9 Manfaat Mempelajari Sejarah [Lengkap]

√ 9 Manfaat Mempelajari Sejarah [Lengkap]
olympics30.com

Sejarah berasal dari bahasa Yunani historia yang mempunyai makna penyelidikan atau pengetahuan yang didapat dari proses penelitian.

Sejarah dapat diartikan sebagai sebuah studi mengenai masa lalu yang dikhususkan tentang bagaimana hubungannya dengan kehidupan manusia.

Sejarah dalam bahasa Indonesia dapat berupa babad, hikayat, tambo, atau riwayat yang mempunyai makna sebagai sebuah kejadian ataupun peristiwa pada masa lalu.

Selain itu, sejarah juga dapat diartikan sebagai silsilah atau keturunan terutama bagi para raja yang pernah memerintah.


Manfaat Sejarah


Manfaat Mempelajari Sejarah memang tidak mudah disamakan pada hakikatnya ingin memberikan setitik pengetahuan (pencerahan) tentang guna sejarah.

Secara umum, manfaat sejarah terbagi menjadi empat bagian yaitu:

1. Edukatif (pendidikan)

Edukatif (pendidikan), sejarah adalah guru kehidupan. Dalam hal ini Guru berarti sejarah memberikan arahan (guide) bagi kita dalam melakoni kehidupan.

Sejarah mendidik kita supaya bertindak bijaksana. Kehadirannya dapat menjadi pengarah dalam setiap tindakan kita. Sebagai guru yang menunjukkan dan terutama memberikan keteladanan.

Karena itu, muncul suatu anggapan bahwa orang yang tidak belajar sejarah, tidak akan berkembang, Sebab, pengetahuan terhadap sejarah dapat menjadi petunjuk dalam bertindak, sehingga kita tidak terjebak pada persoalan yang sama.

2. Inspiratif (wawasan)

Inspiratif (wawasan), Sejarah dalam arti kisah adalah upaya menghadirkan kembali kejadian masa lalu dalam kehidupan sekarang.

Dengan demikian belajar sejarah berarti berupaya untuk membangun kembali masa lalu dalam bentuk cerita sejarah.

Kebanyakan para pemimpin memberikan pengetahuan mengenai sejarah dengan menggunakan kata, gaya bahasa dan ira yang baik saat berpidato sehingga dapat menceritakan sejarah dengan baik.

Pengetahuan sejarah dapat membuat orang lebih bijak menghadapi romantika kehidupan.

3. Interaktif (dialog)

Interaktif (dialog) sejarah adalah sebuah dialog yang tidak berkesudahan. dialog antara sejarawan dengan masa lalu hanya bisa dilakukan dengan menggunakan sumber sejarah.

Dengan demikian, proses berdialog dengan masa lalu bagi orang yang belajar sejarah membutuhkan kesabaran dan ketekunan dalam membuka lembaran-lembaran dan ingatan kolektif tentang informasi terkait kejadian masa lalu.

Manusia sebagai subjek yang mencoba melukiskan kisah sejarah umat manusia (obyek) tidak pernah mencapai kesimpulan akhir.

Hal itulah yang menyebabkan suasana dialog yang berkelanjutan. dalam proses itu, kita dapat menemukan kecenderungan pihak-pihak tertentu membenarkan tindakan-tindakannya dalam memasung kebebasan kelompok lain.

Pasalnya sejarah bisa membuat para pendengar memikirkan dan mengetahui tentang masa lalu.

4. Rekreatif (kesenangan)

Belajar sejarah adalah cara untuk mengetahui masa lalu. Karena itu, orang yang belajar sejarah bisa disebut sebagai wisatawan profesional di dalam dunia lampau.

Keterkaitan sejarah dan pariwisata malahirkan konsep wisata sejarah. Secara teoritik, sejarah dan pariwisata memiliki aspek dasar yang sama.

Manusia sebagai subjek adalah unsur insani yang melakukan kegiatan wisata atau mengunjungi obyek tertentu.


Selain keempat manfaat sejarah tersebut, terdapat lima manfaat belajar sejarah.

Membangkitkan perhatian serta minat kepada sejarah masyarakat sebagai satu kesatuan komunitas yang memiliki dinamika dalam sejarah.

Mendapat inspirasi dari cerita sejarah, baik dari kisah-kisah kepahlawanan maupun peristiwa-peristiwa yang merupakan tragedi nasional untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Memupuk kebiasaan berfikir secara kontekstual, terutama dalam ruang dan waktu, tanpa menghilangkan hakekat perubahan yang terjadi dalam proses sosio-kultural.

Tidak mudah terjebak pada opini, karena dalam berfikir lebih kritis dan rasional dengan dukungan fakta.

Menghormati dan memperjuangkan nilai-nilai kemanusiaan.

Itulah beberapa manfaat sejarah untuk kehidupan manusia. Sehingga ketika sesuatu langka terjadi maka harus dicatat sebagai sejarah agar generasi selanjutnya bisa mengetahuinya.

Keyword: manfaat sejarah

Sara Apriana
About Sara Apriana 486 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.