7 Manfaat Sejarah Untuk Generasi Muda yang Wajib Kamu Tahu

√ 9 Manfaat Mempelajari Sejarah [Lengkap]
olympics30.com

Manfaat sejarah – Pada kesempataan kali ini penulis akan mengulas mengenai manfaat sejarah. lebih tepatnya manfaat sejarah untuk generasi muda.

Sebagaimana kita tahu, sejarah erat kaitannya dengan peristiwa yang pernah terjadi di masa lalu. Peristiwa ytersebut memiliki catatan keberadaannya sehingga mampu dipertanggungjawabkan.

Tak jarang bahkan memiliki peninggalan atau sumber-sumber yang masih bisa dijumpai hingga saat ini. Maka dari itu sejarah seringkali selalu memiliki kegunaan dan manfaatnya.

Baik dari zaman dahulu maupun manfaat sejarah di zaman sekarang. Sebutlah contoh sejarah zaman dinosaurus.

Zaman tersebut memberikan manfaat sejarah di mana hari ini kita bisa mempelajari perkembangan makhluk hidup seperti binatang dalam wujud perkembangannya sampai sekarang, dan masih banyak lagi.

Manfaat sejarah memberikan kegunaan secara langsung pada kehidupan. Terutama untuk generasi muda.

Hal ini bisa menjadi pembelajaran untuk meneladani hal-hal yang pernah terjadi di zaman dahulu untuk mengambikl pelajaran dan melanjutkan sejarah selanjutnya yang lebih baik untuk terus menerus dilanjutkan.

Manfaat sejarah setidaknya bisa memberikan banyak hal sehingga sejarah masih begitu penting untuk terus menerus dipelajari. Penulis lebih lanjut akan memberikan penjelasannya dalam kerangka berikut.


Apa sih sejarah itu


7 Manfaat Sejarah Untuk Generasi Muda yang Wajib Kamu Tahu
nesabamedia.com

Disarikan dari berbagai sumber, kata sejarah secara harafiah berasal dari kata Arab (شجرة, šajaratun) yang artinya pohon.

Dalam bahasa Arab sendiri, sejarah disebut tarikh (تاريخ). Adapun kata tarikh dalam bahasa Indonesia artinya kurang lebih adalah waktu atau penanggalan.

Kata Sejarah lebih dekat pada bahasa Yunani yaitu historia yang berarti ilmu atau orang pandai. Kemudian dalam bahasa Inggris menjadi history, yang berarti masa lalu manusia.

Kata lain yang mendekati acuan tersebut adalah Geschichte yang berarti sudah terjadi. Sedangkan beberapa ahli seperti J.V. Bryce mengatakan bahwa sejarah adalah catatan dari apa yang telah dipikirkan, dikatakan, dan diperbuat oleh manusia.

Lalu menurut W.H. Walsh, sejarah itu menitikberatkan pada pencatatan yang berarti dan penting saja bagi manusia.

Catatan itu meliputi tindakan-tindakan dan pengalaman-pengalaman manusia pada masa lampau pada hal-hal yang penting sehingga merupakan cerita yang berarti.

Ada juga Patrick Gardiner yang mengatakan bahwa Sejarah adalah ilmu yang mempelajari apa yang telah diperbuat oleh manusia.

Jadi kesimpulannya, sejarah adalah apa saja yang bisa dibuktikan dan pernah terjadi di masa lampau, sedangkan sejarah untuk anak muda kemudian bisa diartikan menjadi sesuatu yang sangat penting.


Manfaat Sejarah Untuk Anak Muda


7 Manfaat Sejarah Untuk Generasi Muda yang Wajib Kamu Tahu
sumbersejarah1.blogspot.com

Menurut catatan penulis, manfaat-manfaat sejarah untuk anak muda adalah sebagai berikut:

Menambah Pengetahuan dan Wawasan

Sejarah bisa memberikan pengetahuan baru dan wawasan sebagai penambah kekayaan intelektual yang dimiliki.

Hal ini bisa menjadi pengetahuan baru yang bisa terhubung dengan keilmuan yang sedang dipelajari. Hal ini juga menambah gambaran yang semakin baik tentang hal-hal yang terjadi di masa lalu.

Sumber Keteladanan dan Inspirasi

Sejarah bisa menjadi suri tauladan. Terutama sejarah-sejarah yang menceritakan tokoh yang patriotik.

Sebagai Acuan Referensi

Sejarah bisa menjadi acuan yang ilmiah karena memiliki keterangan tempat dan waktu yang bisa dipertanggungjawabkan.

Manfaat Sejarah: Pedoman Hidup

Sejarah bisa menjadi gambaran hidup dengan menandai hal-hal baik yang layak untuk terus dilanjutkan dan hal buruknya yang sepatutnya ditinggalkan.

Manfaat Sejarah Sebagai Pelajaran Berharga

Sejarah bisa menemukan kita pada cerita-ceria perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa. Bahkan semangatnya bisa dirasakan dan terus terwariskan sampai hari ini.

Permenungan dan Refleksi

Sejarah bisa menjadi tempat generasi muda untuk merenung dan merefleksikan sekian peristiwa yang terjadi untuk diambil hikmahnya pada masa sekarang.

Keberlanjutan Hidup

Sejarah menunjukkan bahwa hidup terus berlanjut dan untuk bisa dicatat sejarah setidaknya generasi harus melakukan hal-hal yang baik, penuh perjuangan, dan semangat tinggi , agar kelak sejarah yang baik itu bisa dipelajari dan dilanjutkan oleh generasi penerus.

Keyword: manfaat sejarah

Sara Apriana
About Sara Apriana 454 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.