Macam-Macam Sejarah Berdasarkan Wilayah, Jenis, dan Tujuannya

Macam-Macam Sejarah Didasarkan Pada Wilayah, Bidang, dan Tujuannya
study.com

Macam-macam sejarah – Ilmu Sejarah adalah disiplin ilmu yang sangat penting untuk dipelajari. Ilmu sejarah memberikan kontribusi yang luar biasa bagi peradaban manusia.

Ia memberikan gambaran secara lengkap berupa data dan bukti tentang peristiwa-peristiwa masa lalu yang tidak pernah kita jumpai.

Dengan sejarah kita bisa merencanakan masa depan dengan lebih baik, sebab ia seperti kaca spion yang sebenarnya bisa mengantisipasi adanya kejadian buruk di masa lalu terulang kembali.

Karenanya tentu kita harus berterimakasih sebanyak-banyaknya kepada orang-orang yang telah berkontribusi menemukan peristiwa yang terjadi di dunia ini.

Sebagai ucapan terima kasih tersebut alangkah baiknya jika kita juga turut mempelajari tentang sejarah sedikit demi sedikit, ya paling tidak hal dasar tentang ilmu tersebut misalnya seperti apa saja macam-macam sejarah dan sumbernya?

Dan di bawah ini telah kami rangkum materi-materi tersebut:


Apa Saja Sumber Sejarah Itu?


Macam-Macam Sejarah Berdasarkan Wilayah, Jenis, dan Tujuannya
kelaspintar.id

Sebelum mempelajari macam-macam sejarah yang ditinjau dari berbagai sisi, kami akan memaparkan terlebih dahulu macam sumber yang digunakan dalam ilmu sejarah.

Sumber-sumber ini yang kemudian menjadi bukti adanya peristiwa masa lampau atau sejarah. Berikut adalah uraian sumber-sumber sejarah:

Sumber Tulisan

Pertama, adalah sumber tulisan. Hal ini berarti bahwa bukti dari adanya suatu peristiwa masa lalu diperoleh dari catatan atau keterangan tertulis. Contohnya saja seperti piagam, dokumen, prasasti, surat kabar, laporan, naskah, dan sebagainya.

Sumber Lisan

Kemudian yang kedua adalah sumber lisan. Sumber ini berupa keterangan langsung dari orang yang mengalami atau yang berkaitan dengan peristiwa sejarah tersebut.

Sumber Benda

Terakhir adalah benda, sumber sejarah yang berupa benda ini biasanya merupakan bukti penemuan adanya sejarah pada suatu zaman tertentu. Misalnya saja candi, patung, arca, perhiasan, perkakas, dan sebagainya.


Macam-Macam Sejarah berdasarkan Wilayahnya


csus.edu

Menurut wilayahnya sejarah dapat dibagi menjadi tiga macam yaitu sejarah regional, nasional, dan global. Adapun keterangannya secara rinci dapat disimak pada penjelasan berikut:

Macam-Macam Sejarah: Sejarah Regional/ Lokal

Yang dimaksud dengan sejarah regional yaitu sejarah yang menjelaskan peristiwa masa lalu pada suatu daerah yang hanya dalam lingkup lokal saja. Singkatnya sejarah tersebut hanya terjadi pada wilayah tertentu.

Macam-Macam Sejarah: Sejarah Nasional

Sedangkan sejarah nasional ini lingkupnya lebih luas, sebab ia memberikan gambaran sejarah pada suatu wilayah yang dampaknya bisa mempengaruhi suatu Negara atau nasional.

Macam-Macam Sejarah: Sejarah Global

Dan terakhir adalah sejarah global, dari istilahnya pun dapat dipahami bahwa sejarah ini merupakan sejarah yang menjelaskan tentang peristiwa sejarah di suatu wilayah yang memberikan dampak pada dunia global atau internasional.


Sejarah berdasarkan Jenisnya


merdeka.com

Selanjutnya adalah macam-macam sejarah menurut jenis-jenisnya. Terdapat 5 macam-macam sejarah berdasarkan jenis dan bidangnya, di antaranya adalah sejarah politik, sejarah sosial, sejarah ekonomi, sejarah kebudayaan, serta sejarah intelektual.

Nah kalau ditinjau dari jenisnya, sejarah dapat diklasifikasikan menjadi lima macam, apa saja itu? Simak selengkapnya berikut ini.

Sejarah Ekonomi

Dalam hal ini sejarah berarti memberikan banyak pembahasan tentang masalah ekonomi pada masa lampau, termasuk juga konsep ekonomi yang sampai saat ini diterapkan oleh dunia modern.

Sejarah Politik

Sedangkan yang dimaksud dengan sejarah politik adalah sejarah yang dilahirkan karena adanya permasalahan politik pada masa lampau termasuk juga faktor politik, sistem pemerintahan, kekuasaan, kepemimpinan, tokoh politik, dan semacamnya.

Sejarah Sosial

Sejarah sosial ini merupakan peristiwa masa lalu yang berkaitan dengan masalah-masalah sosial yang berkembang pada waktu itu.

Sejarah Kebudayaan

Selanjutnya ada pula yang disebut dengan sejarah kebudayaan, seperti namanya sejarah ini merupakan peristiwa masa lalu yang berkaitan dengan kebudayaan yang tumbuh dan berkembang di masyarakat pada zaman itu.

Sejarah Intelektual

Sejarah ini menjelaskan tentang cara berpikir manusia, idealisme jiwa, ideologi politik, dan juga ide-ide lainnya.


Macam-Macam Sejarah berdasarkan Tujuannya


republika.co.id

Terdapat tiga macam-macam sejarah jika ditinjau dari tujuannya, apa saja itu? Sejarah warisan, ilmiah, dan ideology. Berikut pemaparan lengkapnya:

Sejarah Warisan

Sejarah ini biasanya akan banyak memberikan porsi pada cerita pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan, sebab tujuannya untuk memberikan semangat pada generasi selanjutnya.

Sejarah Ilmiah

Selanjutnya adalah sejarah ilmiah, sejarah ini ditulis tentu saja untuk tujuan akademik, sehingga penjelasan terkait peristiwa masa lampau tersebut ditulis secara ilmiah atau tradisi akademik.

Sejarah Ideologi

Terakhir disebut dengan sejarah ideologi, karena sejarah ini menjelaskan tentang simbol atau lambang di masa lampau, yang tujuannya agar bisa digunakan di masa depan.

Keyword: macam-macam sejarah

Sara Apriana
About Sara Apriana 454 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.