Nama Pahlawan Revolusi Indonesia Beserta Biografi Singkatnya

√ 10 Nama Pahlawan Revolusi Indonesia | Biografi dan Dasar Penetapan Gelarnya
moondoggiesmusic.com

Nama pahlawan revolusi Indonesia – Adalah pahlawan seseorang yang dianggap telah berkorban demi kepentingan orang banyak.

Adalah pahlawan seseorang yang rela memperjuangkan kebenaran dengan gagah berani. Dalam hal ini tentu arti pahlawan sangatlah luas.

Siapapun bisa menjadi pahlawan, tak hanya tokoh atau tentara nasional, rakyat biasa pun bisa menjadi seorang pahlawan.

Kita tahu betul bahwa rakyat aceh yang tidak pernah disebutkan dalam buku sejarah tetapi turut memperjuangkan kemerdekaan adalah pahlawan. Begitu juga dengan jutaan rakyat di daerah lainnya.

Tetapi dalam sejarah bangsa ini kita juga mengenal beberapa tokoh yang disebutkan secara spesifik namanya dan didapuk sebagai pahlawan revolusi Indonesia.

Mereka adalah perwira militer yang gugur dalam peristiwa Gerakan 30 September (G30S). Tepatnya ada 10 nama tokoh revolusi Indonesia yang akan kami sebutkan satu persatu di bawah ini:


Nama Pahlawan Revolusi Indonesia


Nama Pahlawan Revolusi Indonesia Beserta Biografi Singkatnya
kupang.tribunnews.com

Berikut ini adalah nama pahlawan Revolusi Indonesia yang telah gugur dalam peristiwa sejarah masa lalu:

Jenderal TNI Anumerta Ahmad Yani

Nama ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga teman-teman, terlebih untuk mereka yang pernah belajar di bangku sekolah.

Jenderal Ahmad Yani, namanya begitu dihormati bahkan kemudian untuk mengenangnya, namanya sering digunakan untuk menamai jalan di sejumlah daerah Indonesia.

Seperti yang telah diketahui, Ahmad Yani adalah seorang komandan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat yang lahir di Purworejo pada 19 Juni 1922.

Sebelum tewas di peristiwa G30S, Ia diculik dari tempat tinggalnya  dan kemudian ditemukan sudah tidak bernyawa dalam lubang buaya bersama perwira militer lainnya.

Letnan Jenderal Siswondo Parman

Pahlawan revolusi Indonesia ini lahir di Wonosobo pada tanggal 4 Agustus 1918. Jenderal Siswondo Parman merupakan salah satu perwira intelejen yang kabarnya cukup dekat dengan Partai Komunis Indonesia.

Mayor Jenderal Pandjaitan

Nama Pahlawan Revolusi Indonesia Beserta Biografi Singkatnya
tribunnewswiki.com

Dari namanya saja kita sudah tahu bahwa Mayjen Pandjaitan berasal dari Sumatera Utara. Lahir pada tanggal 19 Juni 1925.

Ia adalah salah satu orang yang terlibat dalam pembentukan tentara Keamanan Rakyat yang merupakan cikal bakal berdirinya Tentara Nasional Indonesia.

Menurut cerita yang beredar Ia dibunuh dengan peluru menembus dadanya ketika melawan orang-orang yang ingin membawanya. Dan kemudian mayatnya dibawa ke Lubang Buaya.

Mayor Jenderal Sutoyo Siswomiharjo

Mayjen Sutoyo lahir pada tanggal 23 Agustus 1922 di Kebumen, Jawa Tengah. Berdasarkan cerita pada peristiwa itu ia diculik dari rumahnya dan kemudian mayatnya ditemukan di Lubang Buaya pada tanggal 3 Oktober 1965.

Letnan Jendral Anumerta R Suprapto

Letjen Anumerta Suprapto lahir pada tanggal 20 Juni 1920. Pada tragedi G30S ia diculik dan kemudian mayatnya dibawa ke lubang buaya.

Letnan Jenderal Haryono

Nama Pahlawan Revolusi Indonesia Beserta Biografi Singkatnya
tirto.id

Letjen yang memiliki nama lengkap Mas Tirtodarmo Haryono ini lahir di Surabaya pada 20 Januari 1924. Ia juga dikenal dengan nama MT Haryono. Tewas dalam peristwa G30S, dan pada tanggal 5 Oktober 1965 Ia ditetapkan sebagai pahlawan revolusi Indonesia.

Kapten Pierre Tendean

Ia adalah satu-satunya pahlawan revolusi yang mempunyai pangkat kapten. Kapten Tendean meninggal pada usia yang masih tergolong muda yaitu 26 tahun.

Pahlawan yang lahir pada 21 Februari 1939 ini mengaku sebagai AH Nasution yang merupakan target penculikan pada peristiwa G30S.

AIPDA Karel Satsuit Tubun

Pahlawan asal Maluku Tenggara adalah seorang Ajun Inspektur Polisi Dua Anumerta yang lahir pada 14 Oktober 1928 di Tubun.

Ia adalah satu-satunya perwira yang bukan anggota TNI Angkatan Darat, yang juga turut tewas dalam peristiwa G30S tahun 1965.

Kolonel Anumerta R Sugiono Mangunwiyoto

Perwira militer asal Gunung Kidul, Yogyakarta ini lahir pada 12 Agustus 1926. Ia mendapatkan gelar pahlawan revolusi pada tanggal 19 Oktober 1965, karena mayatnya baru ditemukan setelah 20 hari peristiwa itu pecah.

Brigadir Jenderal Katamso Darmokusumo

Seorang perwira yang juga gugur dalam peristiwa G30S adalah Brigjend Katamso Darmakusumo. Pada peristiwa itu terjadi, secara kebetulan Ia sedang bertugas ke Yogyakarta.

Karenanya Ia meninggal bersama Kolonel Sugiono Mangunwiyoto, dan kemudian dikuburkan dalam satu lubang.

Keyword: Nama Pahlawan Revolusi Indonesia

Sara Apriana
About Sara Apriana 455 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.