5 Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia ini Masih Diselimuti Misteri

Contoh Kasus Pelanggaran HAM
inibaru.id

Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia – Mendengar tentang Hak Asasi Manusia (HAM) pasti tidak asing lagi bagi kalian. Selain itu kasus-kasus yang berhubungan dengan HAM banyak terjadi juga di Indonesia.

Ada sebagian dari kasus-kasus HAM tersebut yang berhasil diselesaikan lewat jalur hukum maupun dengan cara damai dan tidak sedikit pula yang berakhir tanpa penyelesaian sama sekali yang masih menjadi misteri sampai sekarang.

Baca Juga : Ciri-Ciri HAM


Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia


Pada ulasan kali ini kita akan sedikit menjelaskan beberapa kasus HAM yang telah terjadi serta penyelesaian yang telah berhasil dilakukan.

1. Kasus Marsinah

magdalene.co

Masih ingatkah kalian dengan Marsinah, seorang buruh pabrik yang meninggal di tengah hutan secara misterius. Kasus Marsinah ini bermula pada tahun 1993. Gubernur Jawa Timur mengumumkan aturan baru bagi perusahaan di Jawa Timur untuk menaikkan upah buruh sebesar 20% dari gaji pokok.

PT. Catur Surya, tempat Marsinah bekerja sebagai buruh menolak dengan aturan tersebut sehingga pada tangga 3 dan 4 Mei 1993 Marsinah dan beberapa buruh disana melakukan demonstrasi untuk memperjuangkan aturan tersebut.

Selain demonstrasi, Marsinah dan beberapa perwakilan buruh disana juga melakukan perundingan tetapi belum menemukan kesepakatan. Beberapa hari setelah kejadian tersebut Marsinah menghilang dan kemudian ditemukan di dalam hutan dalam keadaan tidak bernyawa dengan tubuh penuh luka memar bekas pukulan benda keras.

2. Peristiwa Trisakti 1998

nasional.tempo.co

Salah satu kejadian yang pasti diingat oleh para mahasiswa adalah pelanggaran HAM di Universitas Trisakti yang terjadi pada tanggal 12 Mei 1998. Kejadian tersebut bermula dari dengan adanya demonstrasi oleh mahasiswa yang menuntut Presiden Soeharto untuk mundur dari jabatannya.

Terjadi kerusuhan saat itu hingga terdapat empat mahasiswa yang tewas, yaitu Elang Mulia Lesmana, Hafidin Royan, Heri Hartanto dan Hendrawan Sie. Sementara pada hasil laporan beberapa media korban luka-luka mencapai 681 orang dari berbagai Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia.

3. Tragedi Semanggi I dan II

Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia
bbc.com

Peristiwa Semanggi I terjadi pada tanggal 13 November 1998 atas penuntutan pembersihan orang-orang orde baru di dalam kubu pemerintah dan militer. Sedangkan tragedi Semanggi II terjadi pada tanggal 24 September 1999 sekitar 1 tahun setelah peristiwa Semanggi I.

Perselisihan ini terjadi akibat protes dan demonstrasi masyarakat sipil. Dalam kejadian ini terdapat sekitar 5 orang korban yang meninggal dunia dan ratusan korban yang luka-luka.

4. Peristiwa Wamena 2003

Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia
kontras.org

Peristiwa Wamena ini dimulai pada saat tanggal 4 April 2003 ketika masyarakat Papua sedang memperingati Hari Raya Paskah, tetapi masyarakat dikagetkan dengan penyisiran oleh sekelompok orang yang tidak dikenal di 25 kampung.

Sekelompok orang tidak dikenal ini kemudian membobol gudang senjata Markas Kodim 1702/Wamena. Kejadian ini mengakibatkan tewasnya dua anggota Kodim, yaitu Lettu TNI AD Napitupulu dan Prajurit Ruben Kana, seorang penjaga gudang senjata serta terdapat satu orang yang luka berat.

5. Kasus Terbunuhnya Munir 2004

suara.com

Munir adalah contoh lainnya pejuang HAM yang meninggal secara misterius di dalam pesawat terbang. Munir Said Thalib lahir di Malang, Jawa Timur. Semasa di dunia perkuliahan di Universitas Brawijaya, dia dikenal sebagai seorang aktivis kampus.

Selama hidupnya Munir banyak berkecimpung dan melakukan pembelaan pada berbagai kasus HAM yang ada di Indonesia. Munir pernah menjadi penasihat pada kasus hukum korban dan keluarga korban penghilangan orang secara paksa terhadap 24 orang aktivis politik dan mahasiswa di Jakarta pada tahun 1997-1998.

Selain itu Munir juga menangani kasus Marsinah pada tahun 1994. Sikap berani dalam menentang berbagai kasus membuat Munir tidak disukai berbagai pihak dan dianggap berbahaya.

Kasus meninggalnya Munir terjadi pada tanggal 7 September 2004 di dalam pesawat Garuda Indonesia GA-974. Bertepatan saat ia akan melanjutkan studi pendidikan ke Amsterdam, Belanda. Penyebab meninggalnya masih menjadi misteri, namun ada beberapa media yang menyebutkan bahwa Munir tewas karena racun.


Nah, demikianlah beberapa kasus HAM yang terjadi di Indonesia yang beberapa diantaranya telah selesai, namun ada juga yang hingga kini masih menjadi misteri.

Tugas kita sebagai manusia adalah saling menghargai, menghormati dan mengasihi antar sesama, menjaga hak-hak orang lain atas kita agar kedamaian selalu tercipta. Semoga bermanfaat!

Keyword : Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia

Sara Apriana
About Sara Apriana 444 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.