Yuk Mengenal 5 Tokoh Pendiri ASEAN! Indonesia Salah Satunya!

5 Tokoh Penting Pendiri ASEAN dan Profil Negaranya
rappler.com

ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) atau yang juga dikenal sebagai Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara merupakan organisasi yang menjadi tempat mewadahi kerja sama 10 negara Asia Tenggara.

ASEAN sendiri dibentuk pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand oleh 5 negara dan salah satunya adalah Indonesia. Negara-negara pendiri ASEAN diantaranya Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina dan Thailand.

Sebagai organisasi geopolitik dan ekonomi dari negara-negara di Asia Tenggara, ASEAN dibentuk dengan tujuan agar dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, pengembangan kebudayaan dan juga kemajuan sosial.

Selain hal tersebut, berdasarkan deklarasi Bangkok, ASEAN juga didirikan untuk meningkatkan perdamaian dan juga kestabilan regional, memelihara kerja sama, meningkatkan kerja sama di berbagai bidang, dan saling membantu kepentingan bersama, mulai dari ekonomi, sosial teknik, ilmu pengetahuan, dan juga administrasi.


Pendiri ASEAN


√ Yuk Mengenal 5 Tokoh Pendiri ASEAN! Indonesia Salah Satunya!
bangkokpost.com

Keinginan kuat para pendiri ASEAN ingin membuat Kawasan Asia tenggara aman, damai, stabil dan sejahtera dikarenakan situasi pada tahun 1960-an rawan konflik, baik itu pengaruh ideologi negara-negara besar atau konflik antar negara yang dapat mengganggu stabilitas.

Penasaran siapa saja 5 tokoh hebat yang mendirikan ASEAN? Yuk kenali dan simak 5 tokoh hebat pendiri ASEAN di bawah ini.

1. Adam Malik (Indonesia)

√ Yuk Mengenal 5 Tokoh Pendiri ASEAN! Indonesia Salah Satunya!
id.wikipedia.org

Adam Malik Batubara lahir pada tanggal 22 Juli 1917 di Pematangsiantar, Sumatra Utara. Adam Malik mengawali karirnya sebagai tokoh pergerakan kebangsaan dan juga sebagai wartawan.

Ketika masa muda, Adam Malik sudah aktif dalam pergerakan nasional memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Ia menjabat sebagai Wakil Direktur merangkap sebagai Redaktur juga di Kantor Berita Antara.

Pada tahun 1967, sebagai Menteri Luar Negeri pada masa Orde Baru turut berperan sebagai salah satu pelopor dari terbentuknya ASEAN pada Deklarasi Bangkok.

2. Tun Abdul Razak (Malaysia)

√ Yuk Mengenal 5 Tokoh Pendiri ASEAN! Indonesia Salah Satunya!
givaldy.wordpress.com

Tun Abdul Razak dikenal sebagai salah satu tokoh pendiri Malaysia, Ia juga menjadi Perdana Menteri Malaysia yang ke-2, dari tahun 1970-1976. Tidak hanya itu saja, Tun Abdul Razak pun penggagas Dasar Ekonomi Baru dan Barisan Nasional di tahun 1973.

Jejak karir Tun Abdul Razak pun juga luar biasa. Ia dilantik menjadi Ketua Pemuda Organisasi Nasional Melayu Bersatu. Dua tahun kemudian menjadi Sekretaris Kerajaan Barat. Ketika berusia 33 tahun, ia menjadi Menteri Besar Pahang.

Sama seperti Adam Malik, Tun Abdul Razak menjadi wakil dari Malaysia sebagai salah satu pelopor terbentuknya ASEAN.

3. Rajaratnam (Singapura)

√ Yuk Mengenal 5 Tokoh Pendiri ASEAN! Indonesia Salah Satunya!
pap.org.sg

Sinnathamby Rajaratnam atau yang lebih dikenal dengan S. Rajaratnam lahir pada tanggal 25 Februari 1915 di Jaffna, Sri Lanka. Ia menjadi salah satu dari lima tokoh Pendiri ASEAN pada 8 Agustus 1967.

Pada awalnya S. Rajaratnam bekerja sebagai jurnalis The Traits Times pada tahun 1950-an, lalu beralih sebagai politikus pada tahun 1959 dan juga bergabung dengan Partai Aksi Rakyat.

S. Rajaratnam pernah menjabat sebagai Menteri Kebudayaan, Menteri Luar Negeri, Menteri Perindustrian, Wakil Perdana Menteri dan Menteri Senior sampai masa ia pensiun.

4. Narciso Ramos (Filipina)

√ Yuk Mengenal 5 Tokoh Pendiri ASEAN! Indonesia Salah Satunya!
goodnewsfromindonesia.id

Pada Deklarasi Bangkok pada 8 Agustus 1967, Narciso Ramos menjadi orang pertama yang memberi sambutan dan juga menjadi salah satu dari 5 tokoh pendiri ASEAN bersama Menteri Luar Negeri lainnya.

Narciso Ramos lahir pada tanggal 11 November 1900 di Asingan, Pengasingan, Filipina. Ia seorang diplomat, dan pernah menjadi anggota legislatif selama 5 periode. Narciso Ramos menjadi Menteri Luar Negeri pada pemerintahan Ferdinand Marcos.

5. Thanat Khoman (Thailand)

√ Yuk Mengenal 5 Tokoh Pendiri ASEAN! Indonesia Salah Satunya!
id.wikipedia.org

Thanat Khoman merupakan Menteri Luar Negeri dari Thailand pada tahun 1959-1971 yang mewakili Thailand dalam Deklarasi Bangkok dan menjadi salah satu pendiri ASEAN bersama dengan 4 tokoh lainnya.

Thanat Khoman lahir pada tanggal 9 Februari 1914 di Bangkok. Ia berperan penting ketika mediasi Indonesia dan Malaysia. Setelah mewakili Thailand pada Deklarasi Bangkok pada pendirian ASEAN, ia mengundurkan diri pada 17 November 1971 setelah kudeta.

Keyword: Pendiri ASEAN

Sara Apriana
About Sara Apriana 455 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.