Macam-Macam Demokrasi Berdasarkan Prinsip Ideologi & Bentuk

Macam-Macam Demokrasi | Sejarah dan Perkembangan Jenis Demokrasi
brilio.net

Macam-macam demokrasi – Pada abad ke -5 SM seorang filsuf asal Yunani kuno memberikan angin segar untuk membuat sistem kenegaraan yang lebih baik, yang berpihak pada rakyat.

Sistem itu yang kemudian kita kenal dengan nama demokrasi. Ia hadir untuk memberikan perlawanan kepada aristrocate atau kekuasaan elit yang saat itu diterapkan oleh Yunani Kuno.

Cleisthenes, yang disebut sebagai bapak demokrasi adalah pemimpin yang pertama kali mengajak warga Athena mendirikan negara dengan mazhab demokrasi tersebut.

Istilah demokrasi sendiri terbentuk dari bahasa Yunani yakni demos yang berarti rakyat, dan kratos berarti kekuatan atau kekuasaan.

Sehingga secara mudah bisa kita definisikan bahwa demokrasi adalah sistem sosial dan politik pemerintahan yang dilaksanakan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Dengan kata lain Kekuasaan dan kekuatan suatu negara demokrasi terletak pada rakyat.

Beberapa abad kemudian sitem ini menjadi mazhab utama pada hampir seluruh negara-negara modern, hanya saja pemaknaan dan penerapannya tidak lagi tepat.

Ya banyak negara demokrasi yang kekuatannya bukan terletak pada rakyat melainkan pada kelompok elit tertentu yang menduduki pemerintahan dan juga kelompok kecil lainnya yang berkuasa karena memiliki kapital.

Tetapi kami di sini tidak akan menjelaskan bagaimana pergeseran pemaknaan demokrasi tersebut, pada artikel ini kami hanya akan membahas tentang macam-macam demokrasi yang diterapkan oleh negara-negara di dunia, termasuk Indonesia.


Macam-Macam Demokrasi Berdasarkan Prinsip Ideologi


nu.or.id

Berdasarkan prinsip ideologinya, demokrasi bisa dikelompokkan menjadi tiga jenis, di antaranya yaitu:

1. Demokrasi Pancasila

Macam demokrasi yang pertama adalah demokrasi pancasila. Demokrasi ini adalah jenis yang dianut oleh negara Indonesia.

Lalu apa sih sebenarnya demokrasi pancasila itu? secara singkatnya jenis ini adalah sistem demokrasi yang diselenggarakan berdasarkan nilai-nilai yang ada dalam pancasila.

Ciri utama yang paling menonjol dalam demokrasi pancasila adalah musyawarah mufakat, atau keputusan bersama yang menjunjung tinggi kepentingan umum.

2. Demokrasi Rakyat

Selanjutnya disebut dengan demokrasi rakyat. Ideologi yang digunakan dalam demokrasi ini adalah komunisme atau sosialisme, dimana ideologi tersebut menjunjung tinggi kepentingan umum (rakyat) dan negara di atas kepentingan individu.

3. Demokrasi Liberal

Sedangkan demokrasi liberal ini ideologi yang digunakan tentu saja paham liberalisme, dimana sistem tersebut akan memberikan kebebasan setiap orang untuk berpendapat dan bertindak sesuai dengan keinginan masing-masing.


Macam-Macam Demokrasi Berdasarkan Kehendak Rakyat


bbc.com

Menurut penyaluran kehendak rakyat demokrasi terbagi menjadi dua, apa saja itu? yuk simak selengkapnya di bawah ini:

1. Demokrasi Langsung

Sebagaimana penyebutannya, demokrasi langsung merupakan sistem demokrasi yang pada setiap pengambilan keputusan pemerintahan melibatkan setiap warga negara secara langsung dan aktif.

2. Demokrasi Tidak Langsung

Macam-Macam Demokrasi Berdasarkan Prinsip Ideologi & Bentuk
gurupendidikan.co.id

Jika sistem sebelumnya setiap warga negara terlibat langsung, pada demokrasi tidak langsung ini kekuasaan politik warga negara akan diwakilkan oleh beberapa orang yang disebut dengan perwakilan rakyat. Hal ini berarti keterlibatan warga negara dilakukan secara tidak langsung.


Macam-Macam Demokrasi Berdasarkan Hubungan Antar Kelengkapan Negara


seraamedia.org

Dan terakhir terdapat empat macam jenis demokrasi yang dilihat dari segi hubungan antar kelengkapan negara, di antaranya yaitu:

1. Macam-Macam Demokrasi: Sistem Parlementer

Ciri utama yang dapat dilihat dari sitem parlementer adalah adanya hubungan yang sangat erat di antara badan legislatif dan badan eksekutif.

2. Sistem Refrendum

Sedangkan yang dimaksud dengan sistem referendum merupakan sistem demokrasi yang melibatkan setiap warga negara dalam memilih wakil rakyat di perlemen. Hanya saja kontrol terhadap parlemen yang dilakukan rakyat tersebut melalui sistem referendum.

Referendum ini adalah pemungutan suara yang diselenggarakan untuk mengetahui keinginan rakyat secara menyeluruh.

3. Sistem Pemisah Kekuasaan

Berkebalikan dengan sistem parlementer, sistem pemisah kekuasaan adalah sistem demokrasi yang kedudukan badan eksekutifnya tidak berkaitan dan terpisah tempatnya dengan badan legislatif.

4. Sistem Refrendum dan Inisiatif Rakyat

Sistem demokrasi jenis ini merupakan gabungan dari sistem demokrasi langsung dan sistem demokrasi perwakilan atau tidak langsung

Keyword: Macam-Macam Demokrasi

Sara Apriana
About Sara Apriana 454 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.