4 Pelaku Ekonomi dari Berbagai Elemen di Suatu Wilayah atau Negara

4 Pelaku Ekonomi dari Berbagai Elemen di Suatu Wilayah atau Negara
brilio.net

Pelaku ekonomi adalah orang-orang yang melakukan aktivitas ekonomi dan dapat diartikan pula sebagai pihak-pihak yang mencoba meyelesaikan permasalahan ekonomi. Di setiap kegiatan ekonomi pasti di dalamnya ada pelaku ekonomi. Dimana para pelaku ekonomi menjadi pihak-pihak yang melakukan transaksi dalam kegiatan economi.


Pelaku Ekonomi


Pelaku atau penyelenggara ekonomi meliputi perorangan, lembaga-lembaga, maupun instansi-instansi pemerintah yang melakukan kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi yang dilakukan mulai dari produksi, konsumsi, maupun distribusi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia yang beraneka ragam. Semua kegiatan ekonomi setidaknya melibatkan dua pelaku ekonomi.

Dua eksekutor yang harus ada dalam setiap kegiatan ekonomi adalah rumah tangga produsen dan rumah tangga konsumen. Setiap pelaku ekonomi memiliki perannya masing-masing dalam kegiatan ekonomi. Seiring kemajuan zaman, pihak-pihak yang melakukan kegiatan  ekonomi tidak terbatas pada rumah tangga konsumen dan produsen saja, tapi juga rumah tangga pemerintah atau negara dan masyarakat luar negeri.

Rumah Tangga Konsumen

koperasi.net

Konsumen merupakan subyek yang melakukan kegiatan ekonomi berupa mengkonsumsi obyek yang ada dalam kegiatan ekonomi. Subyek atau konsumen bisa terdiri dari perorangan, keluarga, kelompok masyarakat, dan organisasi.

Kegiatan konsumssi dilakukan oleh rumah tangga konsumen dengan cara menghabiskan atau mengurangi nilai harga guna suatu barang maupun jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Barang dan jasa yang dibutuhkan oleh rumah tangga konsumen bisa di dapat dari rumah tangga produsen.

Rumah Tangga Produsen

pelaku ekonomi
ekonomi.bisnis.com

Pola kegiatan produkssi pada kehidupan sehari hari atau pada kegiatan ekonomi, dapat diusahakan oleh perorangan, koperasi, maupun yang diusahakan oleh badan usaha milik negara, juga swasta. Baik itu swasta yang berskala nasional maupun swasta yang merupakan perusahaan asing kecil atau besar.

Agar mempermudah analisa kegiatan ekonomi dalam masyarakat, semua yang terlibat dalam produksi dikumpulkan dalam sebuah kelompok. Baik sebagai pengusaha perorangan, maupun badan-badan usaha seperti yang disebutkan sebelumnya masuk kedalam kelompok yang dinamakan rumah tangga produksi (RTP).

Produsen atau rumah tangga produksi memiliki kegiatan utama sebagai penghasil barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan atas permintaan masyarakat. Terdapat ketergantungan antara RTP dan RTK sebagai penyedia faktor produksi.

Semua kegiatan produksi yang dilakukan oleh RTP atau produsen sebaiknya memperhatikan aspek efektivitas dan efisiensi. Selain itu, RTP juga perlu memperhatikan perilaku jujur, peduli, dan bertanggung jawab atas barang dan atau jasa yang diproduksi.

Hubungan antara RTP dengan RTK terlihat dari semakin besar produksi berarti akan semakin memperluas kesempatan kerja. Peningkatan kesempatan kerja berarti akan meningkatkan pendapatan. Kemudian peningkatan pendapatan berarti akan meningkatkan permintaan terhadap barang dan jasa hasil produksi dan seterusnya.

Pelaku Ekonomi berupa Pemerintah/ Rumah Tangga Negara

kanalaceh.com

Di dalam suatu negara, kegiatan perekonomian tidak terlepas dari peran rumah tangga negara atau pemerintah. Pemerintah berperan mengatur, mengendalikan, serta mengawasi kegiatan ekonomi di dalam negara tersebut.

Contoh peran pemerintah dalam kegiatan perekonomian, seperti menurunkan tingkat pengangguran, menurunkan tingkat inflasi, dan menjaga kestabilan nilai tukar rupiah. Tak hanya mengatur, menstabilkan nilai rupiah, dan mengembangkan kegiatan perekonomian, pemerintah juga berperan sebagai pemangku kegiatan ekonomi yang aktif.

Pelaku Ekonomi berupa Masyarakat Luar Negeri

cnnindonesia.com

Masyarakat luar negeri yang dimaksud disini, yakni kelompok yang melakukan kegiatan ekonomi dari negara lain. Hadirnya produk impor di Indonesia menunjukkan adanya kegiatan ekonomi masyarakat luar negeri dalam perekonomian nasional.

Beberapa negara di dunia melakukan kerjasama perdagangan eksspor, impor untuk memenihi kebutuhan masyarakatnya. Adanya kegiatan ekspor impor ini melibatkan pelaku ekonomi dalam negeri juga masyarakat luar negeri.

Pelaku ekonomi dalam negeri yang merupakan produsen melakukan kegiatan ekspor untuk menjual produk mereka ke kancah internasional. Dimana dari kegiatan tersebut dapat mendatangkan devisa bagi negara. Selain itu, orang yang melakukan kegiatan ekonomi dalam negeri juga melakukan impor dari luar negeri. Dimana kegiatan ini dimaksudkan untuk memenihi kebutuhan masyarakat dalam negeri.

 

 

Keyword: pelaku ekonomi

Sara Apriana
About Sara Apriana 455 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.