengan dengan berbagai jenis sistem yang berbeda. Jadi, jika dikategorikan demokrasi terbagi menjadi lebih dari satu jenis. Berikut penjelasannya:

a. Demokrasi Berdasarkan pada Penyaluran Kehendak Rakyat

• Demokrasi Segera (Direct Democracy)

Pengertian demokrasi segera yaitu sistem demokrasi yang selalu melibatkan rakyat secara segera dalam pengemabilan setiap keputusan negara. Pada sistem ini rakyat dengan cara segera terlibat dalam penentuan umum serta memberikan kehendaknya.

• Demokrasi Tidak Segera (Indirect Democracy)

Demokrasi tidak segera merupakan sistem demokrasi yang tidak dengan terburu-buru melibatkan semua rakyat dalam pengambilan keputusan dalam satu negara. Apirasi rakyat ditampung terlebih dahulu melalui wakil-wakil yang dipilih oleh rakyat.

Wakil rakyat tersebut diyakini mampu menjadi penghubung dalam mewujudkan kehendak rakyat dengan baik. Jadi dalam sistem demokrasi tidak segera, rakyat tidak dilibatkan secara langsung dalam penentuan keputusan.

b. Demokrasi Berdasarkan pada Konsentrasi Perhatiannya

agitasi.noblogs.org

• Demokrasi Resmi

Prinsipnya demokrasi ini akan memfokuskan pada sektor politik tanpa ada kurangnya kesenjangan sosial.

• Demokrasi Material

Dimana demokrasi akan fokus pada sektor politik dan akan terfokus pada material serta akan memperhatikan kesenjangan sosial

• Demokrasi Kombinasi

Prinsipnya demokrasi ini akan berfokus pada bidang ekonomi dan politik, agar keduanya dapat berjalan seimbang.

c. Berdasarkan pada Prinsip Ideologi

• Demokrasi Liberal

Pengertian demokrasi liberal yaitu sistem demokrasi yang didasarkan dari hak individu satu warga negara. Pada demokrasi ini, sistem pemerintahan dikuasai seutuhnya oleh rakyat.

Pemerintah sebagai perangkat negara tidak banyak ikut serta dalam kehidupan penduduk dan hanya memiliki kekuasaan yang sangat terbatas.

Demokrasi liberal disebut juga sebagai demokrasi konstitusi, dimana kekuasaanya  yang dibatasi oleh konstitusi tertentu.

• Demokrasi Komunis

Sistem demokrasi komunis didasarkan pada hak pemerintah di negaranya, dimana pemerintah memegang penuh kekuasaan paling tinggi di suatu negara.

Demokrasi komunis tidak dibatasi serta memiliki sifat totaliter yang membuat hak tiap-tiap individu di negara tersebut tak berpengaruh pada sistem pemerintahan.

• Demokrasi Pancasila

Pengertian demokrasi pancasila yaitu demokrasi yang didasarkan pada ideologi Indonesia, yakni Pancasila yang didasarkan pada tata sosial serta budaya bangsa Indonesia. Demokrasi Pancasila merupakan asas yang hingga kini dianut oleh sistem pemerintahan di Indonesia.

Keyword: Pengertian Demokrasi

Sara Apriana
About Sara Apriana 486 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.