4 Kerajaan Hindu Tertua di Indonesia yang Pernah Ada

✔ 5 Kerajaan Hindu Tertua di Indonesia ini Paling Berjaya sepanjang Sejarah
fokussatu.com

Kerajaan Hindu tertua di Indonesia adalah Kerajaan Kutai. Meskipun begitu, ada beberapa kerajaan lain yang juga berdiri tak lama setelah kerajaan Kutai berdiri. Setidaknya ada tiga kerajaan bercorak Hindu tertua di Indonesia yang berdiri pada sekitar abad ke 5 – 6 Masehi. ketiga kerajaan tersebut adalah Kerajaan Kutai, Tarumanegara,  Kalingga, dan Mataram Kuno.


Kerajaan Hindu Tertua Di Indonesia


Kutai Kerajaan Hindu Tertua Di Indonesia

image source: theinsidemag.com

Kutai berdiri pada abad ke 5 Masehi dan merupakan kerajaan tertuan di Nusantara. Sebagian besar rakyatnya memeluk Agama Hindu. Ini berdasarkan prasasti-prasasti Kerajaan Kutai yang berbentuk yupa. Keberadaan prasasti yupa tersebut menandakan bahwa awal sejarah kerajaan Kutai mendapat pengaruh besar dari India Selatan.

Para kaum Brahmana dari India Selatan masuk ke daerah Muara Kaman, tempat kerajaan Kutai Martadipura berada. Mereka menyebarkan agama hindu di tanah Kutai, selain itu para pedagang yang masuk kesana pun sebagian besar berasal dari India yang beragama Hindu. Raja kerajaan Kutai yang pertama ialah Kudungga sedangkan masa kejayaan diraih pada masa Raja Mulawarman.

Berkat jasa-jasa yang disumbangkan oleh Raja Mulawarman untuk kerajaan ini, Kutai Martadipura atau Kerajaan Kutai menjadi Kerajaan yang besar dan disegani. Kerajaan Kutai atau Kutai Martadipura merupakan sebutan untuk Kerajaan Mulawarman. Disebut Kerajaan Kutai karena letaknya yang berada di wilayah Kutai.

Sekitar abad ke 13 kerajaan Kutai Martadipura yang awalnya berada di hulu Sungai Mahakam meluas hingga ke hilir sungai, tepatnya di Jahitan Layar. Para ahli menyebut kerajaan ini dengan Kerajaan Kutai Kartanegara yang dipimpin oleh seorang Raja yang bergelar Aji Bhatara Agung Dewa Sakti.

Dapat dikatakan bahwa di dalam satu kawasan Sungai Maahakan terdapat dua kerajaan yang terbentuk, yakni Kerajaan Mulawarman dan kerajaan Kutai Kartanegara. Meskipun sempat terjadi peperangan antara kedua kerajaan tersebut, pada akhirnya kedua kerajaan ini menjadi satu.

Penyatuan kedua kerajaan tersebut diakibatkan Kerajaan Kutai Kartanegara berhasil menaklukkan kerajaan Mulawarman. Dibawah kepemimpinan Raja Aji Pangeran Sinum Panji Mendapa, akhirnya kerajaan Kutai Kartanegara yang besar terbentuk. Setelah melebur kerajaan ini berganti nama menjadi Kerajaan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

Tarumanegara

image source: budayajawa.id

Selanjutnya ada kerajaan Tarumanegara yang didirikan oleh Jayasinghawarman disekitar abad ke 5 Masehi. Letak dari kerajaan ini berada di Jawa Barat, tepatnya daerah Bogor. Bisa dikatakan jika Kerajaan Tarumanegara merupakan kerajaan Hindu tertua di Pulau Jawa. Purnawarman adalah raja yang paling terkenal dan disebutkan dalam berbagai prasasti yang ditemukan dari Kerajaan ini.

Ia memerintah Tarumanegara selama 22 tahun dan dipercaya sebagai jelmaan Dewa Wisnu. Di masa pemerintahan Purnawarman Tarumanegara mencapai puncak kejayaannya. Hal tersebut ditandai dengan dibuatnya Terusan Gomati, yakni sebuah saluran air yang mengalirkan air sungai. Berkat saluran ini dan pemeliharaan sungai, sektor pertanian di Kerajaan Tarumanegara menjadi semakin maju.

Kalingga

kerajaan hindu tertua di indonesia
image source: romadecade.org

Selanjutnya ada kerajaan Kalingga atau kerajaan Kaling yang terletak di Jawa Tengah dan berdiri pada abad ke 6 Masehi. Berdirinya kerajaan ini tak lama setelah berdirinya kerajaan Tarumanegara di Jawa Barat. Lokasi dari kerajaan ini berada disekitar Kabupaten Pekalongan dan Jepara saat ini.

Menurut cerita yang berkembang, Kalingga tumbuh dan berkembang menjadi negara yang besar akibat tokoh Ratu Shima. Ia merupakan pemimpin yang terkenal menjunjung tinggi asas keadilan. Keadilan ratu Shima bahkan tidak diragukan lagi karena hukuman yang diberikan kepada pelaku kejahatan tidak pandang bulu. Bahkan anak seorang bangsawan yang juga masih keluarga kerajaan harus dipotong kakinya karena telah memungut peti emas di tengah jalan.

Mataram Kuno

image source: fokussatu.com

Tak jauh dari Kerajaan Kalingga, tepatnya di daerah Jawa Tengah dan DIY berdiri pula kerajaan Hindu lainnya, yaitu Kerajaan Mataram Kuno. Mataram Kuno yang dijalankan oleh dua Dinasti, yakni Dinasti Sanjaya dan Dinasti Syailendra bercorak agama Hindu. Meskipun dikenal sebagai salah satu kerajaan Hindu tertua di Indonesia, saat masa pemerintahan dinasti Syailendra masyarakatnya banyak yang beragama Budha.

 

 

Keyword: Kerajaan Hindu Tertua di Indonesia

Sara Apriana
About Sara Apriana 444 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.